Cara Agar TV Jernih

Cara Agar TV Jernih: 8 Tips yang Harus Kamu Ketahui

Menonton televisi jika banyak semutnya pasti tidak nyaman. Sedangkan di lain sisi Kamu tidak tahu apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara agar TV jernih lagi. Karena memang ada banyak sebab yang membuat sajian suara dan gambar televisi buram. 

Permasalahan ini sering dialami televisi yang masih menggunakan antena, baik dalam maupun luar. Lokasi juga bisa menjadi faktor yang lain. Contohnya berada di tempat yang terhalangi banyak pohon, sehingga tidak dapat menangkap sinyal dengan maksimal. 

Karena hal tersebut, cari tahu dulu apa yang membuat TV di rumahmu banyak semutnya. Selain itu, segera atasi dengan beberapa cara yang akan dijelaskan berikut supaya bisa jernih kembali. Simak penjelasan lengkapnya. 

Penyebab TV Tidak Jernih

Kamu jangan dulu buru-buru untuk menggunakan booster saat televisi di rumah buram. Meskipun bisa menguatkan sinyal, sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasinya. Sebab yang menjadi faktor pemicu itu beragam. 

Pahami dulu apa yang membuat suara dan gambar televisi tidak jernih. Selanjutnya perbaiki dengan cara yang tepat sesuai faktor tersebut. Beberapa sebab yang membuat TV banyak semutnya yaitu:

  • Salah pilih antena. Kesalahan pemilihan antena bisa menjadi penyebabnya. Terlebih lagi model antena itu banyak, baik yang dalam maupun luar. Kamu bisa cek rekomendasi antena yang digunakan oleh tetangga. Sesuaikan juga modelnya dengan lokasi rumahmu. 
  • Posisi antena terlalu rendah. Aturannya, semakin tinggi antena akan lebih bagus sinyal yang tertangkap. Itulah kenapa kalau dipasang terlalu rendah, kualitas suara dan gambar yang dihasilkan juga tidak maksimal. 
  • Arah antena salah. Kamu harus tahu dimana letak pemancar. Karena jika antena diarahkan berkebalikan, kualitasnya ikutan jelek. Paling tepat adalah mengarahkannya condong ke arah pemancar. 
  • Usia antena sudah tua. Penyebab selanjutnya adalah usia penggunaan. Antena yang sudah tua tidak bisa menghasilkan tangkapan sinyal maksimal. Akibatnya, tidak ada siaran digital yang dapat ditayangkan dan TV tidak jernih. 
  • Pemasangan kabel salah. Kabel antena atau coaxial bisa menjadi penyebab lain kenapa televisi banyak semutnya. Cobalah cek apakah antara serabut dan jalur tembaga bersentuhan. Jika bersentuhan, itulah faktornya. 
  • Kabel rusak. Kabel adalah komponen penting yang berperan dalam proses transmisi sinyal. Ketika rusak, sudah pasti mempengaruhi kualitas suara dan gambar yang ditampilkan. Bisa jadi kabel terkena panas, pemuaian, maupun kemasukan air. 
Terkait:  Cara Kerja Gearbox

Cara Agar TV Jernih

Cara Agar TV Jernih
Cara Agar TV Jernih

Sekarang akan dijelaskan bagaimana cara untuk membuat TV jernih lagi. Kamu bisa menyesuaikan cara berikut dengan faktor yang membuat munculnya banyak semut di suara dan gambar pada televisi. Beberapa caranya yaitu:

1. Cek Bagian Kabel

Cara agar TV jernih pertama yaitu mengecek bagian kabel. Seperti yang disebutkan, bahwa kabel berfungsi untuk mentransmisikan sinyal dari antena ke televisi. Apabila kabel bermasalah, maka kualitas siaran ikut menurun. 

Kamu dapat cek sambungan kabel yang terdapat pada terminal konektor antena. Jika sambungannya longgar, maka kuatkan terlebih dahulu agar sinyal lancar. Tapi kalau putus, sebaiknya ganti baru. Sebab menyambung kabel membuat nilai hambatan bertambah dan kurang bagus terima sinyal. 

Begitu juga saat usia kabel sudah lama. Biasanya ditandai dengan rapuhnya bagian dalam pada kabel serabut. Kamu bisa pilih yang berkualitas, seperti kabel yang serabutnya dari tembaga dan memiliki diameter lebih besar. 

2. Cek Kondisi Antena

Cara agar TV jernih yang kedua yaitu dengan cek bagian antena. Komponen inilah yang paling penting dalam menangkap sinyal dari pemancar. Kebanyakan antena dipasang di luar. Itulah kenapa sering terpengaruh lingkungan, seperti panas, hujan, dan oksidasi udara. 

