Home » Biaya » Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Beberapa orang tidak tahu berapa biaya dokter gigi di puskesmas. Hal ini dikarenakan sebagian besar pihak bahkan kalian sendiri lebih sering datang ke klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif dengan penanganan lebih pasti.

Puskesmas sering dinilai tidak efektif karena menyediakan peralatan medis seadanya untuk setiap pasien yang datang, namun sebenarnya kinerja tenaga medis di sana tidak kalah bagus seperti mereka yang bekerja di rumah sakit.

Masyarakat Indonesia sering menganggap puskesmas tidak punya kualitas yang sama dengan rumah sakit dari berbagai macam poli, termasuk poli gigi.

Akan tetapi, seiring berjalan waktu rupanya pemikiran tersebut mulai hilang karena penanganan tenaga medis di puskesmas untuk tambal gigi, cabut gigi sampai membersihkan karang gigi (scaling) terbilang efektif. Hasil penanganannya juga bagus dan kerap mendapat review positif dari masyarakat luas.

Biasanya orang-orang tidak percaya bahkan takut mengandalkan dokter gigi di puskesmas karena harganya relatif murah. Nominal yang ditawarkan membuat banyak orang mengklaim pelayanan yang diberikan tidak maksimal bahkan asal-asalan.

Padahal, sebagian besar dokter gigi di puskesmas justru ditugaskan sesuai prosedur dan standar kedokteran yang sudah ditetapkan. Tak hanya itu, mereka bukan dokter sembarangan karena kemampuannya sama seperti tenaga medis di klinik maupun rumah sakit.

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas

Walaupun biaya dokter gigi di puskesmas terbilang murah, namun kualitasnya sama seperti penanganan tenaga medis di rumah sakit. Hal ini dikarenakan Pemerintah Indonesia memang sudah mengalokasikan dana subsidi cukup besar untuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di seluruh Indonesia.

Tak berbeda dengan rumah sakit, perawatan gigi di puskesmas juga punya fasilitas maupun perawatan medis yang tergolong bagus dan lengkap. Di samping itu, harga penanganan di puskesmas memang terbilang terjangkau. Akan tetapi, nominalnya akan selalu berbeda di setiap wilayah di seluruh Indonesia.

Hal ini dikarenakan setiap puskesmas memiliki kebijakannya masing-masing. Apabila kamu penasaran, maka kami bisa membantu kalian untuk mengulas informasi soal harga dokter gigi di puskemas yang diklaim murah oleh sebagian besar masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah.

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas, Gigi Sehat dengan Harga Murah

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang punya peran vital, lantaran gigi sehat dan kuat membuat kalian bisa mengonsumsi makanan atau minuman apa saja dengan nikmat. Namun, masalah gigi yang dibiarkan justru membuat kamu tidak bisa menikmati semua makanan atau minuman dengan enak.

Kalian bisa memanfaatkan dokter gigi di puskesmas bila tidak punya budget atau waktu cukup untuk datang ke rumah sakit. Berikut merupakan informasi soal biaya dokter gigi di puskesmas, yakni :

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas Terbaru

Puskesmas & WilayahJenis PerawatanHarga Perawatan
Trucuk II (Klaten)Cabut Gigi SusuRp.10,000 / Gigi
Cabut Gigi TetapRp.15,000 / Gigi
Cabut Gigi KomplikasiRp.20,000 / Gigi
Pembersihan Karang GigiRp.25,000 / Rahang
Perawatan Saraf GigiRp.7,500 / Kunjungan
Tambal Gigi TetapRp.12,500 / Gigi
Tambal Gigi SementaraRp.8,000 / Gigi
Bareng (Malang)Tambal Gigi SementaraRp.17,500  / Gigi
Tambal Gigi TetapRp.70,000 / Gigi
Pembersihan Karang GigiRp.50,000 / Rahang
Cabut Gigi TetapRp.32,500 / Gigi
Cabut Gigi KomplikasiRp.100,000 / Gigi
Cabut Gigi Susu Tanpa SuntikRp.17,500 / Gigi
Cabut Gigi Susu dengan SuntikRp.22,500 / Gigi
Dinoyo (Malang)Pembersihan Karang GigiRp.50,000 / Rahang
Cabut Gigi Susu Tanpa SuntikRp.15,000 / Gigi
Tambal Gigi Tetap (Amalgam)Rp.50,000 / Gigi
Tambal Gigi PermanenRp.72,500 / Gigi
Tambal Gigi dengan Perawatan SarafRp.17,500 / Gigi
BantulTumpatan Komposit Light Cured (Kecil)Rp.22,500
Tumpatan Komposit Light Cured (Sedang)Rp.40,000
Tumpatan Komposit Light Cured (Besar)Rp.47,500
Tumpatan AmalgamRp.20,000 / Gigi
Tumpatan GIC 1 PermukaanRp.25,000 / Gigi
Tuumpatan GIC 2 PermukaanRp.25,000 / Gigi
Tumpatan GIC > 2 PermukaanRp.25,000 / Gigi

