Cara Dapat Uang dari Youtube

Wednesday, March 25th, 2020 - Uncategorized
Bagikan Ke:

Bagaimana cara dapat uang dari Youtube? Berapa subscriber untuk mendapatkan uang? Bisakah kita mendapatkan uang dari youtube tanpa upload video? Dan bagaimana sih cara mengambil uang dari youtube?

Belakangan ini, menjadi Youtuber menjadi cita-cita yang paling didambakan kaum milenial. Dengan iming-iming penghasilan besar dari iklan sekaligus popularitas, menjadi alasan bagi generasi milenial untuk menjadi seorang Youtuber.

Akan tetapi, impian ini rasanya mesti diraih dengan upaya yang cukup berat. Sebab kini Youtube telah memperketat persyaratan sebuah channel Youtube untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan.

Jenis Video yang Mampu Mendatangkan Pundi Pundi Rupiah di Youtube

Untuk mendapatkan uang di Youtube salah satunya ialah dengan membuat sebuah konten menarik. Ada beberapa macam video di Youtube yang dapat menghasilkan uang bagi para Youtuber, diantaranya :

1. Tayangan List

Tayangan yang satu ini memuat list-list menarik yang bisa ditonton para pengguna. Daftar yang kita buat bisa tentang apa saja yang bisa dirangkum lewat judul menarik, misalnya “10 kejadian mistis di Indonesia paling mendebarkan”. Videonya dapat memuat suara yang diselingi gambar bergerak.

2. Tayangan Voice Over

Rekaman berupa suara narasi yang berisi fakta-fakta menarik, pendapat kamu soal musik atau film lewat visual yang menarik, sehingga kamu juga bisa membuat video menarik untuk ditonton.

3. Tayangan Unboxing

Secara psikis, pada dasarnya manusia mempunyai rasa penasaran dan ingin tahu yang begitu tinggi. Hal ini jugalah yang membuat video-video berisi unboxing banyak dicari para pengguna Youtube. Seperti video unboxing berupa mainan anak sampai peralatan teknologi oran dewasa.

4. Tayangan Ilustrasi

Sekarang ini, banyak sekali tayangan edukasi bermunculan yang dibuat dalam bentuk ilustrasi berkualitas dan menarik. Kalian bisa melihat referensinya dengan menonton tayangan CrashCourse.

Cari Uang di Youtube Boleh, Asalkan Tahu Ketentuannya

Sebelum kamu mengikuti tutorial cara dapat uang dari Youtube, ada beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dlakukan, seperti berikut :

  • Jangan buat konten eksplisit di Youtube yang telah melanggar aturan Terms of Service Youtube.
  • Jangan pernah meng­copy-paste suatu konten di Youtube ke akun Channel Youtube kamu atau istilah lainnya seperti upaya plagiasi. Sebab tindakan kecurangan ini bisa tertangkap secara otomatis oleh Youtube sebab melanggar copyright, selain itu kamu pun akan mendapatkan sanksi.

Setelah mengetahui jenis video dan ketentuan mencari uang di Youtube, kini saatnya kita bisa mulai cara dapat uang dari Youtube dengan tutorial yang akan Kami bagikan di bawah!

Cara Dapat Uang dari Youtube

Cara Dapat Uang dari Youtube

Dapat Uang dari Youtube

Untuk sukses mendapatkan uang dari situs YouTube, kita perlu tahu apa saja kiat-kiat khususnya beserta metode apa saja yang harus dipelajari. Kami telah merangkum berbagai tips dan trik khusus untuk melangkah jadi konten kreator agar bisa dapat uang dari Youtube dengan cepat. Sudah siap menjadi seorang Youtuber terkenal? Simak beberapa bahasan dibawah.

Tentukan Topik Video

Tentu saja langkah awal sebelum menginjak lebih jauh menjadi konten kreator, adalah harus mengetahui terlebih dahulu apa saja video yang akan dibuat nantinya.

Terpenting lagi, harus menentukan sebuah topik video dimana ini yang akan menentukan nasib channel Youtube yang akan dibuat olehmu.

Jika channel video mu berhasil diciptakan dengan satu topik bahasan khusus, disitulah uang akan senantiasa mengikutimu. Tentunya dengan melalui proses yang lebih berat dan susah.

Nah, kami memiliki beberapa rekomendasi topik video yang cocok untuk kamu dalam menentukan pembuatan konten video. Adapun beberapa topik video yang dapat dipilih yaitu:

1. Gaming Video

Topik pertama yang dapat kamu pilih adalah game. Dalam hal ini, kiblat channel Youtube gaming adalah si manca (milyhya). Siapa yang tak kenal manca? Tentu salah satu dari kalian sudah kenal dong sama Youtuber gaming yang telah sukses dengan ribuan video gameplay yang telah dibuat olehnya.

