Cara Restart Hp Samsung

Cara Restart Hp Samsung
Cara Restart Hp Samsung

Bagaimana cara restart hp Samsung? Restart mungkin perlu kamu lakukan apabila hp Samsung yang kamu gunakan mengalami sedikit masalah. Misalnya, saat kamu gunakan tiba-tiba hp Samsung kamu tidak merespon atau hang, terasa lemot saat digunakan, atau mungkin aplikasi yang digunakan sering keluar dengan sendirinya, dan lain sebagainya. Maka, dari itu kamu bisa memperbaikinya dengan melakukan restart.

Restart sendiri adalah sebuah proses memulai ulang kembali suatu perangkat. Dalam bahasa Indonesia, restart juga dikenal dengan sebutan Mulai Ulang. Restart biasanya dilakukan apabila sebuah hp mengalami masalah-masalah kecil seperti yang telah disebutkan di atas. Maka dari itu, kamu perlu untuk melakukan restart agar hp kamu bisa kembali normal saat digunakan. Untuk caranya sendiri cukup mudah, di bawah ini akan diberikan informasi mengenai cara restart hp Samsung bisa dengan cara apa saja.

Read More

Cara Restart Hp Samsung

Cara Restart Hp Samsung
Cara Restart Hp Samsung

Bicara mengenai cara restart hp Samsung, mungkin pengguna hp Samsung belum semuanya memahami caranya. Caranya sangat mudah kok, Samsung sendiri sudah membekali tipe ponsel keluarannya dengan fitur restart bawaan. Jadi, kamu bisa langsung menggunakannya. Namun, jika memang diperlukan menggunakan aplikasi tambahan, kamu juga bisa mengunduhnya dari Google Play Store. Berikut cara-cara untuk restart hp Samsung yang telah mimin rangkum.

Cara Restart Hp Samsung Lewat Menekan Tombol Fisik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan restart di hp Samsung adalah dengan menggunakan tombol fisik. Tombol fisik di sini yang bisa kamu gunakan adalah tombol Power. Jadi, kamu hanya menggunakan tombol Power untuk melakukan restart. Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan juga oleh hp selain merek Samsung.

Terkait:  Cara Instal Ulang HP Samsung

Caranya cukup mudah. Namun, kamu juga harus memperhatikan mengenai fungsi dari tombol Power hp Samsung kamu, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak bisa digunakan. Karena jika memang tombol Power di hp Samsung kamu sedang tidak berfungsi, maka kamu tidak bisa menggunakan cara ini. Jika memang berfungsi dengan baik, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, kamu boleh melakukan restart ketika layar hp kamu terkunci atau tidak terkunci
  • Kemudian, kamu bisa menekan tombol Power selama beberapa detik
  • Tekan terus hingga nanti muncul menu dengan tiga opsi, yaitu Power off, Restart, dan Emergency mode. Pada tiga opsi ini, karena kamu akan merestart hp Samsung kamu, maka silakan untuk mengklik opsi Restart
  • Setelah kamu klik opsi Restart tersebut, maka hp kamu akan nonaktif dan melakukan restart secara otomatis
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga hp Samsung kamu akan aktif kembali secara otomatis
  • Proses Restart pun selesai

Kamu berhasil melakukan restart pada hp Samsung kamu. Apabila tombol fisik pada hp Samsung kamu tidak berfungsi dengan baik, maka kamu masih tetap bisa melakukan restart menggunakan cara yang lain seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Restart Hp Samsung Lewat Quick Panel

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk restart hp Samsung kamu adalah tanpa tombol fisik yaitu melalui fitur menu Quick Panel. Cara ini bisa menjadi alternatif kamu melakukan restart dengan cara yang lain apabila tombol fisik kamu tidak berfungsi. Namun, bisa juga kamu gunakan apabila kamu memang kurang nyaman dengan menekan tombol fisik dan lebih nyaman melakukan restart tanpa tombol.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menekan tombol ikon Power di menu Quick Panel atau Panel Cepat yang bisa kamu temukan dengan cara mengusap layar hp Samsung kamu seperti saat kamu membuka notifikasi di hp kamu dan kamu akan menemukan menu Quick Panel. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Terkait:  Bagaimana Cara Screenshot HP Samsung: Panduan Lengkap (11 Metode)

Di atas menu notification , kamu akan menemukan Menu dari Quick Panel yang berisi beberapa fitur yang bisa kamu lakukan langsung dari situ tanpa harus membuka aplikasinya. Misalnya terdapat fitur Wifi, Mobile Data, Bluetooth, Mode Pesawat, Sound, Mobile Hotspot dan lain sebagainya. Setelah kemu berhasil menemukan menu ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara merestart hp Samsung kamu tanpa tombol Power.

  • Langkah pertama, silakan buka Quick Panel dengan cara mengusap layar dari atas ke bawah
  • Kemudian, pada menu yang terdapat di Quick Panel, di bagian atas menu terdapat beberapa ikon, yaitu ikon Pencarian, Power, Pengaturan, dan ikon titik tiga. Pada pilihan tersebut, silakan pilih ikon Power dengan cara mengkliknya
  • Setelah kamu klik ikon Power, maka muncul tiga opsi yaitu Power Off, Restart, dan Emergency mode off. Pada tiga opsi tersebut, silakan klik Restart 
  • Setelah kamu pilih Restart, hp kamu akan nonaktif sendiri dan silakan tunggu beberapa saat hingga hp kamu kembali aktif dan sudah bisa kamu gunakan lagi

Kamu berhasil merestart hp Samsung dengan melalui fitur Quick Panel atau Panel Cepat. Ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan restart di hp Samsung kamu dan cara di bawah ini juga cara yang bisa kamu gunakan untuk restart hp Samsung tanpa menekan tombol fisik.

Cara Restart Hp Samsung Lewat Menu Asisten

Cara selanjutnya yang bsia kamu lakukan untuk melakukan restart di hp Samsung  adalah melalui Menu Asisten. Menu ini merupakan fitur yang dibuat oleh Samsung untuk memudahkan penggunanya. Jika kamu pernah melihat Assistive Touch pada iPhone, maka kurang lebih kamu mengetahui fungsi dari fitur Menu Asisten tersebut.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A30S (Tombol, Swipe dan Panjang) Mudah

Selain kamu bisa menggunakan Menu Asisten ini untuk menonaktifkan hp Samsungmu, kamu juga bisa menggunakannya untuk screenshot, sebagai kursor seperti di laptop atau komputer, recet aplikasi, dan lain sebagainya. Jika kamu sudah mengaktifkan fitur ini maka kamu bisa langsung menggunakannya. Namun, jika kamu belum mengaktifkannya, maka tidak bisa kamu gunakan untuk merestart hp Samsung kamu. Berikut langkah-langkah mengaktifkan Menu Asisten.

  • Langkah pertama, Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, silakan pilih Accessibility (Aksesibilitas)
  • Setelah itu, klik Interaction and Dexterity (Interaksi dan Kecelakaan)
  • Selanjutnya, pada Menu Asisten, silakan geser toggle ke arah On
  • Kamu berhasil menambahkan Menu Asisten ke layar hp Samsung kamu

Apabila kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur Menu Asisten, maka akan muncul tombol virtual di layar hp kamu di mana kamu bisa kamu geser Menu Asisten tersebut ke area mana pun. Selanjutnya kamu bsia mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merestart hp Samsung tanpa harus menekan tombol power.

  • Pada Home Screen ponsel kamu silakan klik ikon Menu Asisten
  • Pada Menu Asisten itu terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah untuk menonaktifkan ponsel. Maka, apda Menu Asisten ini silakan cari opsi Power off menu
  • Pada Power off menu tersebut terdapat tiga opsi yang terdiri dari Restart, Turn Off, dan Emergency Mode
  • Karena kamu ingin merestart hp kamu, maka silakan pilih opsi Restart dan ponsel kamu akan mati atau nonaktif secara otomatis
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga hp kamu kembali menyala dan melakukan mulai ulang

Kamu berhasil melakukan restart hp Samsung dengan menggunakan Menu Asisten. Tertarik untuk mencoba cara ini? Silakan untuk mengikuti langkah-langkah di atas untuk restart hp Samsung dengan Menu Asisten.

Kesimpulan

Demikian cara restart hp Samsung yang telah dijelaskan menggunakan beberapa cara. Kamu bisa mengikuti cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts