Cara Ngelacak Hp Oppo

Bagaimana cara ngelacak hp Oppo bila hp tersbut hilang atau lupa menaruhnya? Bagi kamu yang sedang mencari cara melacak hp Oppo tersebut bisa membaca artikel ini.

Hp dengan merek Oppo merupakan salah satu merek hp yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Tidak mau kalah saing dengan merek ponsel lainnya, Oppo selalu memperbarui fitur di setiap hp keluaran barunya. Sehingga sampai saat ini Oppo masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Read More

Namun, bagaimana jika hp Oppo mu hilang atau lupa menaruh? Bagaimana cara mengetahui lokasi keberadaan hp kesayanganmu? Apakah data di hp mu akan aman saja apabila hilang?

Kehilangan hp merupakan kejadian yang tidak disengaja dan cukup membuat seseorang merasa panik. Dikarenkaan biasanya pada hp yang hilang terdapat data-data pribadi dan data penting, seperti foto dan video, dokumen pekerjaan yang bersifat rahasia, berisi catatan berupa email atau aplikasi beserta passwordnya, atau data-data lainnya.

Yang paling disayangkan oleh orang yang kehilangan hp adalah data-data di dalamnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak keberadaan hp mu, lho. Bagi kamu yang belum memiliki pengetahuan akan hal tersebut. Silakan baca artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Cara Ngelacak Hp Oppo

Cara Ngelacak Hp Oppo
Cara Ngelacak Hp Oppo

Kamu bisa mengikuti cara ngelacak hp Oppo di bawah ini untuk mengetahui lokasi atau keberadaan hp mu yang hilang. Silakan pilih cara yang menurutmu paling mudah. Semoga cara-cara di bawah ini bisa membantu dan bisa menjadi solusi.

Cara Ngelacak Hp Oppo Menggunakan Google Find My Device

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan Aplikasi Google Find My Devide. Aplikasi ini merupakan aplikasi dari google yang bisa digunakan untuk melacak lokasi hp dengan menggunakan email google, entah hp itu hilang atau lupa menaruh.

Terkait: Cara Gosend Ambil Barang

Cara menggunakannya pun cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan perangkat lain yang sekiranya memiliki aplikasi Find my Device, jika belum ada kamu bisa menginstallnya di Google Play Store
  2. Setelah itu, silakan kamu login kedalam aplikasi Find my Device yang terinstall tadi, dengan menggunakan email yangjuga ada di hp oppoyang akan di lacak
  3. Tunggu beberapa saat, dan berikan perizinan lokasi untuk find my device mendeteksi lokasi yang akurat
  4. Kemudian kamu akan melihat daftar perangkat apa saja yang terhubung dengan email tersebut
  5. Klik pada perangkat Oppo yang terbaca tadi, lalu kamu bisa mengetahui lokasi dari perangkat tersebut

Selain mengetahui lokasi dari hp oppo, kamu juga bisa menggunakan 2 fitur lain, seperti mainka suara untuk membunyikan ponsel sekalipun dalam kondisi di silent

Atau kamu juga bisa memilihclear all data and lock agar ponsel kembali ke setelan pabrik, namun dalam kondisi terkunci dan harus memasukkan email yang terdaftar

Cara ini bisa menjadi alterantif ketika mungkin ponselmu hilang atau di curi oleh orang.

Cara Ngelacak HP Oppo Menggunakan Google Maps

Kemudian untuk langkah yang kedua kamu juga bisa menggunakan bantuan Google Maps yang berguna untuk mengetahui lokasi terakhir dari ponsel Oppo kamu.

Cara ini juga tak jauh beda dengan menggunakna aplikasi Find my Device, hanya saja kamu tidak bisa memainkan suara ataupun menghapus data, caranya

  1. Silakan buka aplikasi Google Maps di perangkat lain, baik itu milik teman, saudara, ataupun keluarga
  2. Jika sudah, kamu bisa login kedalam aplikasi google maps atau mengganti akun dengan email yang juga ada di hp oppo yang hendak di lacak
  3. Kemudian, kamu bsia memilih akun tersebut
  4. Tunggu beberapa saat sampai google maps berhasil melakukan sinkronisasi
  5. Jika sudah, kamu bisa klik pada garis 3 di dekat kolom pencarian, lalu pilihlocation history
  6. Nah, pada location history ini, kamu bisa melihat lokasi atau tempat terakhir dari ponsel tersebut dalam kondisi menyala
  7. Kamu juga bisa mengetahui waktu terakhir atau kapan ponsel tersebut berada di location history
Terkait: Cara Ngereset HP Vivo

Cara ini sangat membantu para pengguna ponsel yang mungkin agak kesulitan dalam menggunakan Find My Device, karena cara ini bisa membantu kamu untuk menemukan hp oppo yang mungkin saja tertinggal di suatu tempat.

Cara Ngelacak HP Oppo Menggunakan Nearme Find

Kemudian untuk cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan bantuan dari Nearme Find yang mana fitur ini merupakan fitur yang otomatis ada di tiap hp oppo.

Nearme Find sendiri bekerja sama dengan merk Samsung dengan tujuan mempermudah pengguna hp oppo untuk menemukan ponsel mereka ketika tertinggal dengan jarak yang masih dekat.

Untuk penggunannya sendiri tidak begitu sulit, karena fitur ini sudah ada dan tertanam secara otomatis di prangkat hp Oppo, kamu bisa meminta teman atau orang lain yang juga memiliki hp oppo, untuk membuka fitur Nearme Find.

Berikan semua perizinan yang muncul seperti lokasi, gps, atuapun nearby access. Dan kemudian, kamu bisa melakukan scanning pada area sekitar untuk mengetahui letak atau lokasi dari hp oppo kamu.

Namun perlu untuk di ketahui, jika fitur Nearme Find sendiri baru bisa ditemukan pada pengguna hp oppo yang sudah menggunakan System ColorOS versi 2.0.

Untuk para pengguna yang masih menggunakan versi jadul dari Color OS, mimin menyarankan kamu untuk melakukan pengecekan system update terleih dahulu.

Tips Mengamankan HP Oppo

Selain daripada cara-cara di atas, tentunya tak ada yang ingin pengguna mengalami masalah seperti hp ketinggalan, hilang, atau bahkan di curi. Tentunya, cara di atas tadi memang penting untuk di ketahui, namun tidak untuk diharapkan terjadi hal buruk daripada hal tersebut.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan HP Oppo kalian

  1. Pastikan GPS selalu Aktif
    Alih-alih menghemat baterai, banyak pengguna yang memilih untuk menonaktifkan fitur GPS pada ponsel mereka. Padahal menonaktifkan GPS justru akan mempengaruhi atau mempersulit kamu untuk mendeteksi lokasi akurat dari ponsel kalian.
  2. Selalu Gunakan PIN/Passcode yang Aman
    Sebagai antisipasi jika ponselmu hilang, ada baiknya kamu menggunakan passcode atau password yang aman dan tidak mudah untuk dijebol. Hal ini bisa menjadi alternatif atau cara agar ketika ponselmu ditemukan, kamu tidak khawatir ponselmu di acak-acak.
  3. Gunakan Email yang Terhubung ke Perangkat Lain
    Memiliki banyak email pada perangkat ponsel memang bukanlah hal yang salah. Namun, akan lebih baik lagi jika mungkin kamu memiliki 10 akun email di dalam perangkat, untuk tersinkroniasi dengan perangkat lain ataupun perangkat cadanganmu. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu dalam melacak lokasi hp kalian.
  4. Simpan Ponsel di Tempat yang Aman
    Terakhir adalah kamu bisa menyimpan hp ditempat yang aman. Letakkan ponsel pada kantong jaket atau celana ketika tidak digunakan. Ketika sedang berada di tempat umum atau ramai, pastikan kamu tidak menaruh hp sembarangan.
Terkait: Cara Mempercantik Video Call WhatsApp Oppo

Nah, itu dia beberapa cara ngelacak hp oppo yang bisa kamu coba. Nah, kira-kira mana yang menurutmu paling mudah? Komentar di bawah ya.

Related posts