Biaya Ganti BPKB Motor

Apabila kalian baru saja membeli sepeda motor bekas, kamu harus tahu berapa biaya ganti BPKB motor karena semua dokumen kendaraannya masih berada di bawah nama pemilik nama lama dan kamu perlu menggantinya menjadi dirimu sendiri.

Jika tidak, pasti bakal merepotkan dirimu sendiri, apalagi soal kepemilikan. Bukan hanya itu, kamu juga harus bolek balik meminjam KTP pemilik lama untuk mengurus perpanjangan semua surat motor yang sudah dibeli.

Secara umum balik nama kendaraan bermotor merupakan pengalihan kepemilikan dari pemilik pertama ke tangan pemilik kedua dan seterusnya. Biasanya balik nama dilakukan atas Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kedua surat kendaraan tersebut punya andil besar terhadap keamanan kalian saat berkendara dan bila nama pemiliknya tidai diubah, risiko ditilang mungkin terjadi karena kamu mengendarai motor orang lain.

Untuk proses penggantian nama semua dokumen kendaraan bermotor juga tidak terlalu rumit, sedangkan prosedurnya hanya bisa dilakukan melalui Samsat terdekat di wilayah kalian masing-masing.

Jangan sampai kamu membiarkan sepeda motor bekas yang baru saja dibeli harus diambil pihak kepolisian karena mereka menganggap kamu memakai kendaraan orang lain, padahal itu milikmu sendiri. Pastikan kamu segera mengurus surat-surat kendaraan ke kantor Samsat di wilayahmu.

Biaya Ganti BPKB Motor

Biaya Ganti BPKB Motor
Biaya Ganti BPKB Motor

Secara umum biaya ganti BPKB motor cukup terjangkau dan tidak akan merogoh kocek kalian terlalu dalam. Di samping itu, kamu harus tahu kalau prosedur pengurusannya tidak boleh dilakukan sembarangan.

Hal ini dikarenakan kalian hanya bisa melakukannya melalui kantor Samsat sesuai domisili masing-masing. Kamu bakal diarahkan petugas Samsat mulai dari pendaftaran sampai penyelesaian semua berkas yang bakal diubah nama kepemilikannya atas dirimu sendiri.

Biasanya petugas Samsat memiliki rincian perhitungan sesuai persentase tertentu, sedangkan persyaratan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit. Kamu juga tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan semua prosedur balik nama kendaraan BPKB motor.

Pasalnya, kamu cukup luangkan waktu selama beberapa jam dengan menyiapkan semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Uang yang dihabiskan juga tidak pernah mencapai angka jutaan rupiah.

Biaya Ganti BPKB Motor, Cara dan Syarat Balik Nama Kendaraan Lengkap

Kalian pasti penasaran berapa biaya ganti BPKB motor, bukan? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut maka kalian bisa menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kamu juga bakal mengulas prosedur sampai syarat-syarat yang harus dipenuhi agar pihak Samsat dapat mengabulkan pengajuan balik nama semua surat kendaraannya.

Alhasil, kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Informasi lengkapnya bisa kalian pahami sebagai berikut :

Biaya Ganti BPKB Motor / Balik Nama

Jenis BiayaHarga
Biaya Pajak10% dari harga jual untuk penyerahan pertama
1% daru harga jual untuk penyerahan kedua, dst
Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)2% dari harga jual untuk kepemilikan pertama
2,5% dari harga jual untuk kepemilikan kedua
3% dari harga jual untuk kepemilikan ketiga, dst
10% dari harga jual untuk kepemilikan ke-17
SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)Rp.35,000
Biaya Lainnya
Penerbitan STNK MotorRp.100,000
Pengesahan STNK MotorRp.25,000
Biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Pelat Nomor MotorRp.60,000
Penerbitan BPKB MotorRp.225,000
Penerbitan Surat Mutasi (Jika Motor Diluar Daerah)Rp.150,000
Biaya / Tip Petugas Cek Fisik KendaraanRp.20,000

Syarat Ganti BPKB Motor

  • STNK asli dan salinan.
  • KTP pemilik baru (asli dan salinan).
  • BPKB asli dan salinan.
  • Kwitansi pembelian motor yang ditandatangani di atas materai.
  • Faktur asli dan salinan.

