Biaya Fakultas Hukum UGM

Biaya Fakultas Hukum UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang diidamkan banyak orang, mereka selalu menawarkan biaya fakultas hukum UGM maupun jurusan lain yang menyita perhatian banyak orang.

PTN terbaik dan terbesar yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini dikenal sebagai lembaga pendidikan yang menghadirkan beragam jenjang mulai dari Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3) untuk para perantau yang ingin menempuh pendidikan tinggi di sana.

Kamu harus tahu kalau biaya kuliah UGM melalui program studi atau jurusan baik dalam bentuk biaya pendidikan, uang kuliah tunggal maupun uang pangkal.

Selain itu, UGM sudah memberlakukan sistem pembayaran kuliah baik dari jalur SBMPTN, SNMPTN, jalur ujian mandiri maupun jalur prestasi sebenarnya menerapkan sistem biaya kuliah UGM dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal) sejak tahun ajaran 2013, sedangkan hal ini sudah disepakati semua pihak yang terkait.

UGM tidak pernah berhenti menarik perhatian para pelancong dari seluruh nusantara yang ingin mengenyam pendidikan lebih tinggi di Yogyakarta. Apabila kalian sedang berencana kuliah di sana, nama PTN ini pasti terlintas dalam benak kalian.

UGM menerapkan sistem pembayaran kuliah dengan UKT untuk semua jurusan sesuai jenjang pendidikannya masing-masing. Tak hanya itu, setiap bagiannya memiliki nominal berbeda sesuai jurusan yang kamu pilih.

Biaya Fakultas Hukum UGM

Biaya Fakultas Hukum UGM
Biaya Fakultas Hukum UGM

Universitas Gadjah Mada menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik dan terkemuka di Yogyakarta maupun tanah air. Hal ini dikarenakan banyak orang ingin sekali menempuh pendidikan lanjutan ke level lebih tinggi dengan bergabung sebagai calon mahasiswa/i barunya.

Terkait:  Biaya Layanan Kartu Kredit Blibli

Tak hanya itu, jurusan hukum menjadi salah satu fakultas yang sedang menjadi sorotan karena mempunyai berbagai macam prospek menarik dan menjanjikan untuk setiap peminatnya.

Hukum UGM termasuk salah satu jurusan yang paling diminati sampai sekarang. Bagaimana tidak, banyak orang rela menghabiskan uang untuk menempuh pendidikan demi mengejar cita-cita dari fakultas hukum di sana.

Walaupun dana yang harus kalian keluarkan tidak sedikit, namun para alumni fakultas hukum UGM mengklaim mayoritas lulusannya memiliki masa depan cerah dengan prospek kerja menjanjikan sejak awal menyandang gelar S.H di belakang nama mereka masing-masing.

Biaya Fakultas Hukum UGM, Jurusan Terbaik dari PTN Favorit

Tak sedikit calon mahasiswa/i seperti kalian bakal bertanya berapa biaya fakultas hukum UGM terbaru. Kendati demikian, nominalnya menyesuaikan dengan golongan UKT yang sudah diresmikan para petinggi UGM.

Kalian tidak bisa menawarkan mengingat UGM termasuk PTN ternama yang menghasilkan lulusan berkualitas dengan menempuh pendidikan hukum dengan jaminan prospek masa depan cerah. Berikut informasi lengkap soal fakultas hukum UGM, yaitu :

Apa Itu UKT?

Uang Kuliah Tunggal (UKT) adalah sistem pembayaran atau biaya kuliah UGM yang harus luas per semester sesuai jumlah penghasilan orang tua dari mahasiswa masing-masing. Sistem UKT ini adalah subsidi silam, serta memaksimalkan potensi mahasiswa tanpa menganggu kehidupan ekonomi keluarganya.

Apabila penghasilan orang tuanya rendah, maka nilai UKT bakal lebih rendah dan bila pendapatan orang tua kalian cukup tinggi, angka UKT nya dipastikan semakin naik.

Apabila mahasiswa semakin cepat lulus maka biaya kuliah nya pun jauh lebih murah. Dengan biaya kuliah UGM sistem UKT diharapkan mampu menghasilkan pemerataan biaya kuliah bakal semakin terjangkau untuk para orang tua yang tidak mampu secara finansial.

Terkait:  Biaya Administrasi Mandiri

Di sisi lain UKT juga ditentukan sesuai penghasilan orang tua atau wali mahasiswa per bulannya, luas tanah, banyak kendaraan pribadi dan aspek lainnya yang termasuk ke dalam aset kepemilikannya masing-masing. UGM pun memasang biaya pendaftaran sebesar Rp.750,000 per orang nya.

