Home » Instagram » Cara Mengambil Gambar di Instagram

Cara Mengambil Gambar di Instagram

Banyak orang yang penasaran dengan cara mengambil gambar di Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram sendiri tidak menampilkan fitur untuk menyimpan gambar atau menyimpan video dari instagram ke galeri.

Alasannya, dikarenakan platform IG sebagai aplikasi sosmed tidak mengizinkan siapa pun untuk menyimpan gambar maupun video yang sudah diunggah lewat aplikasi mereka demi menjaga privasi para penggunanya.

Jadi alasannya, bukan karena ingin menyusahkan pengguna lain yang berkeinginan menyimpan video maupun foto menarik yang ada di beranda IG Kalian. Namun juga menjaga privasi Pengguna Instagram dari Orang yang Stalking Instagram kita.

Jika memang ada aplikasi atau cara tertentu yang memungkinkan Kalian menyimpan foto di Instagram ke galeri ponsel, tentu saja hal tersebut diluar tanggung jawab pihak Instagram sebagai platform pengunggah foto dan video itu sendiri.

Cara Mengambil Gambar di Instagram

Cara Mengambil Gambar di Instagram

Mengambil Gambar di Instagram

Cara untuk dapat mengambil gambar di Instagram bisa dilakukan menggunakan aplikasi bantuan ataupun tanpa aplikasi bantuan. Kamu bisa memilih beberapa metode yang telah kami rangkum berikut ini.

Mengambil Gambar di Instagram Tanpa Aplikasi

Ada 3 pilihan cara menyimpan gambar di Instagram tanpa aplikasi yang dapat Kalian gunakan untuk mengunduh foto dari Instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan, diantaranya :

1. Melalui Fitur Screenshot

Cara termudah dan paling simpel karena semua perangkat ponsel pasti sudah dilengkapi oleh fitur screenshot. Tiap HP mempunyai cara tersendiri melakukan screenshot, sebagian ada yang dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan, dan ada pula yang hanya dengan mengusap tiga jari Kalian ke layar, biasanya untuk smartphone baru.

Hal yang perlu Kalian perhatikan ialah jangan lupa melakukan crop pada hasil screenshot gambar Instagram yang Kalian inginkan, sesuai ukuran gambar yang disimpan dengan cara menghilangka sesuatu yang tak perlu, seperti header atau caption di layar ponsel Kalian.

2. Melalui Situs Downloadgram

Selain memakai screenshot, Kalian juga dapat menyimpan gambar IG lewat situs Downloadgram. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi IG Kalian.
  • Cari gambar yang ingin Kalian simpan ke dalam galeri ponsel Kalian.
  • Lalu pilih ikon 3 titik yang tereltak di kanan atas gambar Instagram yang akan Kalian simpan.
  • Selanjutnya klik dan pilih “Salin Tautan”.
  • Lalu buka situs web Downloadgram.com melalui browser yang terdapat di ponsel, PC atau laptop Kalian.
  • Setelah itu paste-kan link yang telah Kalian salin sebelumnya pada kotak yang sudah disediakan dalam web DownloadGram. Kemudian klik “download“.

Sebagai catatan, apabila browser Kalian tidak memakai fitur ad block, saat Kalian hendak menempelkan copy link tautan Kalian, kotak tak akan terisi langsung sehingga Kalian akan teralihkan menuju halaman lain secara otomatis.

Namun, jika browser kalian sudah memiliki fitur AdBlock seperti UcBrowser, kalian bisa baca Cara Mematikan Adblock di UC Browser.

Maka Kalian bisa menekan tombol back pada ponsel Kalian, lalu tempelkan link tautan tersebut kembali yang sudah Kalian salin sebelumnya.

  • Tunggu sesaat, kemudian akan muncul “download image” lalu klik tombolnya untuk men-download gambar ke galeri HP Kalian.

3. Memakai Layanan Simpan Postingan Bawaan Pada Instagram

Fitur yang satu ini memang ada dalam aplikasi Instagram, Kalian dapat menyimpan postingan gambar orang lain, bahkan tidak terbatas pada gambar saja melainkan juga pada video.

Fitur yang satu ini dapat Kalian manfaatkan untuk mengunduh gambar Instagram yang Kalian butuhkan namun tanpa disimpan ke galeri ponsel Kalian.

Tapi sebagai gantinya, Kalian dapat melihat gambar yang sudah disimpan di galeri koleksi pada postingan IG Kalian, caranya sebagai berikut :

  • Buka platform IG Kalian.
  • Setelah itu, cari gambar yang ingin disimpan dalam galeri koleksi IG Kalian.
  • Selanjutnya klik tombol bertuliskan “Simpan ke Koleksi| terletak di samping kanan bawah gambar.
  • Sesudah diklik, maka tombol tersebut akan berubah berwarna hitam. Kalian bisa klik “Lihat Tersimpan” agar Kalian dapat melihat kumpulan postingan yang sudah disimpan sebelumnya.
  • Kalian sudah ada di halaman koleksi postingan IG yang sudah disimpan sebelumnya.
  • Selanjutnya klik folder bertuliskan “Semua Postingan” tadi untuk melihat semua postingan yang sudah disimpan.

Mengambil Gambar di Instagram dengan Aplikasi

Sesudah Kalian mengetahui cara mengunduh gambar dari Instagram tanpa menggunakan aplikasi, kini Kalian bisa menggunakan cara mengambil dan menyimpan gambar menggunakan aplikasi pengunduh foto tambahan.

Ada beberapa pilihan aplikasi simpan foto Instagram yang bisa Kalian coba, diantaranya :

1. FastSave For Instagram

Aplikasi yang satu ini bisa dikatakan lebih cepat dan simpel penggunaannya. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama download aplikasi FastSave terlebih dahulu di App Store atau di Google Play Store.
  • Selanjutnya buka aplikasinya, lalu nyalakan tombol switch, selanjutunya pilih “Open Instagram” agar Kalian bisa masuk ke platform IG Kalian.
  • Lalu salin tautan gambar yang akan diunduh.
  • Proses unduhan pun secara otomatis dapat berjalan. Kalian bisa lihat bar pemberitahuan ponsel Kalian untuk melihat tampilan hasil gambar yang sudah Kalian salin tautannya sebelumnya. Selamat, gambar pun berhasil di simpan!

2. InstaSave-Instagram By Meepo Dev

Tidak hanya digunakan untuk mengunduh dan menyimpan foto, Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk penyimpanan video ke ponsel Kalian dari Instagram. Adapun cara menggunakannya ialah sebagai berikut :

  • Buka gambar yang ingin disimpan.
  • Klik ikon berbentuk titik tiga di bagian kanan atas.
  • Selanjutnya copy link atau salin tautan tersebut.
  • Lalu buka InstaSave yang sudah Kalian unduh sebelumnya lewat PlayStore. Selanjutnya pilih “paste link to download”.
  • Lalu gambar pun terunduh secara otomatis, Kalian bisa tunggu sampai beberapa saat hingga muncul gambar yang indin disimpan sebelumnya.
  • Jika gambar sudah muncul, ini tandanya proses unduhan pun sudah berhasil Kalian lakukan.

Catatan : Jika terjadi Error pada Play Store, cobalah untuk Memperbarui Play Store kalian terlebih dahulu, untuk menghindari munculnya Notifikasi Download Tertunda di Play Store.

Itulah cara menyimpan gambar di Instagram yang bisa Kalian pilih. Silahkan Kalian tentukan mana cara paling nyaman dan mudah sesuai kebutuhan. Jangan malas dan ragu untuk mencoba salah satu dari cara di atas. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *