Home » Review Kelebihan dan Kekurangan » Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A2 itu apa saja sih? Sudah taukah kamu bahwa vendor Xiaomi tengah mempersiapkan Android One terbaru mereka untuk disaingkan dengan kelas menengah kategori smartphone berkamera double.

Xiaomi Mi A2 ini telah dibekali konfigurasi dual kamera, tetapi ditawarkan dengan harga yang kompetitif untuk bersaing dengan lini produk smartphone Samsung dan smartphone OPPO yang telah membawa kamera ganda sebagai andalan mereka.

Sebelum menginjak seberapa banyak keunggulan dan kelemahan yang dimiliki Xiaomi Mi A2 ini, mari kita simak terlebih dahulu apa saja spesifikasi yang dibawai oleh Xiaomi Mi A2 dengan fitur lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

Rilis : Juli 2018
Ukuran Layar: 5.99 inci
Tipe Layar: LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU: Adreno 512
OS: Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie)
Internal:

  • 32GB 4GB RAM
  • 64GB 4GB RAM
  • 128GB 6GB RAM

Eksternal: Tidak Ada
Kamera Utama: Dual Camera

  • 12 MP, f/1.8, 1/2.9″, 1.25µm
  • 20 MP, f/1.8, 1/2.8″, 1.0µm, PDAF

Kamera Depan: 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3″, 0.9µm
Baterai: Li-Po 3000 mAh (Fast battery charging 18W (Quick Charge 3))

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A2

Nah, kali ini kita akan ulas mengenai apa saja kekurangan dan kelebihan smartphone satu ini. Yukk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Kelebihan Xiaomi Mi A2

Untuk pertama kalinya, mari kita ulas terlebih dahulu tentang apa saja keunggulan dari Xiaomi Mi A2 berikut ini.

1. Kamera yang Sangat Mumpuni

Kamera Xiaomi Mi A2

Dengan dua kamera 12 MP dan 20 MP pada kamera belakang. Kamera smartphone ini dapat memberikan efek bokeh dan hasil gambar yang jernih. Walaupun ponsel ini berasal dari China, smartphone ini telah menyematkan mode low-light yang telah digabungkan 4 pixel menjadi satu. Sehingga hasil foto dalam keadaan gelap sekalipun, kamera ponsel ini tetap tajam.

2. Kualitas Layar yang Bagus

Memang kualitas layar pada smartphone ini tak perlu diragukan lagi, meski belum menggunakan 4K. Namun, layar yang full HD dan memberikan warna vibrant dan jernih. Tak hanya itu, smartphone ini lebih sensible dan memiliki rasio layar yang besar. Rasio layar yang dimiliki ponsel ini sebesar 18:9 dan bentang layar 5,99 inci.

3. Desain Body yang Tipis

Walau smartphone ini hanya dibekali ukuran layar 5,99 inci, tetapi memiliki dimensi yang memang cukup tipis hanya7,3 mm. Dan smartphone ini memang di desain seelegan mungkin untuk pengguna.

4. Peforma yang Optimal

Mungkin kalian berpikir bahwa hanya OS yang sudah menggunakan Android 8.1 tanpa kustomisasi tambahan. Selain itu, chipset yang digunakan merupakan Snapdragon 660 dengan Kyro 260 yang memiliki peforma yang serupa dengan Snapdragon 820, akan tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. Smartphone ini juga telah dilengkapi dengan pilihan RAM yang besar sekitar 4GB dan 6GB untuk ponsel harga 3jutaan.

5. Fast Battery Charging 18W (Quick Charge 3)

Smartphone brand satu ini telah menghadirkan fitur Quick Charge 3.0, sehingga kalian sangat cepat dalam mencharge ponsel ini. Tidak hanya itu, ponsel satu ini dilengkapi port USB type C sehingga pemilik ponsel ini dapat mentransfer data yang lebih efisien.

Kekurangan Xiaomi Mi A2

Selain banyak memiliki kelebihan, Xiaomi Mi A2 juga masih meninggalkan beberapa kekurangannya yang diantaranya bisa disimak pada bagan berikut ini.

1. Tanpa Audio Jack

Salah satu kekurangan smartphone ini adalah tanpa adanya audio jack. Brand satu ini telah menghilangkan audio jack 3.0. Hal ini memang cukup merepotkan, karena kalian memang harus membawa sambungan kemanapun kalian berpergian atau mengubah posisi.

2. Hilangnya NFC

NFC atau biasa disebut dengan Near Field Communication pun telah dihilangkan dari smartphone ini, sehingga para oengguna sudah tidak bisa melakukan pembayaran secara digital. Jadi memang cukup merepotkan jika pengguna ingin mengecek saldo langsung dari ponsel.

3. Kapasitas Baterai Kurang Besar

Walaupun smartphone ini di desain secara elegan, tapi kapasitas baterai pada
smartphone ini memang tidak besar. Ponsel ini hanya dapat menampung kapasitas baterai 3000 mAh, sehingga hanya dapat bertahan paling lama 5-8 jam.

4. Kualitas Video Tidak Maksimal

Sangat disayangkan dari smartphone ini adalah kualitas video yang kurang bagus. Meski hasil video yang dihasilkan cenderung stabil, namun kualitas warna yang kurang menangkap warna asli dengan baik, dengan hasil rekaman yang kurang jelas dan terkesan banyak noise.

5. Tanpa Memori Eksternal

Meski ponsel ini telah dilengkapi dengan ROM 32GB, 64GB, hingga 128GB kalian tidak akan dapat mengekpansi penyimpanan yang telah kalian miliki. Mengapa seperti itu ? sebab brand ini tidak menyediakan slot kartu microSD. Oleh karena itu kalian harus pandai dalam membeli smartphone dan berapa ROM yang sesuai dengan kebutuhan.

6. Harga Cukup Mahal

Mungkin bagi yang belum tau berapa sih harga Xiaomi Mi A2 ini? Kamu akan terkagum dan terheran dengan harga yang ditawarkannya lur. Xiaomi Mi A2 dibanderol dengan harga kisaran Rp 3 jutaan dengan spek yang bisa dibilang sangat minim fitur.

Demikian ulasan mengenai beragam kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A2 secara lengkap dan mendetail, semoga tulisan ini lebih bermanfaat bagi para sedulur online yang telah setia mengunjungi artikel di website Pindah Lubang ini. Jangan lupa bagikan/share artikel ini dengan teman-temanmu juga ya lur!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *