Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung

Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung atau populer dengan nama UNISBA merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang berada di Kota Kembang dan menawarkan biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung kompetitif.

Tak bisa dipungkiri popularitasnya tidak kalah saing dengan beberapa PTN ternama yang berada di wilayah serupa. UIN Bandung termasuk salah satu lembaga pendidikan yang menghadirkan beragam program studi beragam untuk calon mahasiswanya.

Fakultas Kedokteran UIN Bandung merupakan salah satu jurusan yang paling diminati semua calon mahasiswa dari wilayah mana pun, terutama asal Kota Kembang. Pasalnya, banyak orang menganggap program studi tersebut menawarkan prospek karir menjanjikan dimana beberapa lulusannya sudah tersebar luas di seluruh rumah sakit Bandung.

Wajar saja lulusan Fakultas Kedokteran UIN punya kompetensi terbaik dan patut diperhitungkan. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini semakin populer sampai sekarang karena UIN Bandung menawarkan biaya Fakultas Kedokteran yang membuat siapa saja terkejut.

Bagaimana tidak, beberapa orang mengaku harganya cukup tinggi karena jurusan ini tidak pernah memasang nilai murah untuk siapa saja yang ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi pada program studi tersebut, sedangkan kalian bisa memilih jenjang sesuai riwayat terakhir yang sudah dijalankan sebelumnya.

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung
Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung

UIN Bandung menghadirkan Fakultas Kedokteran berkualitas dan kompeten untuk semua calon mahasiswanya. Selain itu, calon mahasiswa bisa menempuh jenjang pendidikan mulai dari Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3).

UIN alias UNISBA menawarkan harga kuliah yang terbagi ke dalam beberapa kategori dan bila dijumlahkan mampu mencapai angka ratusan juta rupiah. Namun, uang yang bakal kamu keluarkan sebanding dengan pencapaian pasca lulus nanti.

Umumnya UIN Bandung memiliki salah satu lokasi terbaik yang paling sering dipilih semua calon mahasiswanya, yakni UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD) yang sudah menggelar 8 fakultas untuk jenjang pendidikan Diploma III (D3), Strata 1 (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3).

Kendati demikian, dua jenjang yang kami sebutkan pertama merupakan program pendidikan paling banyak dipilih calon mahasiswa dimana kalian bisa mendaftarkan diri setelah mengakhiri masa pendidikan tingkat SMA/K/Sederajat.

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung, Berapa Harga Barunya?

Fakultas Kedokteran UIN Bandung menjadi salah satu jurusan sekaligus program studi yang dipilih semua calon mahasiswa domisili Kota Kembang. Kalian harus tahu kalau UIN Bandung termasuk salah satu PTN yang kerap menawarkan biaya kuliah terjangkau dibandingkan beberapa PTN ternama lainnya di wilayah serupa.

Apabila kamu ingin tahu rincian harganya, berikut merupakan biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung yang belum diketahui banyak orang, antara lain :

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung TA 2021/2022

Golongan PembayaranBiaya Kuliah
IPURp.120,000,000
IPF (1X Bayar)Rp.60,000,000
IKT Per TahunRp.40,000,000
IPK & Fasilitas Air MinumRp.550,000
Baitul Maal (1x Bayar)Rp.50,000

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung mempunyai perhitungan harga pada saat pendaftaran yang terdiri dari 50% IPU + IPF + 50% IKT + (ISKS X SKS) + IPK + Baitul Maal. Jumlah rincian biaya semester 1 (satu) Fakultas Kedokteran yang dipastikan harus dibayar semua mahasiswa UIN Bandung adalah sebesar Rp.140,600,000 (seratus empat puluh juta enam ratus ribu rupiah). Jumlah ini berlaku untuk mahasiswa yang belajar mulai TA 2021/2022.

