Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Barangkali kalian selalu mengira pemakaian mesin cuci satu dan dua tabung sama saja. Padahal, kalian tidak tahu bahwa keduanya berbeda, sedangkan cara merawat mesin cuci 2 tabung tidak boleh dilakukan sembarangan.

Hal ini dikarenakan peralatan rumah tangga tersebut bersifat semi primer, sedangkan hampir semua orang sudah mempunyainya di rumah masing-masing. Tak hanya itu, orang-orang yang mempunyai mesin cuci 2 tabung mungkin pernah menemukan masalah yang disebabkan dirinya sendiri.

Kalian pasti tahu perbedaan mesin cuci satu dan dua tabung terlihat sangat signifikan. Bagaimana tidak, pemakaian mesin cuci 2 tabung lebih sering digunakan orang-orang yang mengedepankan mode pencucian manual, sedangkan jenis lainnya (satu tabung) menerapkan sistem otomatis.

Maka dari itu, pemakaian mesin cuci 2 tabung masih menjadi primadona di Indonesia, karena siapapun bisa menentukan dan mengatur durasi sampai jumlah kapasitas pencucian sesuai kebutuhan sekaligus kemampuan masing-masing.

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung
Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung

Secara umum mesin cuci 2 tabung merupakan salah satu peralatan elektronik pilihan sebagian besar masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan kalian berhak menentukan durasi pencucian sampai kapasitas pakaian yang akan dibersihkan.

Kamu bisa melihat perbedaan kontras antara mesin cuci 1 pintu dan 2 pintu dari jumlah bobot pakaian yang bakal dicuci. Pasalnya, mesin cuci 2 pintu cenderung mempunyai kapasitas lebih besar, bahkan mencapai 10-12 kg sehingga kamu dapat mencuci pakaian lebih banyak.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus

Sementara itu, mesin cuci 2 pintu memudahkan siapapun dalam mencuci dan mengeringkan pakaian karena keberadaannya mempunyai dua tabung berbeda, yakni mencuci dan mengeringkan semua jenis pakaian dalam satu mesin yang sama.

Meski demikian, kalian tidak boleh memakai mesin cuci sembarangan bila tidak tahu prosedurnya. Siapapun harus tahu cara merawat mesin cuci 2 tabung dengan baik, sehingga kalian dapat menyelesaikan tumpukan cucian kotor dengan hasil cucian yang maksimal.

Cara Merawat Mesin Cuci 2 Tabung Supaya Tidak Cepat Rusak

Barangkali kalian belum tahu cara merawat mesin cuci 2 tabung yang benar, kami akan beritahu semua jawabannya melalui pembahasan ini. Kalian hanya perlu mengikuti dan menyimak semuanya supaya bisa merawatnya dengan baik selama menggunakannya di rumah.

Pasalnya, pemakaian mesin cuci yang benar bakal memperpanjang usia penggunaannya. Jangan heran mesin cuci 2 tabung di rumah kalian bisa bertahan sampai bertahun-tahun, serta terhindar dari risiko kerusakan apapun meski dipakai setiap hari.

Bersihkan Sisa Detergen Sesudah Mencuci Pakaian

Kalian seringkali meremehkan bahwa mengabaikan sisa-sisa detergen di dalam mesin cuci sesudah mencuci pakaian. Apabila dibiarkan dalam kurun waktu yang lama, risikonya adalah timbul karat dan kerak pada bagian-bagian tertentu dalam mesin cuci.

Sebaiknya kalian membersihkan sisa-sisa detergen di dalam maupun luar mesin cuci. Tujuannya supaya kamu bisa menghindari karat akibat kandungan bahan kimia yang terkandung pada sisa detergennya, sehingga mesin cuci dapat dipakai lebih lama.

Bersihkan dalam Mesin Cuci dengan Pemutih

Secara umum mesin cuci (khususnya bagian dalam) akan mengalami perubahan warna seperti menguning karena menumpuknya sisa kotoran akibat pencucian seluruh jenis pakaian. Oleh sebab itu, kalian bisa membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan menggunakan pemutih.

Terkait:  Cara Merawat Bunga Krisan

Tuangkan air sampai bagian menguningnya terendam. Gunakan cairan pemutih secukupnya dan putar mesin cuci hingga zat pemutih tercampur dengan air secara merata. Biarkan sampai nodanya terangkat dan bilas dengan air sampai bersih.

