Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan
Cara Merawat Ikan Louhan

Apakah kalian ingin tahu cara merawat ikan louhan dengan benar? Tak sedikit orang sudah tahu bahwa ikan louhan termasuk salah satu ikan hias air tawar cukup populer di Indonesia. Ia disukai banyak orang karena bentuk tubuhnya yang cantik dan indah.

Kepalanya berbentuk jenong adalah parameter keindahan dari seekor ikam louhan. Keindahan dan keunikan yang dimiliki ikan louhan membuat ikan hias ini semakin diburu para pemelihara serta pencintanya dengan harga cukup fantastis.

Tak bisa dipungkiri seekor ikan louhan bisa dibanderol sampai jutaan rupiah. Hal ini dikarenakan ikan louhan mempunyai bentuk unik dan warna indah yang tidak dimiliki ikan hias mana pun. Selain itu, perawatannya juga tidak sembarangan sehingga kamu dapat mengeluarkan waktu khusus untuk merawatnya dengan sepenuh hati.

Di samping itu, banyak orang memelihara dan merawat ikan louhan sebagai ladang bisnis karena spesies yang sudah dibesarkan bakal dijual kembali dengan nilai sangat tinggi.

Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan
Cara Merawat Ikan Louhan

Kalian mungkin harus tahu berbagai macam persyaratan sebelum memulai membudidaya dan merawat ikan louhan. Walaupun setiap jenis ikan punya perawatan berbeda, namun hal ini adalah syarat utama yang tidak boleh diabaikan.

Secara umum ikan louhan cenderung dibudidaya di dalam akuarium dibandingkan kolam ikan. Hal ini dikarenakan ikan hias air tawar tersebut tidak boleh berinteraksi dengan jenis-jenis ikan mana pun, karena jenis air yang digunakan mungkin akan berbeda.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Koi

Louhan menjadi ikan hias air tawar yang tidak bisa dianggap remeh perawatannya. Apabila kamu lalai bahkan lupa terhadap salah satu hal yang harus didapatkan ikan louhan, risiko mati bisa mengintai. Guna meminimalisir hal-hal tidak diinginkan, pastikan kalian melakukan persiapan dengan matang selama merawat ikan louhan.

Jika kamu bisa membudidaya dan merawat ikan nya secara efektif, nilai jualnya akan lebih mahal karena perawatan yang diberikan sangat bagus dalam menjaga warnanya tetap indah.

Cara Merawat Ikan Louhan agar Warnanya Tetap Cerah

Barangkali kalian sedang mencari informasi mengenai cara merawat ikan louhan yang efektif, silakan ikuti dan simak pembahasan ini sampai akhir. Apabila kamu baru pertama kali membudidayakan ikan louhan, para pemula bisa merawatnya supaya bisa tumbuh besar dan warnanya tetap cerah.

Jika kamu bisa melakukan budidaya ikan louhan dengan baik, para pencinta ikan hias pasti akan membeli ikan louhan kepadamu bernilai tinggi. Kalian hanya perlu melakukan perawatan secara maksimal untuk mendapatkan feedback memuaskan.

Perhatikan Ukuran Akuarium

Apabila kamu berencana melakukan budidaya dan perawatan ikan louhan, siapkan akuarium berukuran besar. Kalian perlu mempunyai akuarium dengan kapasitas air mencapai 568 liter atau bila dihitung dengan volumenya yakni sekitar 110x60x80 cm.

Selain itu, ikan louhan termasuk ikan cukup kuat dan bisa mentolerir arus air di dalam akuarium. Gunakan pompa filter untuk mendorong atau membersihkan akuarium yang disemprot, karena tidak semua ikan louhan bisa menahan arus air yang mengalir di dalamnya.

Gunakan Pakan yang Aman

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting diperhatikan adalah gunakan pakan aman. Tujuan melakukan budidaya dan perawatan ikan louhan sudah pasti ingin menghasilkan jenong dan warna yang bagus, makanan adalah faktor penting untuk mewujudkannya.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing

Kamu bisa memberi pakan ikan louhan alami maupun buatan sesuai ukuran tubuhnya. Beberapa pakan alami yang direkomendasikan adalah cacing sutra, anakan ikan lele, udang sampai jangkrik yang telah diputuskan kakinya.

Porsi Makanan Pas

Walaupun kamu sudah menyiapkan pakan ikan louhan alami atau buatan yang benar, namun porsi nya salah tetap saja tidak akan berdampak baik untuk ikan nya. Apabila kamu sudah memberikan pakan namun ikan louhan tidak menyambut makanannya, jangan berikan pakan lagi.

Kamu harus mengurangi porsi pakan pada pemberian berikutnya, jangan pernah membiarkan pakannya tersisa di dalam akuarium karena mampu menurunkan kualitas air yang digunakan meski kamu sudah memakai filter air.

Interaksi dengan Ikan Louhan

Tak sedikit pemelihara ikan louhan akan melakukan interaksi dengan hewan peliharaannya supaya bisa melewati fase tumbuh kembang dengan baik. Kalian bisa menggunakan jari-jari yang diketuk pada dinding akuarium dan menggerakkannya untuk membuatnya bergerak mengikuti perintah kalian.

Walaupun kesannya aneh dan sepele, tapi langkah ini cukup efektif apalagi para pemula yang baru merawatnya sebagai salah satu ikan hias air tawar favorit sebagai penyempurna tampilan akuarium di rumah.

Kenali Penyakit pada Ikan Louhan

Louhan termasuk salah satu ikan hias yang rentan terkena penyakit, kalian sebagai pemiliknya harus rutin memperhatikan dan mengenali penyakit yang mampu menginfeksi ikan louhan. Kamu bisa ketahui dan menganalisanya lebih lanjut, penyakit utama yang sering mengintainya adalah white spot.

Penyakit ini menimbulkan bintik putih pada sisik, bitnik tersebut terjadi lantaran kondisi air di dalam akuarium tidak bagus dan menimbulkan jamur terhadap ikan louhan, kalian harus segera mengganti airnya dengan yang baru.

Jaga Suhu Akuarium Tetap Stabil

Seperti kita tahu ikan louhan mengidap stress merupakan ketidaknyamanan dengan suhu akuarium yang mereka tinggali. Suhunya memang berubah karena menyesuaikan dengan lingkungan sekitar kita, apalagi cuaca sedang panas maka suhu akuarium dan air nya bakal serupa.

Terkait:  Cara Merawat Aglonema

Untuk mengatasinya, kamu bisa memasang water heater supaya memastikan bahwa suhu di dalam akuarium bisa tetap stabil. Ikan nya akan merasa nyaman bergerak dan berenang bila suhu akuarium berada pada kisaran 28-30 derajat celcius.

Perhatikan Tingkat PH Air Akuarium

Kalian perlu memantau tingkat pH air akuarium, karena tingkat keasamannya harus diperhatikan setiap hari. Hal ini dikarenakan salah satu alasan ikan louhan rentan mengidap stress karena tingkat pH air akuarium tidak seimbang.

Langkah sederhana untuk mengontrol pH air akuarium adalah memasang pH meter pada akuarium. Apabila kondisi air nya terlalu asam, maka kalian bisa memakai air rendaman daun ketapang untuk meningkatkan pH kembali. Langkah ini bisa menyeimbangkan tingkat keasaman air supaya lebih normal.

Berikan Makan secara Rutin

Cara merawat ikan louhan supaya tetap sehat dan warnanya tidak pudar adalah memberikan pakan secara rutin. Kalian perlu memberikan asupan nutrisi yang sehat sehingga ikan louhan tidak dapat mengidap stress.

Apabila ia tidak ingin makan juga, bantu dengan vitamin penambah nafsu makan dan setelah nafsu makannya normal, kalian bisa memberi pakan supaya stress nya berkurang. Kamu bisa memberikan makanan dua atau tiga kali sehari dan sebisa mungkin tidak boleh ada sisa makanan yang terdapat di permukaan air akuarium.

Bersihkan Akuarium dengan Benar

Guna mencegah timbul penyakit bahkan stress pada ikan lohan, bersihkan akuarium dan kuras airnya sampai bersih minimal dua pekan sekali. Apabila kondisinya lebih parah seperti air nya rentan kotor, maka kamu bisa melakukannya sepekan sekali.

Gunakan sabun pembersih yang aman sehingga tidak dapat menyisakan bahan kimia yang menempel pada permukaan dinding maupun lantai akuarium. Tak hanya itu, perawatan ini tidak boleh dibiarkan sampai air nya benar-benar kotor dan dilakukan sebelum air nya tercemar.

Related posts