Biaya Buat Dapur Type 36

  • Whatsapp

Walaupun rumah minimalis terkesan sempit, namun kamu bisa memberi sedikit sentuhan pada ruangan tertentu seperti dapur. Bagaimana tidak, biaya buat dapur type 36 sebenarnya hanya menghabiskan budget di bawah Rp.10 juta.

Kalian bisa melakukan renovasi dapur rumah minimalis maupun subsidi kendati dananya sangat terbatas. Secara umum dapur punya fungsi vital lantaran setiap penghuni rumah akan selalu menempatinya untuk memasak terus menerus.

Seandainya kalian bingung terhadap konsep dapurnya, silakan mencari referensi terbaik pada internet yang menampilkan berbagai macam tampilan dapur type 36 modern. Kalian pasti terkejut bahwa konsepnya tidak menghabiskan anggaran besar bahkan bisa diwujudkan hanya dengan uang sebesar Rp.5 juta.

Meski begitu, semuanya bergantung pada luas dapur dan material apa saja yang bakal digunakan, serta biaya tak terduga yang mungkin saja kamu butuhkan.

Kalian sebenarnya mampu menekan biaya pembuatan dapur type 36 secara efektif. Kamu perlu mengusung rencana anggaran dana pembangunannya secara jelas dan rinci, serta menentukan bahan material apa saja yang akan digunakan.

Di samping itu, kalian harus memperhatikan jasa tukang bangunan dengan estimasi waktu pengerjaan sesuai budget yang dimiliki saat ini. Pastikan rencana pembuatan dapur modern type 36 sesuai dengan ekspektasi kalian.

Biaya Buat Dapur Type 36

Biaya Buat Dapur Type 36
Biaya Buat Dapur Type 36

Apabila kamu sudah menemukan konsep dapur type 36, maka kalian bisa membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) terlebih dahulu. Biasanya pembangunan dapur minimalis untuk rumah subsidi seperti hunian yang kalian tempati tidak akan menguras dompet terlalu dalam.

Terkait:  Biaya Cat Mobil Baret

Kalian cukup menyiapkan dana maksimal Rp.10 juta untuk merenovasi dapur, sedangkan uang tersebut kemungkinan masih tersisa beberapa persen sesuai perencanaan kalian sejak awal.

Kami akan membantu kalian dalam menyusun rencana anggaran pembiayaan membuat dapur minimalis type 36. Kami pun bakal menguraikan beberapa hal penting terhadap pembangunan dapur modern bagi rumah kalian.

Pasalnya, banyak poin yang harus diperhatikan baik sebelum maupun sesudah perancangannya. Tujuannya supaya kalian bisa meminimalisir penggunaan biaya dan waktu membuat dapur type 36 sehingga dapat dipakai setiap hari.

Biaya Buat Dapur Type 36, Konsep Cantik dengan Dana Minim

Untuk mewujudkan impian mempunyai dapur minimalis type 36, kalian hanya perlu mengikuti dan menyimak pembahasan ini sampai akhir. Kami akan menjabarkan setiap poin penting soal apa saja yang harus dilakukan dalam pembuatan dapur type 36.

Di samping itu, kami juga bakal memberi RAB sederhana terhadap merancang konsep dapur bagi rumah kalian saat ini. Berikut merupakan poin-poin penting yang harus kamu perhatikan dengan baik, yaitu :

Prioritaskan Cat Dinding dan Kabinet Dapur

Jika budget kalian terbatas, disarankan memprioritaskan mengecat dinding dan kabinet dapur terlebih dahulu. Apabila dua bidang tersebut mampu dimodifikasi secara maksimal, maka kamu bisa melihat perbedaan signifikan pada dapur kalian.

Pilih warna dinding yang mampu mengubah mood setiap orang speerti abu-abu, putih maupun krem. Kalian bisa membeli cat dinding harga murah seandainya membutuhkan lebih banyak untuk diaplikasikan pada objek lain agar senada.

Perhatikan Aksesoris dan Perkakas Dapur

Gantilah beberapa aksesoris maupun perkakas dapur yang sudah tidak layak pakai bahkan harus dibuang. Tak mustahil tampilan dapur rumahmu akan semakin estetik dan menarik dengan perkakas baru yang warnanya sama.

Terkait:  Biaya Fogging Mobil

Untuk meningkatkan kesan cantik dan elegan, tambahkan pernak-pernik dekorasi di sekitar dapur sehingga desainnya dapat menampilkan aura positif dan menawan. Kalian pun semakin betah dan nyaman memasak lebih lama di sana.