Pembagian Golongan UKT untuk Jenjang S1 UGM

Golongan UKT Golongan Penghasilan
UKT 0 Peserta Beasiswa Bidikmisi
UKT 1 < Rp.500,000
UKT 2 Rp.500,000 s/d Rp.2,000,000
UKT 3 Rp.2,000,000 s/d Rp.3,500,000
UKT 4 Rp.3,500,000 s/d Rp.5,000,000
UKT 5 Rp.5,000,000 s/d Rp.10,000,000
UKT 6 Rp.10,000,000 s/d Rp.20,000,000
UKT 7 Rp.20,000,000 s/d Rp.30,000,000
UKT 8 > Rp.30,000,000

Daftar Biaya Fakultas Hukum S1 UGM

Golongan UKT Biaya Kuliah
UKT 0 Bidikmisi (Rp.0,00)
UKT 1 Rp.500,000
UKT 2 Rp.1,000,000
UKT 3 Rp.2,500,000
UKT 4 Rp.4,300,000
UKT 5 Rp.5,600,000
UKT 6 Rp.6,750,000
UKT 7 Rp.8,000,000
UKT 8 Rp.10,000,000

Kenali Fakultas Hukum UGM

UGM termasuk salah satu PTN terbaik di Indonesia yang menghadirkan berbagai macam jurusan dengan prospek menjanjikan, termasuk hukum. Dalam ilmu hukum, kalian juga bakal tahu dan belajar mengenai perundang-undangan seperti berikut :

  • Konstitusi.
  • Hukum Dagang.
  • Hukum Perdata.
  • Tata Negara.
  • Hukum Tata Pidana.
  • Hukum Pidana

Apabila kalian berkuliah jurusan hukum, kalian juga bakal memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru seperti berpikir kritis, kemampuan menghafal, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan berpikir logis, komunikatif, kemampuan menganalisis sampai kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas. Hal ini dikarenakan fakultas hukum merupakan salah satu jurusan yang mencerak SDM unggul dan dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat.

Kenapa Harus Pilih Ilmu Hukum?

Kalian pasti bertanya mengapa ilmu hukum, terutama fakultas hukum UGM harus ditempuh sesuai batas waktu belajar yang ditentukan. Pasalnya, kalian punya peluang untuk berkarir dengan jaringan luas.

Hal ini dikarenakan tidak hanya perusahaan melainkan nyaris semua instansi pemerintah butuh ahli hukum. Lulusannya juga berpotensi terlibat dalam pengkajian peraturan maupun perundang-undangan negara dalam mengatur sistem hukum negara yang berlaku.

Terkait:  Biaya Buka Rekening BCA Xpresi

Tak mustahil semua lulusan hukum berkesempatan membuka kantornya sendiri seperti notaris, kantor firma hukum sampai PPAT. Kalian juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk merekang yang punya keahlian serupa untuk bekerja sama dengan kalian.

Kamu juga berpotensi untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana (S2). Umumnya perguruan tinggi bakal membuka kuota penerimaan mahasiswa baru sesuai jurusan ini, sedangkan kesempatan kamu menempuh pendidikan tinggi semakin besar.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Hukum

Secara umum seorang alumni fakultas hukum PTN seperti UGM berkesempatan berkarir pada jabatan penting, seperti hakim yang bertugas memimpin jalannya persidangan untuk mengambil keputusan akhir soal hukuman atas pihak yang dituntut.

Kamu juga bisa menjadi seorang jaksa alias pengacara negara yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jaksa punya tugas penting sebagai penuntut maupun Jaksa Penuntut Umum dalam melaksanakan putusan pengadilan sesuai aturan hukum pidana.

Kamu juga bisa bekerja sebagai seorang pengacara. Seperti kalian ketahui beberapa pengacara kondang tanah air sering mendapat bayaran fantastis dalam menangani sebuah kasus.

Apabila namamu populer dan lihai dalam menyelesaikan semua masalah milik klien, tak mustahil harga yang kamu pasang mampu mencapai ratusan juta rupiah. Lulusan fakultas hukum pun berpeluang menjadi seorang notaris, staf legal sampai staf kementerian yang nasibnya tidak diragukan lagi.

Demikian pembahasan mengenai biaya fakultas hukum UGM dan alasan para calon mahasiswa memilih jurusan tersebut. UGM termasuk PTN yang menyebarkan semua lulusan fakultas hukum terbaik nya ke seluruh lembaga pemerintahan Indonesia.

Kamu bisa menjadi salah satu bagian dari ratusan mahasiswa/u fakultas hukum dengan mengakses situs resmi Fakultas Hukum UGM via https:///www.law.ugm.ac.id/ atau [email protected] (email).

Pilihan 10 Artikel Terbaru Untukmu:

» Biaya Endorse Artis
» Biaya Endorse Selebgram
» Biaya Fakultas Hukum UGM
» Biaya Facial Wajah
» Biaya Administrasi Tabungan BRI
» Biaya Facial di Erha Skin
» Biaya Administrasi Transfer Lewat Alfamart
» Biaya Hidup di Bandung
» Biaya Administrasi CIMB Niaga
» Biaya Administrasi Britama X

Similar Posts