Home » Biaya » Biaya Bikin Kolam Renang

Biaya Bikin Kolam Renang

Belakangan ini kolam renang semakin disukai semua orang, terutama anak-anak karena mereka bisa menghabiskan waktu saat bermain air bersama keluarga.

Akan tetapi, kamu tidak perlu datang ke tempat rekreasi untuk berenang lantaran biaya bikin kolam renang terbilang minim sehingga kamu dapat membangunnya di rumah. Di samping itu pembuatan kolam renang tidak memakan waktu lama dan sesuai dengan estimasi biaya dan waktu yang kalian miliki.

Walaupun kolam renang bisa dimiliki rumah pribadi, namun pembangunannya akan selalu butuh Rincian Anggaran Biaya (RAB) maupun estimasi waktu secara efektif dan signifikan.

Hal ini dikarenakan keduanya harus sesuai dan seimbang supaya kamu bisa mencegah pengeluaran biaya tambahan. Apabila kamu tidak menyusun daftar rincian biaya pembuatan kolam renang, dipastikan budget yang dikeluarkan bakal lebih besar daripada dana persiapan awal.

Kalian bisa mempertimbangkan berbagai macam aspek sebelum membangun kolam renang pribadi di rumah. Selain itu, kami sarankan pemilik rumah perlu menentukan lokasi penempatan sampai jumlah anggaran yang bakal digunakan sejak perancangan awal sampai akhir.

Jangan pernah membangun kolam renang berukuran besar dengan mengorbankan lahan tanah yang sebenarnya digunakan untuk kebutuhan lain di rumah, agar kamu dapat memanfaatkannya bagi kebutuhan primer lain.

Biaya Bikin Kolam Renang

Biaya Bikin Kolam Renang

Biaya Bikin Kolam Renang

Seiring berjalan waktu rupanya kolam renang bukan hanya dianggap sebagai kebutuhan sekunder untuk hiburan semata. Kolam renang sudah disebut sebagai salah satu bagian penting dalam memperindah dan mempercantik sebuah rumah.

Pasalnya, kolam renang cenderung dibutuhkan semua orang untuk olahraga demi kebugaran dan kesehatan tubuh, terutama anak-anak yang senang bermain air bersama orang tua atau teman-temannya. Kondisi ini membuat kalian sebagai orang tua pasti ingin membuatnya di pekarangan rumah dengan bentuk maupun ukuran sederhana.

Apakah membuat kolam renang butuh dana ratusan juta? Kendati demikian, siapa saja pasti bakal berasumsi seperti itu. Situasinya bergantung pada luas kolam renangnya, semakin besar ukurannya maka kamu bisa menghabiskan dana lebih banyak lagi.

Oleh karena itu, kamu bisa mengikuti dan menyimak pembahasan ini mengenai apa saja yang harus dipahami sebelum maupun sesudah kolam renang dibangun, kamu juga tidak perlu keluarkan dana tambahan pasca pembuatannya.

Biaya Bikin Kolam Renang, Buah Hati Happy dengan Budget Minim

Kami akan memberitahu mengenai informasi pembuatan kolam renang secara rinci, mulai dari anggaran besar sampai paling minim sekali pun. Anak-anak kalian pasti akan senang dan tidak akan berkeliaran di luar rumah. Kalian sebagai orang tua bakal merasa aman dan tenang dengan kehadiran kolam renang untuk menemani si kecil selama beraktivitas di dalam rumah. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membangun kolam renang antara lain :

Apa Saja Sistem Sirkulasi Kolam Renang?

Pertama, sistem sirkulasi skimmer menerapkan sebuah aksesoris skimmer box pada pinggir kolam renang (topping kolam renang) yang tidak memiliki air flow ke bagian samping.

Tak hanya itu, ciri-ciri lainnya adalah kolam renang skimmer mempunyai level ketinggian di bawah 10 cm topping kolamnya, sedangkan kolam renang yang menerapkan sistem sirkulasi ini lebih diandalkan lahan sempit untuk meninggalkan kesan minimalis.

Kedua, sirkulasi over flow biasa mempunyai bak balancing tank dimana air yang tumpah bukan hanya tumpah pada sisi kolam, namun juga meluap ke seluruh isinya.

Kolam renang ini cenderung ditempatkan pada lokasi yang datar dan luas. Hal ini dikarenakan tingkat volume airnya paling tinggi dan mampu keluar dari permukaan kolam selama kalian berenang. Pastikan lokasi sekitar kolamnya juga tidak berdekatan langsung dengan bagian dalam rumah.

