Home » Bayar » Biaya Admin DANA Ke Bank

Biaya Admin DANA Ke Bank

Berapa besaran Biaya Admin DANA Ke Bank? Bisa disebut jika pertanyaan ini sudah bukan hal yang asing. Nah bagi kamu yang penasaran dengan rincian biaya yang dikenakan, ada baiknya menyimak ulasan berikut hingga tuntas.

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini aktivitas kirim mengirim uang atau yang juga dikenal dengan istilah stransfer, sudah menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari.

Media yang digunakan untuk kebutuhan transfer pun semakin banyak. Mulai dari teller, mesin ATM, m-banking, hingga aplikasi sakti.

Terkhusus bagi mereka yang melakukan transfer uang melalui bank yang sama. Mungkin tidak harus khawatir dengan beban biaya administrasi yang ditetapkan.

Akan tetapi, hal tersebut akan berbeda jika kamu melakukan transaksi dengan bank lain alias antar bank. Sebab ada besaran biaya admin yang harus dibayarkan.

Secara umum, biaya transfer uang antar bank akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000 hingga Rp 6.500 pada setiap transaksi.

Jika hanya diakukan satu kali, mungkin transfer uang dengan biaya tersebut tidaklah begitu besar. Akan tetapi bagaimana jika kegiatan tersebut kamu lakukan hingga berkali-kali? Tentu biaya yang dibebankan sangat memberatkan.

Terlebih lagi, jika kamu mempunyai kebutuhan untuk transfer uang dan menjadi rutinitas bulanan. Atau bahkan karena terlalu sering patungan untuk membayar makan siang, yang secara terus-terusan terkena tarif admin.

Coba kita lakukan perhitungan kasar, apabila biaya admin sebesar Rp 6.500 dikali dengan 10 transfer, maka totalnya pun akan sangat disayangkan.

Maka dari itu, untuk mengakali supaya kamu terhindar dari biaya admin saat transfer uang, salah satunya ialah dengan memanfaatkan dompet digital.

Fitur ini akan memberikan alternatif yang lebih murah terkait dengan penetapan biaya admin yang lebih murah. Bahkan bisa gratis biaya admin hingga berkali-kali transfer uang.

Biaya Admin DANA Ke Bank

Biaya Admin DANA Ke Bank

Salah satu dompet digital yang saat ini sedang digandrungi ialah DANA. Aplikasi ini merupakan dompet digital yang mempunyai beragam fitur yang sagat menarik.

Aplikasi DANA sendiri bisa dipergunakan untuk transaksi yang lebih bersih. Sebab pengguna hanya perlu bayar dan scan saja. Selebihnya, DANA bisa pula digunakan untuk menyimpan banyak kartu bank. Baik itu debit atau pun kredit.

Yang menjadikan aplikasi ini menarik, yakni fitur kirim uang atau send money yang memberikan kami gratis transfer. Baik itu pada sesama pengguna aplikasi DANA ataupun transfer uang antar bank.

Dalam hal ini, kamu bisa masuk ke fitur kirim uang pada halaman utama aplikasi DANA, yakni dengan tap menu Kirim.

Selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan 3 pilihan cara untuk kirim uang. Beberapa pilihan yang dimaksid ialah : Kirim ke nomor HP, kirim ke rekening bank, dan juga kirim ke chat.

Kelebihan dari semua fitur kirim yang di DANA tersebut, bisa kamu manfaatkan untuk mengirim uang ke sesama pengguna DANA, ke rekening bank lain, ataupun pada orang yang belum punya rekening bank sekali pun.

Hanya saja, kamu perlu memastikan bahwa si penerima sudah mengunduh dan menginstall aplikasi DANA. Dengan demikian, kamu bisa berkirim uang secara gratis sebanyak 10 kali transaksi per bulannya.

Cara Transfer Saldo DANA Ke Akun Lain

Tata cara transfer saldo DANA ke akun lain sangatlah mudah. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi DANA dan tap menu Kirim. Selanjutnya pilih kirim ke nomor telepon.
  • Masukkan nomor HP penerima, dan tap Tambahkan Penerima menggunakan nomor HP. Apabila nomor hp tujuan sudah tersimpan di kontak, izinkan aplikasi DANA untuk mengakses kontak, kemudian piliih nomor tujuan transfer.
  • Berikutnya, masukkan nominal uang akan akan dikirim. Tap Lanjut (upayakan untuk mengecek kembali saldo yang akan dikirim).
  • Terakhir, tab Konfirmasi untuk melanjutkan proses pengiriman.

