Home » Cara Kerja » Cara Kerja di Shopee

Cara Kerja di Shopee

Bagaimana cara kerja di Shopee? Shopee merupakan salah satu situs e-commerce yang memiliki pengguna paling banyak di Indonesia, di samping Blibli, Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia.

Dengan semakin perkembangnya perusahaan marketplace ini, mereka tentunya semakin membutuhkan banyak karyawan untuk mengisi beberapa posisi yang ada di berbagai kota hingga negara, tak terkecuali di Indonesia.

Jika Kamu ingin memiliki pengalaman lebih banyak, dan ingin memiliki penghasilan yang mencukupi, maka salah satu peluang karier yang bisa Kamu tekuni ialah dengan melamar pekerjaan di Shopee.

Belum lagi, kini bekerja di Shopee tak hanya di Jakarta saja sebagai kantor pusatnya. Bahkan bagi Kamu yang berdomisili/tinggal di Yogyakarta, Kamu juga bisa ditempatkan di kantor Shopee yang ada di Jogja.

Cara Kerja di Shopee

Cara Kerja di Shopee

Img: https://youtu.be/HqopinauBuA

Untuk mendapatkan pekerjaan di Shopee, ada beberapa tahapan yang harus Kamu lalui. Berikut cara kerja di Shopee mudah bagi pemula, diantaranya :

1. Mencari Sumber Informasi Lowongan Kerja

Mungkin banyak orang yang kebingungan mencari tempat informasi lowongan kerja di Shopee, termasuk Kamu. Nah, untuk mendapatkan informasi tentang lowongan di Shoopee ter-update, Kamu bisa mengunjungi situs Shopee Karir, dengan mengaksesnya di laman careers.shopee.co.id.

Kamu bisa mengecek laman tersebut untuk mendapatkan informasi terkini tentang posisi lamaran yang sedang dibutuhkan oleh Shopee.

Biasanya ada beberapa posisi yang dibutuhkan di Shopee, seperti Operation – Debtt Collection, yang bertugas untuk memantau dan menganalisa mulai dari para pembeli mencari barang/produk hingga pembeli mulai menerima produk tersebut.

Dimana departemen tersebut terdiri atas beberapa tim, diantaranya tim pembayaran, customer servicefraud, operasional penjual, pengiriman, listings, dan warehouse.

2. Lakukan Pendaftaran

Jika Kamu sudah menemukan departemen atau posisi lamaran yang cocok sesuai kemampuan, kini saatnya Kamu bisa mendaftar lamaran tersebut. Namun, ada beberapa kriteria atau persyaratan khusus calon pendaftar yang harus Kamu penuhi terlebih dahulu.

Nah, biasanya departeman yang dibutuhkan di Shopee seperti Operation-debt collection lebih menyukai orang-orang dari lulusan sarjana, berperilaku baik, mampu mengoperasikan Microsoft Office, dapat menganalisas permasalahan serta menemukan solusinya, dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Nah, jika dirasa Kamu masuk ke dalam kriteria yang sudah disebutkan di sana. Kamu tinggal mendaftar posisi tersebut dengan cara pilih atau tekan “kirim lamaran” pada bagian bawah.

Jika sudah dialihkan di halaman selanjutnya, Kamu akan diminta melakukan pengisian data diri, seperti nama depan dan belakang, title, pendidikan terakhir, negara, akun email, komentar, nomor kontak dan mengunggah CV atau resume. Baru kemudian tinggal “kirim”.

3. Tes Interview

Jika Kamu berhasil lolos tahap administrasi, maka Kamu akan mendapatkan email masuk dari Shopee untuk pemberitahuan tes wawancara atau interview. Pastikan Kamu selalu membawa resume dan kartu identitasmu saat interview.

Biasanya tes wawancara di perusahaan ini menerapkan sistem gugur. Di tahap pertama, calon penerima kerja diminta mengisi test matematika dasar dan test Shopee.

