Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Shopee

Apakah kamu belum tahu cara jualan di Shopee? Kini, pebisnis online pemula maupun profesional saling berlomba mengembangkan usahanya di marketplace tersebut. Kalian bisa memasarkan dan menjual barang apa saja dengan harga bersaing untuk menggaet konsumen lebih banyak.

Di Indonesia, Shopee menjadi salah satu e-commerce terkemuka selain Tokopedia dan Lazada yang tidak pernah berhenti diakses masyarakat. Hal ini dikarenakan kalian bisa menemukan produk apapun dengan promo menarik setiap hari.

Kalian bahkan mampu berbisnis online dengan menggunakan smartphone yang didukung kuota internet memadai. Shopee menyediakan wadah untuk masyarakat yang benar-benar berminat berjualan di sana. Kalian cukup melakukan pendaftaran diri dan toko online dengan data diri lengkap serta valid.

Meski begitu, perlu dipahami dan diperhatikan ketentuan maupun syarat membuka toko online di Shopee. Kalian juga tidak bisa menjual semua barang karena pihak Shopee punya kriteria terhadap barang yang kelak dijual setiap seller.

Cara Jualan di Shopee
Cara Jualan di Shopee

Cara Daftar Toko di Shopee

  • Buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Pilih menu Profil.
  • Klik Saya.
  • Kemudian, masukkan nomor ponsel dan verifikasi nomor HP serta email agar konsumen dapat menemukan barang yang diunggah seller.
  • Ubah username alias nama pengguna akun Shopee, kalian bisa menonton video singkat pada akun Shopee untuk proses registrasi.
  • Apabila nama toko sudah diubah, lengkapi informasi profil dengan benar.
  • Unggah foto barang, atribut, deskripsi sampai jasa pengirimannya. Gunakan jasa pengiriman barang yang tersedia di wilayah kalian.
  • Pastikan produk yang kalian jual tidak berbahaya bahkan dilarang pihak Shopee.
  • Terakhir, buat toko Shopee kalian secara maksimal. Kalian bisa mengubah banner, logo maupun nama toko yang menarik untuk dipublikasikan secara umum.
Terkait:  Cara Jual Barang di Shopee

Kenapa Harus Jualan di Shopee?

Secara umum setiap penjual mempunyai alasan mengapa mereka bersikeras mengembangkan bisnis online di Shopee. Mereka bukan sekadar ingin mengantongi uang saja, tapi juga faktor-faktor lainnya sebagai berikut :

  • Pangsa Pasar Lebih Luas
    Marketplace mempunyai nilai lebih dibandingkan toko offline, salah satunya adalah pangsa pasar lebih luas. Contohnya bila kalian berdomisili di Jakarta, namun dagangan kalian bisa dilihat masyarakat luar Jakarta bahkan luar pulau Jawa dengan jam operasional lebih lama.
  • Modal Rendah
    Shopee menjadi salah satu e-commerce terbaik yang memungkinkan setiap penjual bisa berbisnis tanpa membuka lapak. Alhasil, kalian tidak perlu habiskan uang untuk sewa tempat agar daganganmu dapat disimpan, sedangkan segalanya hampir dilakukan secara online.
  • Risiko Kerugian Minim
    Seller mana pun mengklaim bahwa berbisnis online di Shopee tidak pernah menelan kerugian besar, apalagi kalau kalian bekerja sebagai dropshipper atau reseller. Kalian hanya beli produk secukupnya dari distributor resmi dan menjualnya lagi tanpa stok barang yang banyak.
  • Bisnis Berkembang Lebih Pesat
    Pangsa pasar yang luas berpotensi terhadap bisnis kalian semakin berkembang dengan pesat. Apabila rating meningkat, toko kalian bakal memperoleh kepercayaan lebih besar dari calon pembeli. Hal ini dikarenakan jumlah konsumen kalian sudah banyak dengan penilaian bagus.
  • Transaksi Cepat dan Praktis
    Kalian dan pembeli tidak perlu repot untuk bertemu hanya sekadar bertransaksi. Sebab, siapa saja bisa melakukan transaksi dengan cepat dan praktis melalui aplikasi Shopee. Namun, kalian tidak akan menerima uang bila produk yang dipesan pembeli tak kunjung dikirim.

