Cara Bikin Google Form

  • Whatsapp

Kecanggihan teknologi, mendorong masyarakat untuk dapat aktif memahami cara menggunakan beragam fitur yang tersedia. Salah satu contohnya, layanan yang telah disediakan oleh perusahaan Google. Kalian bisa membuat document, sites, drawings, sheet dan lain sebagainya. Sangat pas, buat para pekerja dan pelajar di era modern seperti saat ini.

Fitur-fitur tersebut, merupakan bagian dari rangkaian software berbasis web. Oleh karena itu, jangan heran kalau aksesnya mudah. Terutama, pada layanan Google Forms. Perangkat lunak satu ini, biasanya digunakan untuk keperluan administrasi survei, atau bisa juga untuk absen para siswa. Kalian juga dapat menambahkan Google Docs Editor. Bila dibutuhkan.

Tujuan dari layanan Google Forms, tidak lain adalah untuk proses survei. Siapapun dapat membuatnya selama memiliki akun Gmail. Tidak dipungut biaya sepeserpun. Bisa disebar luaskan juga. Hasil dari surveinya, dapat kalian masukkan datanya kedalam Google sheet. Jadi, tidak perlu bolak balik buka web dan Microsoft Office di waktu bersamaan.

Menariknya lagi, tidak harus dilakukan dengan menggunakan laptop. Pakai Hp juga bisa. Aplikasi tambahanpun tidak dibutuhkan. Cukup memiliki akun Google saja. Prakti dan mudah, bukan? Sharingnya juga jadi lebih cepat. Karena, sudah terhubung langsung dengan beragam pilihan, seperti WA, Line, dan sebagainya. Berikut, cara bikin Google Form.

Cara Bikin Google Form

Cara Bikin Google Form
Cara Bikin Google Form

Google Formulir

Analisis survei secara gratis? Ya tinggal gunakan Google formulir saja. Kalian dapat mengumpulkan, dan menyusun data yang berisi informasi. Baik itu dalam ukuran besar ataupun kecil. Dapat dimanfaatkan untuk keperluan perencanaan perjalanan, pengelolaan daftar acara, mempersiapkan jejak pendapat, hingga membuat kuis. Pokoknya, banyak deh…

Proses survei yang menyenangkan dan bebas hambatan ini, sangat dibutuhkan bagi mereka yang kerap bersusah payah harus mengumpulkan data melalui wawancara verbal. Kini, bisa didapatkan secara non-verbal (tidak langsung tatap muka). Pengguna juga dapat menambahkan logo atau foto sesuai gaya masing-masing. Jadi, formulirnya terlihat menarik.

Terkait:  Cara Kerja Freelance

Sesi tanya jawab, bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya, ada banyak pertanyaan yang hendak diajukan. Tinggal pilih skala linier. Sehingga, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul secara berurutan. Bisa ditambahkan dengan gambar maupun video dari Youtube. Buat dengan semenarik dan secanggih mungkin, untuk menarik perhatian panelis.

Kalian juga dapat menanggapinya kapanpun dan dimanapun. Bisa lewat Hp, tanpa harus buka laptop terlebih dahulu. Jadi, enggak ribet. Butuh diedit atau dibuat tambahan formulir baru? Bisa kok. Pastikan terkoneksi dengan jaringan internet ya, gadget yang digunakannya. Formnya bersifat responsif. Artinya, mudah diubah dan dibuat dalam layar besar dan kecil.

Hasil dari tanggapan survei yang telah dilakukan, dapat dikumpulkan dengan rapi dan tersusun secara otomatis. Lengkap, disertai dengan adanya info dalam tanggapan waktu nyata (real time), serta bentuk grafik. Sudah siap memulai analisis petama kalian? Lakukan sekarang juga dengan bantuan dari layanan Google Formulir. Tinggal klik dan isi, jadi deh.,,

Cara Buat Google Form di Hp

Memulai suatu hal yang baru, memang bukan perkara yang mudah. Butuh tekad dan pergerakan yang pasti. Seperti halnya, kalian yang ingin membuat data hasil dari analisis survei. Malas mondar mandir kesana kemari untuk wawancaranya? Cermati cara buat Google Form di Hp berikut ini!