Kirim Saldo DANA dengan Scan QR

Selain memanfaatkan fitur kirim ke sesama akun DANA dengan nomor ponsel. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur QR yang disediakan dalam aplikasi. Caranya ialah :

  • Buka aplikasi dan pilih Kirim dengan Scan via QR Code.
  • Selanjutnya, scan kode QR penerima Saldo DANA, yakni dengan mengarahkan kamera belakang ponsel ke QR Code pengguna lain (penerima).
  • Masukkan nominal saldo yang akan ditransfer, dan tap Lanjut dengan menekan Kirim DANA.
  • Lakukan pengecekan kembali apa jumlah saldo sudah benar, dan tap Konfirmasi untuk mengakhiri.

Cara Transfer Saldo Dan Biaya Admin DANA ke Rekening Bank

Selain bisa melakukan transfer uang ke sesama pengguna DANA. Nyatanya kamu juga bisa melakukan transfer ke akun bank lain.

Langkah-langkah yang harus dilakukan pun sangatlah mudah. Kamu cukup ikuti tahap-tahap berikut ini :

  • Pertama buka aplikasi DANA
  • Pilih Kirim pada bagian atas, atau masuk pada menu Transfer to Bank.
  • Pilih kirim ke Rekening Bank.
  • Tahap berikutnya, isi informasi bank sesuai yang dibutuhkan. Seperti : Nama Bank (ketik nama bank yang akan kamu gunakan), Nomor Akun (isi dengan nomor rekening tujuan), dan Alias yang diisi dengan nama rekening yang ingin disimpan.
  • Selanjutnya, klik Tambah Bank Baru.
  • Tahap berikutnya, kamu bisa isi nominal transfer minimal Rp 10.000 (dikenakan biaya transfer), minimal Rp 50.000,- (gratis biaya admin), dan klik Lanjut.
  • Sampai disini, kamu pilih sumber dana, klik Ganti apabila ingin memilih sumber dana seperti kartu debit/kredit yang sudah tersimpan di aplikasi DANA.
  • Berikutnya, klik Kirim DANA, dan periksa apa detail transfer sudah benar dan klik Konfirmasi.
  • Yang terakhir, masukkan pin DANA dan transaksi pun selesai!

Tidak hanya untuk transfer uang, aplikasi DANA juga bisa kamu pergunakan untuk menarik saldo dengan cara transfer langsung ke bank milikmu.

Atau bisa juga dengan memanfaatkan agen seperti Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, atau bisa pula di Pegadaian.

Untuk gratis biaya admin dari penarikan saldo atau cashout, bisa diperoleh untuk 10 kali transaksi setiap bulannya. Sedangkan untuk transaksi selanjutnya, tetap dikenakan biaya admin.

Secara dasar, jika kamu sudah menyelesaikan semua langkah-langkah di atas, seharusnya saldo sudah terkirim pada rekening bank tujuan.

Isi Ulang Saldo DANA

Untuk bisa isi ulang atau top up saldo DANA, kamu bisa memanfaatkan fitur transfer bank, atau bisa juga melalui agen seperti Alfamart, Alfamidi, Pegadaian, Ramayana, dan merchant lain yang mempunyai kerjasama dengan DANA.

Selain itu, kamu juga bisa mengisi saldo DANA melalui kartu debit atau kredit. Akan tetapi, sebelumnya kamu harus menyimpan kartu debit di aplikasi DANA terlebih dahulu.

Nah dengan menambahkan kartu debit / kredit, maka bisa bisa dengan mudah mengisi saldo DANA. Bahkan tidak harus mengisi saldo langsung. Pasalnya pembelian bisa dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran kartu debit atau kredit.

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana saja bukan? Sekian ulasan yang bisa kami rangkum. Semoga apa yang sudah kami ulas di atas, bisa menjadi referensi bagi kamu yang membutuhkan.