Kemudian, Kamu akan diminta menunggu informasi pengumuman apakah lanjut mengikuti sesi tes selanjutnya atau tidak.

Jika sesi pertama lolos, Kamu bisa melakukan sesi kedua yaitu interview berbahasa Inggris, mengenai kekurangan dan kelebihan si pelamar dan apa saja yang diketahui oleh si pelamar tentang departemen yang dilamarnya.

Kemudian sesi ketiga, jika lolos sesi kedua Kamu akan mengikuti uji kemampuan menggunakan Microsoft Office dan Excel.

Jika sesi ini sudah selesai, selanjutnya semua pelamar diminta pulang serta menunggu kabar selanjutnya via email.

Biasanya jika Kamu masuk kualifikasi dan lolos serangkaian uji/seleksi masuk menjadi karyawan di Shopee, Kamu akan langsung mendapat kabar sekitar 3 harian bahwa Kamu lolos dan diterima sebagai karyawan di Shopee.

Dari situ, Kamu akan dipanggil untuk melakukan penandatanganan kontrak.

4. Mulai Bekerja

Selamat, Kamu pun bisa mulai bekerja menjadi karyawan di Shopee. Nah, jika Kamu kebetulan diterima kerja sebagai Customer Service.

Tentu pekerjaan ini dituntut untuk mengharuskanmu memiliki kesabaran tinggi sebab Kamu akan langsung berhubungan dengan customer.

Nah, saat masuk kerja pertama kali di Shopee akan diingatkan kembali tentang hak maupun kewajiban untuk para pekerja.

Selain itu, biasanya karyawan baru akan diberikan penjelasan lebih dulu tentang organisasi yang ada di Shopee, acara-acara apa saja yang biasa diadakan oleh Shopee, berikut SOP-nya.

Selanjutnya Kamu akan diminta melihat-lihat cara kerja di Shopee dengan melihat rekan-rekan kerjamu yang baru.

Sesudah memahami job desk, selanjutnya Kamu bisa mulai bekerja. Berkomunikasi langsung dengan para pelanggan.

Balik lagi, jika Kamu diterima sebagai Customer Service di Shopee maka harus tahan mental karena ada ribuan pelanggan yang harus Kamu hadapi dengan karakter yang berbeda, mulai dari yang ramah hingga yang berkata kasar.

Itulah sekelumit tentang cara kerja di Shopee yang bisa Kamu ikuti setiap tahapannya. Selain itu, berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan di Shopee, menggunakan calo atau sejenisnya.

Untuk bisa lolos bekerja di Shopee, buatlah resume atau CV yang semenarik mungkin supaya menarik minat bagian HRD shopee.

Jika Kamu masih belum berhasil, jangan langsung patah arang, sebaliknya Kamu bisa mencoba kembali melamar pekerjaan di Shopee. Selain itu, Kamu juga tetap bisa menikmati layanan Shopee untuk berjualan jika menjadi karyawan bukan passion-mu.

Toh, ada banyak sekali orang yang sukses berjualan dengan memanfaatkan aplikasi marketplace ternama ini. Belum lagi, Shopee menawarkan fitur dan aplikasi yang user friendly, sehingga sangat memudahkan para calon penjual untuk mulai berjualan di aplikasi ini.

Jadi, tidak melulu harus menjadi karyawan di Shopee untuk mendapatkan penghasilan. Sambil Kamu menunggu jawaban dari Shopee, Kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller atau dropship di Shopee.

Lebih bagus lagi jika Kamu memiliki produk sendiri untuk dijual. Jadi, Kamu hanya perlu meng-upload foto-foto produkmu di Shopee, tambahkan deskripsi produk dengan langkap, lalu tunggu ada pembeli yang melirik produkmu.

Bagaimana, cara kerja di Shopee sangat mudah kan? Asalkan Kamu harus benar-benar menampilkan sisi terbaikmu agar Kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai passion-mu di Shopee. Semoga bermanfaat!