  1. Membuka browser yang tersedia di Hp android kalian. Akan lebih bagus, kalau langsung melalui Google
  2. Ketik di kolom pencarian dengan tulisan Google Form untuk masuk ke bagian laman berandanya. Supaya lebih mudah, bisa langsung klik linknya disini
  3. Tambahkan judul untuk bagian teratas di lembar formulirnya. Kemudian, lanjutkan dengan menambahkan deskripsi yang terletak di bawah dari kolom judul
  4. Ketikkan pertanyaan pertama yang akan diajukan. Lakukan hal serupa untuk pertanyaan berikutnya
  5. Klik save atau simpan, untuk memastikan formulir kalian sudah siap untuk disebar luaskan
  6. Periksa pada Google sheet, untuk memeriksa hasil data yang telah didapatkan.
Terkait:  Cara Bongkar AC

Cara bikin Google Form ternyata mudah bukan? Nah.. didalam lembar formulir tersebut, terdapat beberapa model pengisian yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Buat para pemula yang bingung manfaat dari masing-masing opsi yang tersedia. Simak penjelasan selengkapnya, di bawah ini!

  • Dropdown

Menu pilihan satu ini, merupakan model untuk jawaban yang nantinya muncul dalam bentuk list. Atau mudahnya, kalian dapat melihatnya dengan tampilan tarik ulur. Biasanya, jawaban yang diberikan dalam teks singkat. Oleh karena itu, tidak butuh tempat yang luas dalam menyediakan kolom jawabannya.

  • Multiple Choice

Kali ini, berbentuk seperti pilihan ganda. Bisa langsung diklik saja jawabannya. Enggak perlu ketik secara manual lagi. Umumnya, jawaban yang diberikan terdiri dari dua macam. Contohnya, tulisan “ya” dan “tidak”. Dapat juga digunakan untuk membuat jawaban berbentuk pilihan ganda campuran.

  • Checkbox

Salah satu model pilihan yang terdapat di lembar formulir dari Google Form ini, unik. Kalau choice, berbentuk bulat yang diisi layaknya sedang menjawab soal CPNS atau UN yang bagian tengahnya terisi penuh. Sedangkan checkbox, memiliki bentuk kotak kecil. Saat kalian pilih jawabannya, nanti muncul tanda centang didalam kotak tersebut. Bisa pilih double.

  • Teks Pendek dan Panjang

Model lainnya yang tersedia, adalah opsi untuk menuliskan secara manual. Teks jawabannya, bisa dalam bentuk panjang maupun pendek. Oleh karena itu, pada bagian kolom deskripsi jawaban, biasanya akan dituliskan penjelasan. Entah keterangan yang menjelaskan harus diisi dengan jawaban yang singkat atau sebaliknya. Tergantung dari pertanyaan yang diajukan.

Pastikan ketika kalian sudah selesai mengisi jawaban dari pertanyaan yang terdapat di lembar formulir. Klik tombol “send” yang ada di bagian sudut sebelah kanan bawah dari antamuka aplikasi Google Form. Sedangkan bagi pengirim pertanyaan, saat formulir selesai disiapkan, jangan lupa untuk mengirim dan membagikannya. Supaya para responden dapat merespon.

  • Format Tanggal dan Waktu
Terkait:  Cara Coating Teflon Sendiri

Berbagai pilihan yang tersedia didalam lembar formulir dari G-Form, ada yang namanya pilihan tanggal dan waktu. Artinya, kalian dapat menambahkan opsi tersebut untuk keperluan data yang sifatnya real time. Misalnya, responden A telah menjawab pertanyaan dan diterima oleh pengirim pada tanggal xx dan pukul sekian. Biasanya untuk keperluan chart.

Selain dari pilihan-pilihan tersebut. Pengirim dapat memperpendek link dari formulir yang akan disebar luaskan.  Biasanya, penerima akan lebih cepat tanggap, kalau alamat url yang dibagikan, dalam bentuk yang pendek. Seandainya mengalami kendala untuk langsung mengklik dari link yang sudah dibagikan. Dapat diketik manual dengan mudah.

Kalian juga dapat dengan bebas memonitoring hasil dari tanggapan pertanyaan yang telah dibagikan melalui Google Form. Hasil dari pengisian survey tersebut, hanya dapat dilihat oleh pengirim formulir saja. Responden, tidak memiliki akses. Data yang diperoleh dalam tampilan spreadsheet, bisa diunduh. Sehingga, bisa dilihat meskipun dalam kondisi offline.

Sekian penjelasan mengenai cara bikin Google Form di kesempatan kali ini. Informasi terkait, dapat kalian temukan diatas, seperti Google formulir, dan cara buat Google Form di Hp. Semoga bermanfaat. See you on the next topics, keep health and smile, bye bye!

Related posts