Home » Biaya » Biaya Buat Kamar Mandi

Biaya Buat Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu bagian pokok di dalam rumah. Oleh karena itu, siapa saja pasti selalu menggunakannya dalam satu hari, bukan hanya sekali tetapi terus menerus. Tak bisa dipungkiri kebersihan dan kesehatan ruangan tersebut akan berkurang dengan kualitasnya yang kian menurun.

Kalian perlu melakukan perbaikan seperti renovasi untuk memperbarui kualitasnya sehingga dapat terlihat seperti baru, serta kebersihannya tidak mengancam kesehatan seluruh anggota keluarga. Hal ini pun melihat biaya buat kamar mandi yang berbeda sesuai pemilik rumah masing-masing.

Bagi sebagian orang mungkin melakukan renovasi kamar mandi akan menghabiskan budget tinggi. Namun, tahukah kalian? Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memperbaiki desain kamar mandi di dalam rumah.

Hal ini dikarenakan semua orang bisa meminimalisir budget dengan mengusung konsep minimalis. Seperti kalian ketahui kamar mandi minimalis untuk rumah sederhana cenderung memakan biaya perbaikan kurang dari Rp.10 juta saja.

Untuk estimasi biaya perbaikan kamar mandi terbilang variatif. Oleh karena itu, segalanya bergantung pada kalian yang ingin mengubah dan memperbarui tampilannya.

Walaupun kamar mandi kerap dinilai sebagai ruangan yang kotor, tetapi keberadaannya mempunyai fungsi penting sebagai tempat kebersihan bagi seluruh anggota keluarga. Kalian tidak mungkin mempunyai kulit sehat dan bersih tanpa kamar mandi yang menarik dengan saluran air memadai.

Biaya Buat Kamar Mandi

Biaya Buat Kamar Mandi

Biaya Buat Kamar Mandi

Walaupun kamar mandi di rumah berukuran kecil, tetapi keberadaannya bisa dimanfaatkan sebagai ruangan yang menenangkan dan nyaman. Bagaimana tidak, banyak orang selalu salah menerapkan konsep terhadap kamar mandinya.

Biasanya kamar mandi memiliki sifat damai dan tenang sehingga kalian dapat menghabiskan waktu untuk relaksasi di sana. Tak bisa dipungkiri pemilihan ornamen sampai warna mempunyai dampak besar terhadap desainnya.

Apabila kamu sedang berencana melakukan renovasi bahkan membuat kamar mandi baru di rumah, maka kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini dengan seksama.

Kami selalu hadir membantu kalian dalam memecahkan masalah soal perhitungan anggaran membuat kamar mandi minimalis di rumah. Selain itu, kami memberikan jaminan berupa perhitungan biaya pembangunannya tidak pernah lebih dari Rp.10 juta untuk menghemat budget kalian.

Biaya Buat Kamar Mandi, Ruangan Relaksasi Bermodal Rp.10 Juta

Kalian tidak perlu bingung mencari referensi soal perhitungan biaya membuat kamar mandi minimalis dengan budget rendah. Kami sudah merangkum semua informasinya supaya kamu bisa mendapatkan ruangan untuk relaksasi dengan modal minim.

Di samping itu, rinciannya sudah termasuk ke dalam semua material yang dibutuhkan sejak perencanaan awal sampai akhir pembangunannya. Berikut merupakan informasi biaya pembuatan kamar mandi minimalis, antara lain :

Estimasi Waktu Pembuatan Kamar Mandi

Secara umum membuat kamar mandi minimalis tidak akan menghabiskan waktu lama. Kamu perlu mempunyai target pembangunannya sehingga dapat menekan anggaran untuk dipakai kebutuhan lainnya. Kamu bisa menargetkan pembuatan kamar mandi sejak awal sampai akhir selama 2-3 hari.

Di sisi lain pun andalkan beberapa tenaga kerja profesional yang sudah ahli di bidangnya agar kamar mandi minimalis dapat kalian gunakan untuk kebutuhan keluarga sehari-hari.

Hal Penting yang Harus Dilihat Saat Renovasi Kamar Mandi

Siapa saja tidak boleh sembarangan saat melakukan renovasi kamar mandi. Hal ini dikarenakan ruangan tersebut harus mempunyai pencahayaan cukup dengan konsep sesuai dengan desain rumah kalian. Lantas, apa saja aspek yang harus diperhatikan? Beberapa di antaranya adalah :

Keramik Lantai

Jangan salah memilih keramik lantai untuk kamar mandi di rumah. Pastikan permukaannya kaku sehingga tidak menimbulkan risiko terjatuh lantaran konturnya licin. Untuk meningkatkan kenyamanan selama di kamar mandi, pilihlah keramik lantai berbahan dasar bebatuan atau porselen.