Disini, kamu bisa mulai terapkan sedikit tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Langkah awalnya kamu bisa Amati video-video game yang telah ada dan ramai di Youtube. Jadikan pengamatanmu sebuah inspirasi yang akan membawamu menciptakan sebuah video yang fresh.

Tiru, sedikit saja beberapa bagian video. Dalam artian, kamu bisa meniru konsep video yang dibuat olehnya. Kamu juga bisa meniru efek-efek video yang diberikan untuk setiap videonya.

Modifikasi, kamu harus bisa merombak total videomu agar tidak sama persis dengan video kiblat kamu. Buatlah video yang benar-benar beda dari yang lain dan belum pernah ada sebelumnya.

2. Teknologi Review

Topik video kedua yang dapat kamu pilih adalah Teknologi. Dalam hal ini, kamu bisa meniru konsep dari channel Youtube GadgetIn. Lakukan konsep ATM diatas untuk menciptakan sebuah video berkategori Teknologi.

Kamu bisa membuat video tentang review handphone, gadget, laptop, dan apa saja yang berhubungan dengan teknologi. Tentunya, harus tau update teknologi terbaru ya. Atau, bisa juga menciptakan video khusus tentang tutorial berkaitan dengan teknologi.

3. Beauty Vlog & Tips

Topik video ketiga yang dapat kamu pilih adalah perihal Beauty. Ini cocok buat kamu kaum hawa (wanita) yang juga suka mempercantik diri. Kamu bisa membagikan apa saja yang kamu ketahui untuk percantik diri. Bisa mengenai tutorial makeup, review produk kecantikan, atau apa saja yang berhubungan dengan tata rias.

4. Kuliner-an

Topik ke empat yang dapat kamu pilih yakni Kuliner. Dalam hal ini, kamu bisa menjadikan channel Ria SW atau Tanboy Kun sebagai kiblat videomu. Lakukan tips ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk menghasilkan karya video yang original dan keren.

Kamu bisa membuat video tentang review jajanan kekinian, review tempat makan yang unik, review makanan yang sedang viral, atau bisa juga mencicipi makanan yang sedikit ‘berbeda’ dari yang lain.

5. Entertainment

Topik kelima yang dapat kamu pilih berkategori Entertainment. Topik ini sangat meluas, karena berhubungan dengan hiburan. Kamu tentu sudah tau dong topik hiburan akan membahas apa saja nantinya?

Kamu bisa menciptakan video persoalan gosip artis, cover lagu, dance cover, web series, video reaction, prank, dan banyak semacamnya.

Riset Kata Kunci

Selanjutnya, setelah kamu mengetahui dan menentukan topik apa yang akan dibuat untuk video kamu nantinya. Sekarang kamu juga harus melakukan riset kata kunci. Agar proses pembuatan videomu nanti tidak akan sia-sia.

Sebelum membuat video yang bagus, kamu harus tau dulu apa itu riset kata kunci. Riset Keyword atau bisa dibilang riset kata kunci berarti sebuah langkah yang dilakukan untuk mencari apa saja topik dengan kata kunci yang tengah ramai saat itu atau selamanya.

Alasan riset keyword sesungguhnya adalah agar benar-benar bisa membuat konten yang benar-benar dicari oleh banyak orang.

Untuk meriset kata kunci, kamu bisa memperhatikan Google Trends, informasi apa saja yang tengah trend sekarang dan dimasa mendatang. Atau bisa juga memanfaatkan prediksi pencarian YouTube.

Tips lainnya, kamu bisa memanfaatkan website YouTube Keyword Tool untuk meriset kata kunci. Terdapat banyak sekali situs riset keyword Youtube yang telah banyak digunakan. Kamu bisa mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetik kata kunci “YouTube Keyword Tool” dan mulai menggunakannya untuk riset kata kunci.

Mulai Buat Video

Setelah riset kata kunci telah dilakukan, kamu bisa mulai membuat sebuah video yang bagus. Dalam hal ini, kamu juga bisa memulainya dari mana saja. Bisa memanfaatkan peralatan yang telah ada, membuat video pakai kamera ponsel dulu misalnya. Atau bisa juga langsung membuat video dengan profesional (jika punya modal untuk kamera DSLR).