Ketika ada yang menghalangi penerimaan sinyal, siaran televisi tidak bisa jernih. Contohnya elemen logam di antena kotor dan banyak debu yang menempel. Coba lihat juga beberapa titik yang mudah berkarat, seperti terminal konektor. 

Apabila masalah datang dari antena, coba turunkan dahulu. Kemudian bersihkan debu dan karat menggunakan ampelas halus. Lalu betulkan pula struktur antena yang mungkin berubah. Kamu dapat mengencangkan baut atau mengikat elemennya supaya tidak goyang. 

3. Arahkan Antena Secara Tepat

Inilah cara agar TV jernih lagi yang paling jitu. Seperti yang Kamu ketahui, bahwa letak pemancar itu tidak sama di setiap lokasi. Kamu harus memutar antena dan mengarahkannya ke pemancar terdekat yang ingin dituju. 

Terkait:  Cara Kerja Flimty

Terutama antena outdoor jenis satu arah atau directional. Pastikan memposisikan ke arah yang tepat hingga sinyal siaran bisa ditangkap secara maksimal. Setelah ini pasti Kamu mendapatkan tayangan yang lebih jernih. 

4. Menjauhkan Antena dari Logam

Ternyata keberadaan logam di dekat antena bisa membuat proses penerimaan sinyal terganggu. Akibatnya, TV menjadi banyak semutnya dan Kamu tidak bisa menonton secara nyaman. Apabila ini permasalahannya, maka Kamu harus menjauhkan antena dari logam dan besi. 

Contohnya seperti antena yang dipasang di luar jendela kamar. Kemudian bagian penutup atau atap rumah terbuat dari seng, maka sudah pasti sinyal yang diterima tidak maksimal. Cara agar TV jernih lagi untuk permasalahan ini adalah menjauhkannya dari logam minimal dua meter. 

5. Pakai Tiang yang Tinggi

Pemasangan antena yang rendah akan buat TV buram. Sebab salah satu karakter dari transmisi sinyal televisi terrestrial adalah merambat langsung ke antena penerima. Rambatan tersebut mengikuti kelengkungan bumi. 

Sebab itulah, cara agar TV jernih yaitu membuat posisi antena lebih tinggi agar dapat menerima sinyal dari pemancar. Kamu bisa menambahkan tiang dari bambu atau besi. Namun di sini perlu memperhatikan faktor keselamatan. Karena jika terlalu tinggi rawan terkena angin kencang dan sambaran petir. 

6. Pakai Antena Tambahan

Letak pemancar dari masing-masing siaran televisi itu tidak sama. Jika Kamu mengarahkannya ke satu pemancar, bisa jadi channel yang lain menjadi buram. Untuk permasalahan ini, solusi yang paling tepat adalah menggunakan antena tambahan, bisa dua atau lebih. 

Karena jumlah antena tidak hanya satu, Kamu bisa memutar masing-masing ke arah pemancar yang berbeda. Tidak perlu khawatir lagi kalau channel yang lain hilang saat diputar ke satu pemancar. Namun pertimbangkan biaya yang diperlukan untuk membeli antena baru. 

Terkait:  Cara Dikte di Google Docs

7. Lapisi Antena dengan Aluminium Foil

Cara agar TV jernih selanjutnya adalah melapisi antena dengan aluminium foil atau timah. Mungkin Kamu meragukan bagaimana bisa lembaran yang termasuk logam ini bisa menghilangkan semut di televisi. Tapi memang begitu fungsinya, sebab lapisan tersebut membuat permukaan antena lebih luas. 

Apabila penampang logam luas, maka makin besar pula sinyal yang diterima. Penggunaan aluminium foil juga membuat lebar pita frekuensi menjadi lebih baik. Selain itu mempersempit area resonansi yang bisa menghalangi sinyal yang tidak diinginkan. 

8. Sambung degan Booster

Mungkin Kamu perlu booster untuk mendapatkan siaran yang lebih jernih. Alat yang berfungi sebagai boosting ini bisa memperkuat penerimaan sinyal oleh antena. Kamu dapat beli produk yang berkualitas secara terpisah. Tapi kadang ada antena yang dijual satu paket dengan booster

Itulah beberapa cara agar TV jernih lagi. Kamu dapat cek dulu apa yang menjadi faktor penyebabnya. Selanjutnya bisa mengatasi mulai dari bagian kabel, antena, atau membetulkan posisi pemasangan yang kurang tepat. 

Similar Posts