Prosedur Ganti BPKB Motor / Ganti Nama

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mendatangi kantor Samsat (Sistem Manunggal Satu Atap) terdekat dengan membawa semua berkas persyaratan yang kami sebutkan di atas. Kemudian, kamu harus melakukan tes fisik kendaraan.

Apabila sudah selesai, kalian bakal mendapatkan lembaran hasil cek fisik (gesek Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan) yang harus diberikan kepada loket pengesahan cek fisik khusus Balik Nama (Tukar Nama) sambil melunasi biaya pengesahan cek fisik.

Kamu juga harus mengajukan pendaftaran balik nama yang berada di dalam Gedung Samsat. Berkas persyaratannya sama dengan sebelumnya dan kamu akan mendapatkan formulir pendaftaran yang harus diisi.

Jika sudah, berikan lagi kepada petugas di loket lain sambil memberi berkas kelengkapannya. Apabila namamu dipanggil, kalian bakal menerima tanda terima kalau berkasnya sedang diproses.

BPKB dan KTP asli bakal dikembalikan dan kamu harus membayar biaya registrasi balik nama. Biasanya kamu harus balik lagi ke kantor Samsat setelah 2 s/d 5 hari pasca pengajuan balik nama.

Di samping itu, kamu harus mengambil invoice pajak setelah melewati batas tempo yang kami sebutkan tadi. Jangan lupa berikan salinan kwitansi pembelian dan hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan kepada petugas. Nantinya akan digabung ke dalam berkas yang sama untuk dijadikan arsip. Kamu bakal menerima invoice pajak yang melampirkan rincian dan jumlah pajak untuk segera dilunasi, serta melakukan pembayaran di loket yang sudah disediakan sambil mengambil STNK yang sudah diganti namanya atas nama dirimu sendiri.

Apakah ada Prosedur Lain?

Biasanya mengajukan ganti nama BPKB motor juga harus dilakukan dengan mendatangi kantor polisi terdekat sesuai domisili kalian masing-masing. Kamu akan diminta keterangan dan melampirkan beberapa berkas kepada petugas.

Apabila berkasnya lengkap, kamu bakal menerima tanda bayar ke bank senilai Rp.80,000. Kamu bisa langsung melunasinya ke loket pembayaran yang tersedia. Kepolisian setempat cenderung menyediakan Bank BRI atau bank lain sesuai domisili.

Usai membayar uang balik nama, kamu harus mengisi formulir yang disediakan dan dikembalikan lagi kepada petugas. Tak hanya itu, kamu bakal mendapatkan tanda terima bukti BPKB sudah terdaftar dalam proses pengajuan balik nama, sedangkan batas tempo pengambilannya maksimal sebulan.

Jika kamu datang lagi sesuai waktu yang ditentukan, kamu bisa ambil nomor antrean dan berikan tanda terima serta fotokopi KTP. Terakhir, petugas akan langsung menyesuaikan data kalian dengan informasi yang terlampir pada BPKB baru yang bakal diberikan.

Ganti Nama BPKB Motor Harus Dilakukan, Kenapa?

Walaupun terdengar membingungkan, namun kamu harus melakukannya untuk memastikan surat-surat motor dari nama sebelumnya bakal diubah kepemilikannya menjadi dirimu sendiri.

Kendati demikian, rincian biaya ganti BPKB motor yang kami sebutkan di atas akan berbeda sesuai pokok pajak motor dan domisili kalian masing-masing. Selain itu, biaya pajak pokok (PKB) motor biasanya sebesar 1,5% dari nilai jual kendaraan bermotor yang kamu miliki saat ini.

Demikian informasi mengenai biaya ganti BPKB motor yang harus kalian tahu dan pahami dengan seksama. Jangan pernah meminta bantuan orang lain untuk mengurusnya karena kalian sebagai calon pemilik kendaraan yang diganti nama kepemilikannya harus ikuti prosedur sesuai aturan undang-undang yang berlaku.

Jika kamu ingin tahu informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs resmi Pindah Lubang via https://www.pindahlubang.com/ yang bisa diakses setiap hari.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...