Namun, kami menyarankan untuk mulailah dengan kesederhanaan. Manfaatkan saja kamera ponsel untuk menciptakan sebuah video. Lakukan proses editing dengan sebaik mungkin, berikan efek-efek yang membuat video semakin menarik untuk ditonton. Baru, setelah sukses kamu bisa melangkah ke jenjang profesional dengan modal yang telah didapat.

Buat Sebuah Channel Youtube

Setelah video berhasil dibuat, mulailah membuat sebuah channel. Kamu bisa mulai dengan membuat channel di Youtube dengan menggunakan nama channel yang mudah diingat. Tips khusus, jangan membuat channel dengan nama yang panjang sehingga susah untuk diingat.

Setelah channel berhasil dibuat, kamu bisa mulai mengupload video pertamamu. Tunggu proses upload hingga selesai, kemudian buat settingan video mu menjadi publik agar dapat ditonton oleh banyak orang.

Promosikan Video

Selanjutnya, jangan hanya berdiam diri setelah upload video. Masih ada tahapan proses promosi video agar channel Youtube kamu dapat berkembang dengan cepat. Dalam hal ini kamu bisa mempromosikan videomu ke:

1. Sosmed

Manfaatkan sosial media untuk membuat video Youtube kamu viral. Jika videomu berhasil viral, maka otomatis channel Youtube kamu semakin terkenal dikalangan banyak orang.

2. Blog Pribadi

Bagi yang telah mempunyai blog pribadi, juga dapat memanfaatkan blog kamu untuk promosi video Youtube kamu. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan postingan artikel dengan menyematkan kode video disana agar konten Youtube kamu semakin bertambah views-nya.

3. Web Video Sharing

Tips khusus mempromosikan video Youtube kamu selanjutnya yakni dengan memanfaatkan web video sharing. Kamu bisa mulai menggunakan situs-situs besar untuk share video seperti Pinterest, dan semacamnya.

Kerja Sama dengan Brand

Bagi yang telah mempunyai modal yang cukup, kamu juga bisa memulai mengembangkan channel Youtube dengan brand ternama. Lakukan kontrak kerja sama dengan brand ternama untuk mulai meramaikan video Youtube kamu.

Jikalau bisa, kamu harus mencapai titik viral. Dimana videomu akan terkenal dikalangan netizen, dengan begitu bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan ratusan ribu bahkan jutaan subscriber yang akan dengan senang hati menanti video terbaru darimu.

Monetisasi Channel Youtube

Setelah kamu berhasil meramaikan channel Youtube yang telah dibuat, maka kamu bisa mulai untuk mendapatkan uang dari Youtube. Daftarkan channel Youtube kamu ke Google Adsense untuk mulai dapat uang di Youtube. Jika bingung, kamu bisa mencari informasi seputar Adsense for Youtube di website-website yang mengulas topik tersebut.

Untuk mendaftarkan channel Youtube ke Google Adsense tentunya ada beberapa persyaratan khusus yang harus kamu capai sebelumnya.

Jual Produk / Jasa Sendiri

Jika video channel Youtube kamu telah ramai, dan menunggu proses pendaftaran Google Adsense diterima. Kamu bisa memanfaatkan channel Youtube yang sudah ramai tersebut untuk berjualan. Kamu bisa mulai berjualan sesuatu produk atau jasa sendiri dengan menggunakan channel Youtube kamu.

Misalkan saja channel YT gaming, kamu bisa mulai berjualan skin dan diamond. Channel YT otomotif bisa berjualan motor/mobil. Dan banyak produk/jasa lainnya yang bisa dijual di channel YT kamu yang telah ramai.

Manfaatkan Deskripsi Video untuk Bisnis

Jika kamu ingin membuka partnership bisnis, bisa juga memanfaatkan setiap deskripsi yang ada di video kamu. Jangan lupa cantumkan email atau nomor hp di deskripsi untuk partnership bisnis agar calon partner bisnis dapat dengan mudah jika ingin menghubungimu.

Atau kamu juga bisa memberikan link yang mengarah ke sosial media kamu agar semakin bertambah followernya. Bisa juga mengarahkan penonton untuk mengunjungi toko online, blog, media sosial, afiliasi, atau website yang bekerja sama dengan kamu.

Munkin hanya itu bahasan mengenai cara dapat uang dari Youtube dengan mudah beserta tips dan trik khusus lengkap yang dapat disajikan terspesial untuk kamu pengunjung web PindahLubang.com.

Jangan lupa untuk senantiasa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya! Agar semakin banyak kreator berkualitas yang tercipta di Youtube. Dan mari bersama kita kalahkan kreator sampah bangs!

Apa Pendapatmu?
Myta Mellinda
Bagikan Ke:
Cara Dapat Uang dari Youtube | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...