Tips Jitu Jualan Laris di Shopee

Siapapun pasti ingin meraup keuntungan besar di Shopee, bukan? Oleh karena itu, kalian harus menerapkan cara berjualan di Shopee dengan baik dan benar sehingga dagangan dapat dibeli konsumen setiap hari sebagai berikut :

  • Pakai Foto Barang yang Bagus
    Biasanya gambar menjadi salah satu magnet untuk menarik perhatian calon konsumen. Oleh karena itu, gunakan foto berkualitas tinggi dengan teknik pengambilan sempurna supaya calon pembeli tidak pikir panjang untuk membeli barang dagangan kalian lebih banyak.
  • Layani Konsumen dengan Baik
    Konsumen mana pun pasti ingin mendapatkan pelayanan yang baik. Kalian harus siap menerima keluhan dan pertanyaan yang kadang menguji kesabaran. Namun, tak mustahil bila salah satu bahkan mayoritas dari mereka akan langsung checkout produk jualan kalian nanti.
  • Beri Deskripsi Detail dan Jelas
    Jangan pernah sembarangan memberi informasi kepada konsumen. Berikan deskripsi yang detail dan jelas agar konsumen tidak perlu bertanya dua kali soal barang dagangan yang akan mereka beli. Maka dari itu, mereka akan langsung pesan dan beli produknya saat itu juga.
  • Promosi di Media Sosial
    Jika kalian punya media sosial dengan followers fantastis, sebaiknya promosikan produk dagangan Shopee kalian di sana. Tak bisa dipungkiri seller profesional selalu manfaatkan semua pengikutnya sebagai calon pembeli dengan teknik promosi jitu untuk raup cuan besar.
  • Pasang Harga Kompetitif
    Jangan pernah memasang harga barang asal-asalan selama jualan di Shopee. Konsumen biasanya akan pertimbangkan harga yang dipasarkan dengan kualitas barangnya. Berikan harga kompetitif dan lebih bersaing agar pembeli dapat membeli barangnya dengan pasti.
  • Berikan Diskon dan Promosi
    Pembeli mana pun pasti ingin mendapat diskon dan promo menarik saat belanja di Shopee. Jika ingin menarik perhatian konsumen, kalian bisa memberi promo khusus untuk mereka. Tapi, pastikan juga diskon yang diberikan sesuai dengan modal jualan atas barang terkait.
Terkait:  Cara Transfer LinkAja ke ShopeePay, Syarat dan Biaya Adminnya

Cara Jualan di Shopee

Kalian harus tahu bahwa cara jualan di Shopee sebenarnya sama dengan panduan cara jual barang di Shopee yang selalu dilakoni seller lainnya. Kalian pasti akan memasarkan produk apa saja di marketplace tersebut.

Kalian tidak boleh melakukan penjualan dan promosi sembarangan untuk menarik perhatian pembeli. Sebab, mereka harus dilayani dengan baik sehingga dapat membeli barang daganganmu. Tak menutup kemungkinan mereka juga bisa mempromosikan toko online Shopee kalian kepada orang lain.

Langkah 1: Gunakan Akun Toko Shopee

Kalian harus berjualan dengan menggunakan akun toko online Shopee yang aktif. Selain itu, pakai foto dan banner menarik untuk memastikan legalitan online shop kalian benar-benar terjamin. Pembeli juga bisa langsung melihat barang dagangan tanpa beralih ke toko lain.

Langkah 2: Tambah Barang Dagangan ke Beranda

Langkah selanjutnya adalah mengunggah produk dagangan ke Shopee dengan klik Tambah Produk. Unggah foto barang yang hendak kalian jual dengan kualitas terbaik. Namun, sebaiknya kalian melampirkan deskripsi dan informasi barang tersebut dengan jelas seperti nama, kategori, harga, varian, stok dan lainnya.

Langkah 3: Unggah Produk Jualan

Jika kalian sudah melampirkan semua informasi barang dagangan dengan benar dan lengkap, kalian cukup tekan tombol Simpan di samping kanan atas. Maka dari itu, unggahan produk tersebut akan muncul pada laman utama toko online Shopee kalian secara otomatis.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara jualan di Shopee yang harus kamu tahu. Jangan heran siapa saja semakin gencar mendaftarkan diri sebagai seller Shopee dalam beberapa waktu terakhir. Kalian cukup tentukan tema jualan dan pasarkan barang lebih beragam untuk gaet perhatian konsumen di seluruh Indonesia.

Terkait:  Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Similar Posts