Terapkan Sistem Penerangan yang Baik

Walaupun dapur type 36 hanya mempunyai luas minim, namun keberadaannya akan terlihat indah dan menarik bila kamu mampu menerapkan sistem penerangan yang baik. Tidak salah menambahkan beberapa lampu bertegangan standar agar dapur dapat terlihat cerah.

Selain itu, dapur yang gelap akan mengganggu kalian selama proses memasak berlangsung. Intensitas cahaya yang menyebar akan membuat dapur minimalis semakin cantik dan nyaman dipandang.

Gunakan Stiker Menarik

Jangan menghabiskan uang secara percuma untuk mengganti keramik dengan yang baru. Kamu bisa menggunakan stiker menarik sehingga mood memasak semakin meningkat. Pilih stiker bermotif lucu dengan warna senada bersama konsep dapur type 36.

Gunakan stiker bergambar abstrak seperti keramik 3D maupun garis-garis halus untuk meninggalkan kesan elegan. Pilih stiker berbahan dasar vinyl supaya kamu bisa membersihkannya dengan cepat dan mudah.

Sediakan Cooker Hood

Abila dapur type 36 di rumah kalian punya kapasitas minim dengan sistem ventilasi udara kurang terbuka, tambahkan cooker hood dengan memisahkan anggaran khusus untuk bagian tersebut.

Dapur minimalis juga bisa menggunakan cooker hood untuk menyedot udara hasil masakan yang sudah dihidangkan sehingga dapat keluar dari atap rumah secara otomatis. Kamu bisa meletakkan di sekitar kompor, sedangkan asap masakan tidak akan membuat dapur menjadi pengap.

Tata Perkakas dan Aksesoris yang Benar

Keberhasilan pembangunan dapur minimalis bertipe 36 adalah penataan aksesoris dan perkakas dengan benar. Hindari penyimpanan benda-benda sembarangan sehingga terhindar dari anak-anak seperti pisau, piring dan lainnya.

Kamu bisa menambah rak kecil untuk meletakkan beberapa perkakas penting yang selalu digunakan memasak. Tambahkan satu meja di dekat wastafel agar akses memasak semakin mudah dan kamu dapat menjangkau aksesoris lain.

Terkait:  Biaya Admin Jenius

Contoh RAB Buat Dapur Type 36

  • Bata Ringan @ 2 Kubik = Rp.1,400,000.
  • Semen Khusus Bata Ringan @ 2 Sak = Rp.120,000.
  • Kayu untuk Atap Genteng = Rp.300,000.
  • Genteng @ 300 pcs = Rp.600,000.
  • Keramik @ 10 dus = Rp.450,000.
  • Semen untuk Keramik = Rp.120,000.
  • Pasir = Rp.200,000.
  • Upah Pekerja = Rp.1,500,000.
  • Lainnya = Rp.50,000.

Jumlah Keseluruhan = Rp.4,740,000.

Perhitungan membuat dapur minimalis type 36 di atas terbilang murah, bukan? Kamu harus menargetkan estimasi waktu pembangunannya tidak lebih dari 2-3 hari. Hal ini dikarenakan dapur minimalis tidak memakan ruang besar, sedangkan perancangannya juga cepat dan instan.

Oleh karena itu, pastikan hasil perhitungan di atas sesuai dengan rancangan akhir pembuatan desain dapur minimalis. Kamu bisa menyiapkan budget sebesar Rp.5 juta untuk menutupi biaya tak terduga lainnya.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Buat Dapur Type 36

Jika pembangunan dapur type 36 sudah selesai, rapikan semua aksesoris maupun perkakas dapur dengan baik dan benar. Jangan pernah meletakkan pada area yang mudah dijangkau anak-anak supaya mereka bisa terhindar dari cedera.

Kamu bisa menutup lemari dapur alias kitchen set dengan gordyn berwarna senada dengan konsep dapur. Hal ini ditujukan supaya anak kecil tidak bisa membuka lemari yang berisi peralatan dapur sehingga tidak rusak bahkan hancur.

Sekian informasi tentang biaya buat dapur type 36 beserta contoh RAB lengkapnya. Di sisi lain kalian bisa mengusung konsep atau tema dapur cantik dan menarik lainnya yang bisa dicari lewat internet.

Jangan pernah menerapkan desain terlalu ramai lantaran ukuran dapur tidak terlalu luas, sehingga menimbulkan kesan pengap saat memasak. Untuk menambah kesan luas dan nyaman, terapkan warna putih dengan memberi sedikit aksesoris kecil dalam menyempurnakan tampilan dapur di rumah.

Related posts