Home » Biaya » Biaya Bikin Lapangan Futsal

Biaya Bikin Lapangan Futsal

Orang Indonesia pasti tidak asing dengan olahraga satu ini, futsal. Bagaimana tidak, kegiatan yang dominan dilakukan kaum pria ini rupanya memberi keseruan tersendiri bagi siapa saja. Tak bisa dipungkiri bila bermain futsal ternyata bisa dilakukan pada tempat publik maupun ruang pribadi.

Selain itu, olahraga futsal juga tidak sekadar hobi melainkan suatu hal yang cukup menguntungkan bila kamu tahu biaya bikin lapangan futsal yang memang tidak murah.

Di samping itu pula lapangan futsal mempunyai berbagai macam pilihan dan tampilan sesuai keinginan pemiliknya masing-masing. Tak hanya itu, kamu bisa menggunakannya sebagai kebutuhan pribadi bahkan bisnis sekali pun.

Apabila kamu ingin meraup keuntungan besar dari pembangunan lapangan futsal, maka kalian bisa menganalisa prospeknya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lapangan futsal dapat kalian sewakan kepada pencinta olahraga tersebut.

Kami pastikan kamu harus menyiapkan budget tinggi untuk membangun lapangan futsal yang mungkin bakal digunakan sebagai sumber penghasilan. Bagaimana tidak, omset atau pendapatan yang akan kalian dapatkan mampu mencapai jutaan rupiah hanya dengan membangun lapangan futsal.

Mengapa? Hal ini dikarenakan lapangan futsal cuma sekadar dinikmati dalam kurun waktu antar jam, lantaran sistem sewanya harus digunakan secara bergilir.

Biaya Bikin Lapangan Futsal

Biaya Bikin Lapangan Futsal

Biaya Bikin Lapangan Futsal

Secara umum pembangunan lapangan futsal tidak pernah memakan waktu hingga berminggu-minggu. Pada dasarnya, lokasi bertanding mini soccer tersebut bukan sekadar dimanfaatkan sebagai sarana meluapkan hobi para kaum Adam, namun juga ladang pendapatan alias sumber penghasilan bagi mereka yang memilikinya.

Kamu bisa menawarkan fasilitas tersebut kepada siapa saja yang sangat gemar bermain futsal setiap hari. Bukan rahasia umum lapangan futsal hanya bisa dibangun oleh siapa saja yang sudah menyiapkan budget tinggi. Hal ini dikarenakan kamu harus menentukan modelnya dan menyiapkan anggaran hingga puluhan juta rupiah.

Apabila kalian punya budget tinggi, maka tampilan dan kualitas lapangan futsalnya semakin bagus. Kami akan membantu kalian dalam menghitung biaya pembuatan lapangan futsal secara akurat sesuai bahan yang dibutuhkan.

Biaya Bikin Lapangan Futsal, Berapa Lama Pembuatannya?

Apabila kamu sedang berencana membangun lapangan futsal, maka kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Hal ini dikarenakan pembuatan lapangan futsal harus dipikirkan secara matang sehingga kamu tidak mengalami kerugian besar. Estimasi waktu pembuatannya juga hanya 3 hari saja.

Tak hanya itu, lapangan futsal juga bisa diterapkan pada luar ruangan (outdoor) maupun dalam ruangan (indoor). Apa saja perbedaannya? Kalian akan tahu semua jawabannya pada ulasan berikut :

Apa Saja Jenis Lapangan Futsal?

Siapa saja yang gemar bermain futsal pasti tidak asing dengan tampilan satu ini, vinyl. Secara umum lapangan futsal vinyl mempunyai nilai lebih seperti bola mampu meluncur dengan baik lantaran kerataan tanahnya sangat baik, serta aman meski kamu terjatuh berulang kali karena bahannya lebih lembut.

Kendati demikian, beberapa bagian lebih mudah lepas bila digunakan dalam jangka panjang yang mengakibatkan lapangan tidak rata. Apabila kamu sedang melakukan rush saat bermain futsal, maka bisa menimbulkan sakit paha atas bahkan cedera pinggul.

Kedua, siapapun tidak aneh dengan lapangan futsal sintetis karena menggunakan rumput buatan yang sangat digilai para pencinta olahraga tersebut. Hal ini dikarenakan pemakaian tempatnya aman dan tidak bakal terjatuh lantaran bahannya lembut, serta bola bisa kalian kuasai dengan cepat dan mudah.

Akan tetapi, kalian harus memakai sepatu khusus dan menimbulkan lecet bila kamu terjatuh. Di samping itu lapangan futsal sintetis lebih tepat untuk konsep indoor.

Walaupun tidak familiar di Indonesia, tetapi lapangan futsal parquetter cukup populer beberapa wilayah tertentu seperti Amerika dan Eropa cenderung menerapkannya untuk para pencinta olahraga ini.

