Biaya Iklan di Instagram

  • Whatsapp

Adanya keberhasilan beberapa sosial media yang belum lama ini muncul ke permukaan publik, tidak terlepas dari besarnya peran masyarakat didalamnya. Semakin banyak yang menggunakan sebuah aplikasi tersebut, maka dampak ke publik akan ikut meningkat. Itulah mengapa perlu mengetahui biaya iklan di instagram.

Instagram, merupakan salah satu dari beberapa sosial media yang masih terbilang baru bila dibandingkan dengan kehadiran Facebook ataupun Twitter. Namun, siapa sangka? banyak masyarakat yang pada akhirnya dapat menekuni hobinya sebagai pekerjaan untuk mencari mata pencahariannya sehari-hari.

Read More

Orang yang berhasil mendapatkan peran tersebut, dia lah yang kini dikenal dengan sebutan selebgram. Semakin banyak followers yang dimiliki, maka akan semakin baik reputasinya untuk dapat di endorst oleh suatu produk. Entah itu produk kecantikan, makanan, fashion, dan lain sebagainya.

Instagram sendiri mulai dirancang oleh seorang pengembang Facebook yang bernama Kevin Systrom, beserta rekannya. Kemudian, barulah dirilis pertama kali pada tanggal 6 Oktober 2010. Hingga kini, sudah ada tools yang berguna untuk menampilkan iklan di story akun yang followersnya mencapai ribuan. Berikut biaya iklan di Instagram.

Biaya Iklan di Instagram

Biaya iklan di Instagram
Biaya iklan di Instagram

Biaya iklan di instagram 2021

Pemasangan iklan, sejak dahulu sudah dikenal oleh masyarakat melalui televisi ataupun papan iklan yang dipasang di pinggir-pinggir jalan raya besar. Tapi, kini semenjak berkembangnya kecanggihan teknologi, iklan sudah dapat kalian temukan dimanapun termasuk di sosial media.

Adapun biaya iklan di instagram sendiri, ternyata tidak semahal seperti pemasangan iklan di layar televisi. Kalian bisa ikut serta menjadi salah satu para aktivis iklan dengan membayar sejumlah tarif sebesar Rp 25.000,- saja untuk waktu penayangan iklan selama 24 jam penuh.

Terkait:  Biaya Transfer LinkAja ke BCA

Sedangkan bila dibandingkan biaya iklan di televisi, tentu modal yang harus dipersiapkan mencapai ratusan juta dalam satu kali penayangannya. Oleh karena itu, banyak sekali pemilik usaha kecil menengah yang lebih memanfaatkan promosi melalui tampilan iklan di sosial media. Salah satunya ya, instagram.

Besar kemungkinan, para pemilik akun instagram atau orang yang tertarik melihat tampilan instagram melalui browser tanpa harus login akun terlebih dahulu, dapat menjangkau iklan yang kalian tampilkan. Ditambah, dengan adanya peran selebgram, promosi akan jauh lebih mudah dan tepat sasaran.

Sejak kehadiran instagram di tahun 2010. Pada tahun 2019, sudah terhitung sebanyak 59.840.000 pengguna dari negara Indonesia. Belum termasuk negara-negara lainnya. Hal ini, mendorong banyak orang untuk lebih memanfaatkan sosial media dalam kepentingan bisnis.

Oleh karena itu, jika kalian mengupdate aplikasi intagram di smartphone, beberapa akun sudah dapat memanfaatkan tools tambahan seperti swipe dan lain sebagainya yang pastinya dapat menarik perhatian pemilik akun lainnya. Istimewanya, tools tersebut dapat digunakan bagi akun yang memiliki jumlah followers 300 ribu keatas.

Semakin banyak pengikut akun sosial media instagram kalian, maka akan semakin besar peluang untuk dapat menarik calon pembeli melalui iklan yang disampaikan. Entah melalui story instagram, atau postingan yang nantinya akan muncul di beranda. Tapi, pastikan story yang berisi iklan jangan sampai terlihat seperti titik-titik.

Banyaknya postingan story yang diupload, seringkali justru akan menurunkan minat orang lain untuk melihat isinya. Apalagi, bila cara penyampaiannya terkesan monoton dan terlalu tergesa-gesa. Tepat memasuki tahun 2021, selebgram sudah dapat dinominasikan sebagai orang yang memiliki pengaruh besar terhadap pandangan masyarakat.

Pengelola instagram Ads sendiri, mulai memberikan fasilitas yang sekiranya dapat lebih memaksimalkan penayangan iklan kalian di sosial media. Mulai dari akun yang bisa kalian atur khusus untuk kategori akun bisnis, hingga pengaturan untuk target marketing yang dikehendaki.

Cara beriklan di Instagram

Instagram Ads kini sudah menjadi wadah yang sangat diminati oleh para pebisnis maupun reseller. Tapi, tahukah kalian bagaimana cara beriklan di instagram supaya tepat sasaran sesuai target yang diinginkan? Berikut penjelasan selengkapnya, simak dibawah ini!