Istilah Sistem Pembayaran Fakultas Kedokteran UIN Bandung

  • IPU (Infak Pengembangan Universitas) : Pembayaran bisa dicicil selama dua semester dengan komposisi 50% (semester 1) dan 50% (semester 2), sedangkan cicilan pertama dibayar saat pendaftaran semester 1.
  • IPF (Infak Pengembangan Fakultas) : Pembayaran sekali saat pendaftaran semester 1. Nilai penambahan IPF untuk Program Studi Fakultaas Kedokteran dimulai dari harga sebesar Rp.15,000,000.
  • IKT (Infak Kuliah Tetap) : Pembayaran setiap tahun dengan komposisi 50$% (semester 1) dan 50% (semester 2). IKT telah meliputi uang praktikum untuk semester 1 dan dibayar saat pendaftaran awal.
  • IPK (Infak Pelayanan Kesehatan) : Pembayaran setiap tahun selama menjadi mahasiswa bila ditahun kedua dan seterusnya memindahkan fasilitas kesehatan BOOJS pertama ke Polikinik Unisba dibebaskan dari kewajiban IPK.
  • ISKS (Infak Satuan Kredit Semester) : Pembayaran sesuai pengambilan SKS setiap semester.
  • Tumbler : Fasilitas Air Minum yang dibayar sekali selama menjadi mahasiswa dan pembayaran dilakukan saat pendaftaran semester 1.
  • Baitul Maal : Pembayarannya sekali selama menjadi mahasiswa dan dibayar saat pendaftaran semester 1.

Kenapa Harus Pilih FK UIN Bandung?

Fakultas Kedokteran UIN Bandung merupakan salah satu program pendidikan yang diminati mayoritas calon mahasiswanya. Walaupun kalian harus mengeluarkan biaya tidak sedikit, namun prospeknya terbilang menjanjikan dan masa depanmu pasti terjamin.

Secara umum Fakultas Kedokteran UIN selalu menghasilkan lulusan berkualitas yang siap menjadi seorang tenaga medis yang bergerak dalam bidang kompetensi masing-masing untuk bertugas ke seluruh rumah sakit di Indonesia.

Lulusan Fakultas Kedokteran UIN Bandung disebut sebagai salah satu SDM unggul yang selalu memberi hasil terbaik untuk semua golongan masyarakat, apalagi bila mereka bertugas sebagai tenaga medis yang turun langsung ke lapangan.

Tak sedikit fasilitas kesehatan besar seperti rumah sakit di Bandung selalu menggaet lulusan FK UIN Bandung karena lulusannya punya keahlian dan wawasan bagus yang berhak diaplikasikan dalam lingkungan kerja sebenarnya.

Sementara itu, UIN Bandung masih tetap membuka pendaftaran Fakultas Kedokteran untuk beberapa jenjang yang sudah disebutkan di atas. Tak hanya itu, UIN Bandung bukan hanya menyediakan jurusan kesehatan seperti Fakultas Kedokteran saja.

Beberapa program studi berbasis islami juga ada seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Filsafat dan masih banyak lagi dimana semuanya selalu mencetak lulusan berkualitas yang selalu bersaing dalam dunia kerja.

Fasilitas Kuliah di Fakultas Kedokteran UIN Bandung

Fakultas Kedokteran UIN Bandung memberikan beragam fasilitas terbaik untuk semua mahasiswanya. Apabila kalian berencana menempuh pendidikan lanjutan di UIN Sunan Gunung Djati, kalian bakal disuguhkan sebuah penampakan bangunan besar dan megah yang membuat setiap mahasiswa betah menimba ilmu di sana.

UIN Bandung menghadirkan tenaga pengajar berkualitas yang siap membimbing mahasiswanya untuk jadi lulusan terbaik. Sistem pembelajarannya juga berstandar nasional dan setiap mahasiswa pasti bisa mengikutinya dengan baik.

Kuliah Unggulan Hanya FK UIN Bandung

Siapa saja yang berencana melancong ke Kota Bandung | Jawa Barat untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi, kami sarankan kalian untuk kuliah di UIN Sunan Gunung Djati.

Umumnya PTN ini menawarkan biaya kuliah kompetitif dan tidak pernah mengalami perubahan untuk setiap TA (Tahun Akademik) nya. Di sisi lain kamu juga bisa menentukan jumlah SKS yang akan diambil sesuai kemampuan akademik dan pemahaman mengenai program studi pilihan.

Demikian ulasan mengenai biaya Fakultas Kedokteran UIN Bandung untuk tahun akademik 2021/2022. UIN Bandung menawarkan program pendidikan berkualitas dalam mencetak lulusan berkualitas yang siap bersaing di dunia kerja, terutama bidang kesehatan.

Jika kalian ingin tahu lebih lanjut soal Fakultas Kedokteran UIN Bandung, silakan akses akun sosial medianya, LINE (@unisba) atau website resminya via https://www.pmb.unisba.ac.id/ atau [email protected] (email).

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...