Bagaimana tidak, permukaannya paling kesat dibandingkan semua jenis lapangan futsal dengan tingkat kerataan tanah paling signifikan. Kami juga beritahu lapangan futsal parquettee juga berisiko menimbulkan luka karena terbuat dari kacu, serta berbahaya bagi kiper saat permukaan kayunya telah rusak.

Terakhir adalah lapangan futsal taraflex. Tempat ini terbuat dari plastik kesat dan sangat nyaman kalian gunakan karena tingkat kerataannya cukup baik mencapai 75%. Selain itu, permukaan lapangan futsalnya juga tidak licin sehingga aman meski kamu berlari kencang.

Walaupun permukaannya tidak licin sama sekali, namun terdapat beberapa titik yang tidak rata akibat permukaan sudah terlepas. Oleh sebab itu, kamu bisa mengurangi tingkat kecepatan saat berlari demi mengejar si kulit bundar untuk dimasukkan ke dalam gawang lawan.

Berapa Ukuran Ideal Lapangan Futsal?

Kamu harus tahu bahwa lapangan futsal terbagi lewat tipe lapangannya, sedangkan kami bakal mengulas dua modelnya saja.

Apabila kamu mengusungnya berdasarkan ukuran lapangan futsal standar nasional, maka kamu bisa menerapkan panjangnya mencapai 38 sampai 42 meter. Untuk lebarnya sekitar 18 hingga 25 meter, sedangkan lapangan futsal mini hanya berukuran 24 s/d 42 meter (panjang) dan lebarnya mencapai 15 sampai 22 meter.

Berapa Rincian Biaya Bikin Lapangan Futsal?

  • Lapangan Futsal Interlock
    • Interlock (25 x 15) : Rp.75,000,000.
    • Gawang Futsal : Rp.5,000,000.
    • Jaring Futsal Keliling : Rp.22,000,000.
    • Biaya Pasang : Rp.4,000,000

Jumlah Keseluruhan = Rp.106,000,000.

  • Lapangan Futsal Sintetis
    • Rumput Sintetis (415 M2) : Rp.95,000,000.
    • Gawang Futsal : Rp.5,000,000.
    • Jaring Futsal Keliling : Rp.22,000,000.
    • Biaya Pasang : Rp.6,000,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.128,000,000.

  • Lapangan Futsal Vinyl
    • Lantai Vinyl (26 x 16) : Rp.150,000,000.
    • Biaya Pasang : Rp.5,000,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.155,000,000.

Berapa Biaya Bikin Lapangan Futsal Indoor dan Outdoor?

  • Indoor (20 x 30 / 560 m2) : Rp.500,000/m2 x 560 m2 = Rp.280,000,000.
  • Outdoor : Rp.300,000/m2 x 560 m2 = Rp.168,000,000.

Hal yang Perlu Diperhatikan Pasca Bikin Lapangan Futsal

Aspek penting yang harus kalian perhatikan setelah pembuatan lapangan futsal adalah sirkulasi udara, terutama bagi kamu yang mengusung konsep indoor. Tujuannya supaya bisa mencegah sesak napas dan panas setelah kalian berkeringat akibat bertanding dengan rekan lain.

Pasalnya, selama bermain futsal biasanya tubuh akan lelah dan membutuhkan udara sejuk agar kamu dapat beraktivitas kembali. Pastikan ruangan yang kamu pakai mempunyai sirkulasi udara mumpuni, serta tidak gelap agar kalian dapat bertanding bersama tim lawan dengan baik.

Bagaimana Dapat Untung Usai Bikin Lapangan Futsal?

Kami beritahu bahwa mempunyai lapangan futsal tidak membutuhkan budget besar untuk merawatnya terus menerus. Di samping itu, kamu juga bisa menyewakannya kepada siapa saja yang menggilai olahraga tersebut dengan membuka bisnis lain seperti minuman atau jersey sesuai tim-tim sepak bola yang diidolakan.

Tak mustahil kamu bakal meraup untung besar hanya dengan mempunyai lapangan futsal dengan omset mencapai Rp.1,000,000 per hari. Kondisi ini menyesuaikan dengan konsep lapangan dan ukuran yang kamu terapkan.

Demikian pembahasan seputar biaya bikin lapangan futsal beserta beberapa model maupun rincian anggaran yang harus dikeluarkan secara lengkap.

Maka dari itu, kalian harus mempersiapkan semuanya dari sekarang untuk menikmati fasilitas tersebut sebagai kebutuhan pribadi maupun diubah menjadi ladang usaha jangka panjang. Kalian bisa mengusung konsep indoor maupun outdoor sesuai lahan yang tersedia agar dapat bertanding dengan nyaman.