Terkait:  Biaya Izin Mendirikan Bangunan

1. Instruksi pembuatan iklan

Pertama-tama, hal yang perlu kalian miliki adalah akun bisnis instagram. Hal ini penting mengingat iklan yang ditampilkan di instagram ads, nantinya difokuskan untuk mempromosikan produk yang dikehendaki. Langkah berikutnya, yaitu memiliki akun facebook.

Akun facebook kalian, akan dikoneksikan dengan akun instagram bisnis di akhir pengaturan. Setelah berhasil membuka laman facebook ads manager, kemudia pilih menu kampanye. Menu kampanye ini, berisikan panduan untuk membuat iklan yang kalian hendak tayangkan.

Didalamnnya, terdiri dari dua pilihan pembuatan iklan. Pertama adalah membuat iklan terpandu, kedua pembuatan iklan cepat. Disarankan untuk memilih pilihan pertama yakni pembuatan iklan terpandu. Apalagi bagi pemula, pilihan tersebut akan sangat membantu dalam memberikan penjelasan secara spesifik.

2. Menargetkan tujuan pemasaran iklan

Poin dari kedua ini, mengarahkan kalian untuk memilih tujuan dari iklan yang ditayangkan. Pencapaian yang ditargetkan oleh pemasang iklan dalam iklan, tersedia dalam tiga kategori yang beragam. Mulai dari awareness atau kesadaran, consideration atau pertimbangan, dan conversion atau konversi.

Penjelasan mulai dari kesadaran. Maksud dari kesadaran terhadap merek  tidak lain berfungsi untuk meningkatkan brand awareness milik kalian serta membuat masyarakat memiliki rasa ketertarikan yang besar terhadap produk. Jangkauan dari kesadaran ini, menyangkut penayangan iklan dalam jumlah maksimal disesuaikan dengan anggaran.

Dilanjutkan dengan arti dari pertimbangan. Lalu lintas atau yang lebih dikenal dengan istilah trafik ini, berperan dalam memberikan peningkatan jumlah kunjungan ke website ataupun pengguna dari aplikasi tertentu sesuai yang ditawarkan dalam iklan. Interaksi dapat terjadi melalui like halaman, tanggapan atau mengikuti updatean info dari produk.

Kemudian ada istilah konversi. Istilah satu ini, bermanfaat untuk kalian yang menginginkan adanya peningkatan jumlah orang yang membeli produk melalui website ataupun aplikasi. Produk biasanya ditawarkan dalam bentuk katalog. Pemilik usaha yang juga memiliki toko offline, dapat memilih kunjungan toko untuk meningkatkan pengunjung.

Terkait:  Biaya Buat PT

3. Memilih jenis iklan

Ada dua jenis iklan yang disediakan sesuai dengan biaya iklan di instagram yang terbilang terjangkau. Jenis pertama yakni uji split, serta pengoptimalan anggaran. Uji split diketahui tarifnya mencapai dua kali lipat dari angka pembayaran untuk jenis iklan pengoptimalan anggaran.

Oleh sebab itu, bagi para pemula, disarankan untuk memilih jenis yang kedua terlebih dahulu. Kalau memilih uji split, membutuhkan adanya dua konten mirip agar target pemasarannya ikut terbagi menjadi dua kelompok. Sayangnya, kedua jenis iklan ini tidak dapat digunakan dalam waktu yang bersamaan.

4. Memberikan nama iklan serta tujuan trafiknya

Pada bagian kolom nama set iklan, kalian dapat menuliskannya sesuai dengan performa iklan yang sudah sering berlalu lalang di dunia instagram ads. Tidak ada ketentuan yang pasti dalam menuliskan nama set iklan. Setelah selesai menulis nama iklan, ada kolom yang bertuliskan lalu lintas kunjungan.

Dalam kolom tersebut, terdiri dari 4 pilihan tempat atau platform untuk mendorong lalu lintas pemasaran. Pilihan pertama ada situs web, aplikasi, messanger, dan whatsapp. Kalian dapat memilih sesuai dengan target pemasaran serta mempertimbangkan banyaknya kontak atau interaksi yang terjadi dari keempat pilihan tersebut.

5. Menampilkan promo

Masyarakat akan semakin antusias terhadap iklan yang ditayangkan bila melihat adanya promo. Kalau menampilkan promo, tidak harus dilakuan secara terus menerus selama kalian melangsungkan bisnis. Pilihan promo dapat kalian hidupkan ketika memang sedang ada penawaran, dan mematikannya ketika tidak ada promo.

Sekian informasi terkait biaya iklan di instagram, biaya iklan di instagram 2021, dan cara beriklan di instagram pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah disampaikan dapat menambah wawasan kalian. Semoga kalian sehat selalu, dan sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya. See ya!

Related posts