Terakhir adalah sirkulasi semi over flow yang permukaan air bisa tumpah pada sisi panjang atau lebar dari kolam renang itu sendiri. Di samping itu kolam renang bersistem ini memiliki saluran flow maupun balancing tank.

Kolam renangnya dinamakan semi over flow lantaran air yang tumpah tidak mencapai 100% seperti over flow, namun sebagian saja dan menghadirkan area kontur supaya tampilannya bisa menyajikan sedikit sentuhan berbeda layaknya air terjun.

Apa Saja Hal yang Diperhatikan Saat Bikin Kolam Renang?

Kalian perlu memperhatikan lokasi pembuatan kolam renang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan lokasi tidak sesuai bakal berdampak terhadap tingkat kesulitan pembangunan yang akan dikerjakan para kontraktor, sedangkan budget (upah) nya juga semakin besar bila risiko bikin kolam renang lebih rumit.

Kalian tidak berhak complain kepada kontraktor lantaran fee yang mereka inginkan selalu menyesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatan sesuai lokasinya.

Jangan lupa menentukan mesin pompa dan filter kolam renang nya. Tak bisa dipungkiri bila pompa dan filter air berdampak pada pembuatan kolam renang minimalis di rumah kamu.

Jika kamu tidak tahu semua mereknya, maka kamu bisa bertanya kepada kontraktor yang hendak mengerjakan proyek tersebut. Berapa harganya? Kami pastikan budget yang harus disiapkan untuk membeli mesin filter atau pompa air tidak pernah lebih dari Rp.15 juta s/d Rp.20 juta.

Aspek terpenting selama membuat kolam renang adalah pilihlah jasa kontraktor terpercaya yang berpengalaman. Pasalnya, kontraktor profesional akan tahu estimasi biaya dan waktu yang kalian habiskan.

Mereka tidak akan curang bahkan menipu kalian sebagai klien yang mengandalkan jasa dan tenaganya. Tak hanya itu, jasa kontraktor terpercaya akan selalu memprioritaskan kualitas agar kamu dapat mencapai kepuasan terhadap hasil proyek yang dikerjakan.

Berapa Rincian Anggaran Biaya Bikin Kolam Renang 3×5?

  • Sistem Pompa : Rp.18,000,000.
  • Kontruksi : Rp.2,500,000/m2.
  • Pengisian Air Kolam (PDAM) : Rp.600,000.

Rinciannya adalah :

Panjang x Lebar : 3 x 5 = 15 m2.

15 m2 x 2 x Rp.2,500,000

Rp.75,000,000 + (Rp.18,000,000 + Rp.600,000)

Rp.93,600,000

Berapa Rincian Anggaran Biaya Bikin Kolam Renang Mini?

  • Keramik : Rp.2,000,000.
  • Konstruksi Beton (Cor dan Upah Pekerja) : Rp.5,000,000.
  • Peralatan Sirkulasi Kolam : Rp.600,000.
  • Sirkulasi Air : Rp.500,000.
  • Alat Penyedot Endapan Kotoran : Rp.200,000.
  • Peralon dan Serokan : Rp.400,000.
  • Alat Penyedot dari Bak Penampung Limpahan : Rp.250,000.
  • Disinfektan dan Penjernih Air : Rp.200,000.
  • Instalasi Listrik : Rp.450,000.
  • Air di Pemasok Air Isii Ulang : Rp.1,000,000

Jumlah Keseluruhan : Rp.10,600,000.

Bagaimana Merawat Kolam Renang?

Apabila kamu sudah menghitung anggaran pembuatan kolam renang, pastikan kamu tahu cara membersihkan dan merawatnya. Tak hanya itu, kalian perlu tahu rincian biaya kebersihan yang harus digunakan secara berkala.

Secara umum pemilik kolam renang apa saja bakal menggunakan kaporit dengan estimasi waktu per 3 atau 4 hari sekali. Jangan lupa memperhatikan sirkulasi airnya walaupun kolam renang kaliam gunakan secara terus menerus.

Demikian informasi mengenai biaya bikin kolam renang supaya anak-anak kalian bisa tetap senang dan kamu juga bisa berlibur bersama keluarga di rumah.

Tak mustahil informasi yang kami sampaikan di atas bakal sedikit melenceng dari prediksi kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menambah sedikit anggaran pasca perhitungan di atas untuk menutupi hal-hal tak terduga selama proses pembuatan dan perancangan kolam renang sedang berlangsung.