Biaya Dokter Gigi di Puskesmas Jakarta

Apabila kamu berdomisili di DKI Jakarta, kalian bisa memeriksa kesehatan gigi ke beberapa puskesmas terdekat di wilayah masing-masing. Biasanya sebagian besar puskesmas ibukota selalu memasang harga perawatan gigi mulai dari Rp.50,000 sampai Rp.100,000.

Akan tetapi, setiap puskesmas di Jakarta mempunyai batas harga minimum penanganan gigi berdasarkan alat sampai fasilitas yang diberikan kepada pasiennya masing-masing. Harga tersebut kami anggap murah untuk standar kesehatan di ibukota.

Peraturan Daerah untuk Dokter Gigi di Puskesmas

Beberapa puskesmas di Tanah Air tidak pernah sembarangan memasang harga penanganan dan perawatan gigi untuk semua pasiennya. Pasalnya, kalian harus tahu bahwa beberapa fasilitas kesehatan tingkat satu seperti puskesmas punya peraturan daerah (perda) yang mengatur fasilitas sampai harga dokter gigi yang ada.

Contohnya adalah Puskesmas Dinoyo | Malang masih berpacu pada Peraturan Walikota Malang No,52 Tahun 2019, sementara Puskesmas di Bantul mengarah ke Peraturan Bupati Bantul No.45 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Bantul No.49 Tahun 2016.

Kapan Harus Periksa Gigi ke Puskesmas?

Pertanyaan ini sebenarnya tidak bisa kita jawab secara spontan karena masalah kesehatan gigi dan mulut bisa menyerang siapa saja, dimana saja serta kapan saja. Akan tetapi, kalian harus segera datang langsung ke dokter gigi di puskesmas setelah merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan atau minuman.

Andaikan kalian merasa gigi berlubang bahkan goyang, jangan didiamkan dan pergilah ke puskesmas terdekat untuk menemui dokter gigi yang bertugas di sana. Biasanya dokter gigi selalu berada pada jam-jam tertentu sesuai hari kerjanya masing-masing.

Kalian bisa datang pada hari Senin s/d Jumat selama momennya tidak bertepatan dengan hari libur atau tanggal merah. Hal ini dikarenakan setiap pasien yang ingin periksa kesehatan apapun, termasuk periksa gigi hanya diterima pada hari kerja saja mulai pkl.07:00 s/d 14:00 WIB. Namun, jadwal bisa berbeda sesuai puskesmas terdekat di wilayah kalian masing-masing.

Kamu harus segera melunasi biaya pendaftaran sesuai keluhan yang disampaikan sesuai harga berlaku. Seandainya kamu berdomisili berdasarkan tabel yang kami sampaikan di atas, pastikan kalian siapkan biaya dokter gigi di puskesmas sesuai jenis pemeriksaannya.

Berapa Lama Periksa Gigi di Puskesmas?

Biasanya seorang pasien yang ingin memeriksa kesehatan gigi dan mulut di puskesmas tidak perlu menghabiskan waktu lama, apalagi sampai berjam-jam. Namun, semuanya kembali lagi pada jumlah pasien yang merujuk pada dokter gigi di puskesmas terkait.

Hal ini dikarenakan seorang tenaga medis poli gigi yang bekerja di puskesmas akan habiskan waktu minimal sekitar 15 menit untuk menangani satu orang pasien, sedangkan durasi tersebut terbilang cepat.

Demikian penjelasan seputar biaya dokter gigi di puskesmas yang harus kalian tahu, sedangkan penanganannya tidak kalah bagus dengan beberapa tenaga ahli seprofesi di rumah sakit.

Jangan sampai kamu menahan rasa sakit pada rongga gigi dan mulut hanya demi mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Pasalnya, dokter gigi di puskesmas juga punya standar kerja bagus dengan menggunakan alat pemeriksaa berkualitas tinggi dan modern.

Pilihan 10 Artikel yang Direkomendasikan:

Pengertian Biaya Deposit
Biaya Administrasi Mobile Banking BRI
Biaya Deposit Indihome
Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar
Biaya Administrasi Pegadaian
Biaya Dokter Gigi di Puskesmas
Biaya Balik Nama Rumah Di Notaris
Biaya Administrasi Bank BCA
Biaya Dokter Gigi Anak
Biaya di Klinik Lamina