Biaya Kirim Motor Via Pos

Biaya Kirim Motor Via Pos
Biaya Kirim Motor Via Pos

Kirim barang besar layaknya sepeda motor memang berbeda dengan kirim paket biasa. Kirim motor lebih rumit dan banyak syaratnya. Tak semua ekspedisi melayani pengiriman motor. Salah satu ekspedisi yang melayani pengiriman motor adalah Pos Indonesia. Dibanding yang lain, biaya kirim motor via Pos Indonesia cukup terjangkau

Selain itu, Pos Indonesia jangkauannya luas. Hampir di setiap kabupaten/kota terdapat kantor Pos. Namun, untuk pengiriman sepeda motor hanya dapat dilakukan di kantor Pos cabang utama kabupaten/kota atau ibu kota provinsi yang terdaftar.

Read More

Jadi, kamu tak bisa kirim motor ke cabang kantor Pos yang ada di kecamatan. Kamu harus ke kantor cabang utama di kabupaten/kota.

Syarat Kirim Motor Via Pos

  • Kapasitas mesin sepeda motor maksimal 250 cc
  • Jenis sepeda motor yang dapat dikirim yaitu sport, vespa, bebek, matic
  • Sepeda motor roda 3 tidak dapat dikirim menggunakan Pos
  • Tangki BBM harus dalam keadaan kosong
  • Aki sepeda motor harus dilepas, jangan sampai masih dalam keadaan terpasang
  • Spion wajib dilepas
  • Sepeda motor harus dipacking dan packing akan dilakukan oleh pihak Pos. Biaya packing ditanggung oleh pengirim
  • Wajib untuk menunjukkan STNK asli
  • Pengirim harus mengisi formular yang telah disediakan
  • Wajib mencantumkan nomor HP pengirim maupun penerima

Cara Kirim Motor Via Pos

Setelah mengetahui syarat-syarat kirim motor melalui Pos, kamu juga harus tahu bagaimana cara kirimnya. Berikut cara kirim motor via Pos.

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu STNK asli. STNK hanya sebagai bukti untuk ditunjukkan ke petugas, tidak ikut dikirim bersamaan dengan motor. Jika ingin mengirimkan STNK sekaligus, maka lebih baik menggunakan layanan pengiriman dokumen Pos biasa.
  • Datang ke kantor cabang utama Pos yang ada di tempat tinggalmu dengan membawa sepeda motor yang akan dikirimkan
  • Pastikan kantor Pos tersebut memiliki fasilitas layanan pengiriman motor (layanan Jumbo Motor)
  • Langsung saja menuju loket penerimaan paket khusus
  • Petugas akan mengecek tipe motor yang akan dikirim dan menghitungkan total biaya kirim motor
  • Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi form Pengantar Pos Kiriman Jumbo Motor (PPKJM). Form tersebut berisi mengenai informasi pengirim dan penerima, serta data terkait motor yang akan dikirim.
  • Pengecekan kondisi dan kelengkapan motor oleh petugas yang disaksikan oleh pengirim. Checklist kondisi dan kelengkapan motor ada di form PPKJM. Petugas akan checklist form tersebut sesuai dengan kondisi dan kelengkapan motor yang akan dikirim
  • Setelah selesai, kamu tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan total biaya kirim yang ditagihkan. Total biaya kirim meliputi biaya kirim + pajak kirim + asuransi +biaya packing. Jika telah lunas, maka kamu akan mendapatkan nomor resi.
  • Motormu akan dipacking dan selanjutnya dikirim ke alamat tujuan penerima
Terkait:  Biaya Kirim Pos

Biaya Kirim Motor Via Pos

Biaya Kirim Motor Via Pos
Biaya Kirim Motor Via Pos

Sebelum menghitung total biaya kirim, kamu perlu mengetahui bahwa layanan pengiriman motor via Pos bernama Paket Jumbo Motor. Pengiriman menggunakan paket ini ada maksimalnya, yaitu 150 kg.  Biaya kirim Paket Jumbo Motor dihitung berdasarkan jenis motor yang dikirim dan tujuan pengiriman.

Jenis sepeda motor yang dapat dikirim menggunakan layanan ini ada dua, yaitu bebek/matic dan sport. Motor bebek/matic akan langsung dikonversikan menjadi 100 kg. Sementara untuk motor sport akan langsung dikonversikan menjadi 150 kg.