Gunakan Baking Soda dan Cuka

Kamu bisa mengikuti tutorial sebelumnya dengan menggunakan bahan berbeda, yakni baking soda dan cuka. Caranya adalah tuangkan air panas ke dalam mesin cuci, khususnya ke area yang menguning dan tambahkan baking soda atau larutan cuka secukupnya.

Gunanya supaya sisa-sisa detergen yang menempel dapat hilang dan terangkat dengan sempurna. Jalankan mesin cuci seperti kalian hendak mencuci pakaian, diamkan sekitar 30 menit. Buang air campurannya dan bilas dengan air bersih, bersihkan dengan lap agar tidak lembap.

Ambil Segera Pakaian Sesudah Dicuci

Apabila kalian sudah selesai mencuci pakaian, sebaiknya kalian langsung mengambil semua baju dan celana dari dalam mesin cuci. Hal ini dikarenakan pakaian basah maupun kering yang dibiarkan terlalu lama di dalam mesin cuci bakal mengundang pertumbuhan bakteri dan jamur.

Tak bisa dipungkiri risiko lainnya adalah timbulnya bau kurang sedap walaupun telah diberikan cairan pewangi. Selain itu, dampak buruk penyimpanan pakaian terlalu lama akibat tidak diambil adalah meningkatkan risiko kerusakan mesin cuci.

Buka Penutup Mesin Cuci Sesudah Mencuci Pakaian

Jangan langsung menutup pintu mesin cuci sesudah mencuci pakaian, karena berisiko menimbulkan jamur yang berkembang biak dengan cepat. Tak hanya itu, tingkat kelembapan semakin tinggi karena sisa-sisa air yang belum mengering akibat belum terbuang secara sempurna.

Biarkan penutup mesin cuci tetap terbuka setelah proses pencucian selesai, setidaknya 10-15 menit. Pastikan sisa air sudah menguap dan mengering sebelum ditutup, sehingga dapat mencegah tumbuhnya jamur di dalam mesin cuci.

Terkait:  Cara Merawat Mesin Cuci

Lakukan Pembersihan Besar

Apabila mesin cuci di rumah mempunyai sebuah laci tempat detergen, maka kamu bisa memantau kebersihannya. Kalian harus melepas dan merendamnya dengan memakai air panas supaya kotoran yang menempel bisa terangkat.

Apabila kerak dan kotoran sulit dibersihkan, gunakan karbol dengan campuran air panas untuk mengangkat noda membandel di bagian lacinya. Pastikan pemakaian karbol tidak berlebihan dan manfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan setiap sudut laci sehingga sisa kotoran dapat terangkat sempurna.

Bersihkan Laci dan Selang Mesin Cuci

Biasanya mesin cuci mempunyai laci dan selang yang berguna untuk menyimpan detergen sekaligus membuang air kotor sesudah proses pencucian. Kalian harus membersihkan dua bagian ini secara berkala, sehingga dapat mencegah bakteri dan kotoran tidak menumpuk yang mengakibatkan timbul kerak sulit dihilangkan.

Kamu bisa menggunakan sikat halus dan karbol atau cairan kimia lainnya untuk mengangkat semua kotoran membandel. Bersihkan selang dengan memasukkan air bersih ke dalamnya sambil menggoyangkan sedikit mesin cuci.

Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Untuk menjaga kebersihan mesin cuci agar tetap sempurna, bersihkan juga bagian luarnya dengan membilas sedikit demi sedikit permukaan bodynya dengan benar. Kalian bisa menggunakan waslap atau kain microfiber yang dicampur air panas agar dapat mengangkat semua kotoran.

Kalian bisa melakukannya sesudah mencuci pakaian agar sisa detergen maupun kotoran membandel bisa terangkat dengan sempurna. Pastikan air tidak masuk ke dalam permukaan tombol timer dan kabel.

Perhatikan Ventilasi Pengering

Cara merawat mesin cuci 2 tabung yang terakhir perhatikan ventilasi pada pengering. Guna mencegah kerusakan, pastikan tidak ada sehelai benang pun yang menempel pada ventilasinya. Tujuannya supaya pengering mesin cuci bisa bekerja untuk mengeringkan semua jenis pakaian yang sudah dicuci.

Kalian harus memeriksa bagian ini setelah mencuci baju dan celana, agar dapat memastikan ventilasi dalam keadaan baik. Pastikan kalian mengeringkannya dengan menggunakan waslap kering sehabis mencuci pakaian.

Similar Posts