Keramik Dinding

Beberapa orang mungkin bimbang dalam menerapkan keramik dinding di kamar mandi. Hal ini dikarenakan tampilannya lebih mewah dan elegan, tetapi permukaannya tidak bisa diganti warna. Oleh karena itu, solusinya adalah pasangkan keramik dinding pada permukaan tertentu agar tampilan kamar mandi dapat menghasilkan paduan warna beragam.

Wastafel

Wastafel sudah menjadi salah satu komponen penting pada kamar mandi. Kalian pasti membutuhkannya untuk menyikat gigi, mencuci muka sampai cuci tangan sekalipun. Maka dari itu, tambahkan wastafel dan cermin di dalam kamar mandi untuk membantu kalian saat membersihkan seluruh permukaan tubuh.

Kloset

Kalian bisa memilih kloset duduk maupun jongkok sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Seandainya kalian mengutamakan desain elegan dan mewah, alangkah baiknya kamu menggunakan kloset duduk untuk kamar mandi di rumah, sedangkan penggunaannya lebih fleksibel lantaran sudah diatur secara otomatis.

Gantungan Handuk, Sabun dan Tisu

Walaupun hanya pelengkap namun gantungan bisa kalian manfaatkan untuk meningkatkan estetika kamar mandi di rumah. Pilih gantungan handuk, tisu dan sabun mandi yang memiliki desain menawan. Pemakaiannya bukan hanya menambah kesan mewah, tetapi menekan aksen berantakan akibat penyimpanan peralatan mandi yang tidak rapi.

Sekat Kaca dan Shower

Untuk menghemat air selama di kamar mandi, gunakan shower yang punya berbagai macam bentuk dan model. Selain itu, kalian juga bisa menambah sekat kaca pada bagian tertentu sehingga permukaan air tidak terkena lantai atau titik tertentu di kamar mandi.

Cat Dinding

Pastikan pemilihan warna cat dinding tidak menimbulkan kesan sempit bahkan pengap terhadap kamar mandi minimalis di rumah. Gunakan warna putih atau krem yang memberi kesan luas dan nyaman saat kamu mandi setiap hari.

Contoh RAB Pembuatan Kamar Mandi

  • Cat Dinding = Rp.250,000.
  • Keramik Dinding = Rp.1,000,000.
  • Wastafel = Rp.725,000.
  • Semen = Rp.300,000.
  • Pasir = Rp.140,000.
  • Cat = Rp.100.000.
  • Rak = Rp.175,000.
  • Keramik Lantai = Rp.200,000.
  • Shower = Rp.450,000.
  • Kloset = Rp.1,800,000.
  • Gantungan Tisu = Rp.50,000.
  • Cermin = Rp.100,000.
  • Gantungan Handuk = Rp.130,000.
  • Tempat Sabun = Rp.100,000.
  • Upah Pekerja (2 orang x 7 hari x Rp.100,000) = Rp.1,400,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.6,920,000.

Contoh Rancangan Anggaran Biaya (RAB) ini bisa kalian gunakan sebagai bayangan. Meski begitu, kami tidak menjamin semua rincian tersebut mempunyai nominal yang sama dengan harga di wilayah kalian masing-masing.

Hal ini dikarenakan setiap toko bangunan selalu memasang harga beragam sesuai kualitas dan merek bahan materialnya. Kalian bisa bertanya kepada pekerja maupun tukang bangunan yang dilibatkan untuk mencari bahan baku dengan harga kompetitif.

Tips dan Trik Merawat Kamar Mandi

Walaupun selalu dianggap sebagai tempat kotor, tetapi kamar mandi harus diperhatikan kebersihannya. Kalian bisa menggunakan cairan pembersih khusus porselen untuk membersihkan seluruh permukaan keramik yang menempel di kamar mandi.

Kamu harus melakukannya minimal seminggu sekali. Kegiatan ini bertujuan agar permukaan keramik lantai dan dinding tidak dipenuhi jamur yang menguning, serta sulit dibersihkan bila terlalu lama didiamkan.

Demikian informasi mengenai biaya buat kamar mandi beserta contoh RAB yang bisa kalian gunakan sebagai bayangan. Di samping itu, setiap wilayah memasang harga bahan material berbeda dan pastikan kalian melakukan survei terlebih dahulu dalam mencari bahan baku berkualitas dengan harga kompetitif.

Kami pastikan perencanaan biaya dan waktu membuat kamar mandi bakal berjalan mulus jika kamu sudah mengatur semuanya dengan benar bersama tukang bangunan yang dipercaya.