Berikut adalah rincian total biaya pengiriman motor yang harus dibayar, meliput:

  1. Biaya Kirim Resmi

Biaya kirim resmi merupakan biaya kirim sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Pos Indonesia. Biaya kirim Paket Jumbo Motor dihitung berdasarkan jenis motor dan tujuan pengiriman. Motor bebek/matic akan dikenakan biaya kirim setara 100 kg, sementara motor sport setara 150 kg.

  1. PPN 1%

Selain biaya kirim, kamu juga akan dikenakan PPN. Besarnya yaitu 1% dari biaya kirim resmi.

  1. Biaya Asuransi

Sepeda motor termasuk kategori barang berharga, sehingga wajib untuk asuransi. Asuransi ini penting, karena yang akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu saat proses pengiriman misalnya saja kerusakan. Kamu pun merasa lebih aman dan tak khawatir lagi.

  1. Biaya Packing Motor

Jika kamu mengirim motor melalui Pos, maka packing akan dilakukan pihak Pos Indonesia. Otomatis biaya packing akan dibebankan ke penerima. Biaya packing sendiri variatif, berbeda-beda antar kantor Pos.

Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak contoh kasus berikut, ya!

Toni yang tinggal di Bengkulu diterima di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta. Untuk memudahkan mobilitasnya selama kuliah di Jakarta, ia pun ingin mengirimkan sepeda motor matic miliknya. Setelah mencari-cari informasi, akhirnya ia memutuskan untuk mengirim motor menggunakan Paket Jumbo Motor milik Pos Indonesia.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa Telkomsel Lewat SMS ke Semua Operator

Berapa total biaya kirim yang harus dikeluarkan Toni?

Biaya kirim resmi  Bengkulu – Jakarta untuk motor matic Rp. 753.500
PPN 1% Rp. 7.535
Biaya Asuransi Rp. 48.000
Biaya Packing Rp. 200.000
Total Biaya Kirim Rp. 1.009.035

Jadi, total biaya kirim yang harus dikeluarkan Toni sebesar Rp1.009.035

Cara Cek Biaya Kirim Sepeda Motor Via Pos

Kamu bisa mengecek biaya kirim resmi melalui website milik Pos Indonesia https://www.posindonesia.co.id/id. Namun, untuk biaya tambahan lainnya, seperti PPn 1%, asuransi, dan packing bisa diketahui saat pengiriman motor.

Setidaknya, kamu bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan dengan melihat biaya kirim resmi yang ada di website. Caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi website resmi Pos Indonesia
  • Pada halaman utama akan muncul “Hitung Tarif Pengiriman”
  • Isi kolom-kolom yang ada (asal pengiriman, tujuan pengiriman, dan berat). Untuk berat, motor bebek/matic isi dengan 100 kg / 100.000 gram. Sedangkan unttuk motor sport isi berat dengan 150 kg / 150.000 gram
  • Klik “Cek Tarif”
  • Di layar akan tampil pilihan jenis jasa yang bisa digunakan dan biayanya. Silakan liat biaya kirim Paket Jumbo Motor

Setelah tahu biaya kirim Paket Jumbo Motor, kamu bisa memperkirakan dan menyiapkan total biaya yang harus dikeluarkan. Biasanya total biaya kirim yang harus dikeluarkan sebesar biaya kirim Paket Jumbo Motor plus Rp200-400 ribu.

Lama Pengiriman Motor Via Pos

Estimasi pengiriman motor via Pos Indonesia sekitar 7 – 14 hari kerja, tergantung tujuan pengiriman. Biasanya sepeda motor sudah sampai sebelum 14 hari. Kamu bisa memantau status pengiriman dengan melacak nomor resi yang telah diberikan petugas.

Penting diketahui bahwa motor tidak akan dikirim langsung ke alamat penerima. Paket Jumbo Motor tidak melayani pengantaran hingga ke alamat penerima. Penerima harus datang sendiri ke kantor Pos tujuan terdekat unuk mengambil motornya. Biasanya akan diberitahukan lewat SMS/telepon mengenai di kantor Pos mana pengambilannya.

Terkait:  Biaya Jalur Mandiri UNS

Penerima harus mengambil sendiri paket tersebut dengan menunjukkan identitas pribadi asli. Pengambilan sepeda motor tidak boleh diwakilkan. Hal ini untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, mengingat sepeda motor termasuk barang berharga.

Demikian informasi biaya kirim motor via Pos Indonesia. Semoga membantu. Bagi  pembaca yang ingin bertanya atau share pengalaman, silakan tulis di kolom komentar, ya.

Cek Ulasan Terbaru:

Related posts