Biaya cetak emas tamasia

Biaya Cetak Emas Tamasia

Investasi emas, kini sudah menjadi trend di kalangan masyarakat. Terutama, bagi mereka yang sadar akan kebutuhan untuk berinvestasi demi menjaga perekonomian dirinya di masa mendatang. Lalu, tahukah Anda berapa biaya cetak emas Tamasia?

Apa sih arti dari biaya cetak itu?
Biaya cetak merupakan salah satu tarif yang dikenakan kepada para nasabah pemilik emas ketika proses percetakan emas berlangsung. Beberapa merek emas yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas, pada dasaranya memiliki standar biaya cetaknya masing-masing.

Sebut saja biaya cetak yang dikeluarkan oleh perusahaan PT Aneka Tambang atau PT Antam Tbk, dimana harga cetaknya dibandrol sebesar Rp 100.000,- untuk emas dengan berat sebesar 1 gram. Berikutnya masih di angka 1 gram ada PT UBS menawarkan harga cetak Rp 60.000,-.

Lalu, PT Galeri24 sendiri menargetkan harga cetak emasnya sebesar Rp 50.000,- untuk ukuran emas sebesar 1 gram. Semakin tinggi angka gram emas yang dicetak, maka biaya percetakannya akan menurun atau lebih murah. Harga cetak belum termasuk harga beli.

Sehingga, jika ditotal secara keseluruhan kurang lebih harganya mencapai Rp 900.000,- keatas untuk pembelian 1 buah emas batangan dengan berat 1 gramnya. Meskipun merek yang Anda beli tidak terlalu terkenal seperti Antam, rata-rata harga yang ditawarkan sama.

Semakin tinggi tingkat kemurnian dari logam tersebut, maka nilai jual yang diberikan akan turut meningkat. Apalagi, kebanyakan emas batangan yang dipasarkan menawarkan tingkat kemurniannya mencapai persentase sebesar 99,99%. Berikut penjelasan biaya cetak tamasia dan pengertian dari tamasia itu sendiri.

Biaya Cetak Emas Tamasia

Biaya cetak emas tamasia
Biaya cetak emas tamasia

Kenalan yuk, dengan tamasia!

Tamasia adalah sebuah aplikasi yang didirikan oleh PT Tamasia Global Sharia sebagai bagian dari platform penyedia layanan pembelian dan penyimpanan emas, berlaku untuk saldo emas dari Rp 10.000,-. Proses transaksinya mudah dan cepat tanpa melalui perantara.

Terkait:  Biaya Deposit Indihome

Tamasia termasuk kedalam platform yang lebih terfokus kepada pemesanan cetakan emas dengan sertifikasi Antam. Pengiriman barang fisik hasil cetakan logam mulia dapat dikirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Lalu, transaksi yang dilakukan melalui tamasia amankah?

Pertanyaan tersebut terkadang hadir diantara para nasabah yang melakukan proses penjualan dan pembelian di tamasia. Anda tidak perlu khawatir, karena proses transaksi yang berlangsung akan berada langsung dibawah pengawasan BAPPEPTI.

Bagi yang belum tahu BAPPEPTI, kepanjangannya adalah Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi. Dimana, setiap kali perusahaan emas yang mendaftar akan secara otomatis mengikuti setiap peraturan yang diterapkan oleh BAPPEPTI.

Selain sudah terdaftar sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jual-beli emas, Tamasia juga bertindak sebagai perusahaan sah yang memiliki kredibilatas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tamasiapun, sudah terdaftar di bawah KEMKOMINFO.

Berikutnya selain keamnanan transasksi yang terjamin, proses pembelian emas di Tamasia menerapkan asas syariah. Oleh karena itu, emas yang diperjualbelikan seluruhnya menggunakan emas bentuk fisik bukan dalam keadaan wujud trading atau sebatas lembaran.

Model transparan seperti ini, bisa juga kalian temukan di pegadaian. Antara tamasia vs pegadaian, mana yang lebih transparan? Jelas jawabannya adalah tamasia. Sebab, tidak ada istilah pemesanan cetak emas karena emas yang dibeli sudah dalam kondisi fisik batangan.

Cara melakukan verifikasi akun di tamasia

Setiap kali melakukan pembelian dan penjualan emas, pasti nasabah perlu membuat akun demi keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi. Demikian pula hal yang diterapkan oleh Tamasia. Adapun tahapan cara memverisikasi akun di Tamasia, sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Tamasia ke dalam smartphone Anda
  • Setelah selesai, buka aplikasi dan pilih kata setuju sebagai tanda Anda telah menyetujui setiap ketentuan yang diterapkan kepada pengguna ini
  • Pilih menu akun saya kemudian pilih verifikasi akun sebagai upaya Anda dalam melakukan verifikasi alamat email.
  • Lalu, mulai upload KTP serta data rekening yang telah Anda miliki saat mendaftar langsung di aplikasi Tamasia
  • Berikutnya, Anda pilih profil saya untuk mengisi kelengkapan data diri serta alamat tempat tinggal yang sesuai dengan KTP
  • Proses verifikasi perlu ditunggu dalam kurun waktu 2 x 24 jam pada hari kerja
Terkait:  Biaya Kuliah UDINUS

Setelah selesai melakukan verifikasi, Anda tinggal melanjutkan transaksi karena akun anda sudah terjaga kemananannya dan telah dipastikan pemilik dan pengguna akun tersebut merupakan orang yang sama bukan orang lain. Ada juga fitur lain yang bisa dipakai.

Fitur tambahan yang dimaksud,,yaitu fitur percetakan dan penjualan emas.Selain itu, tidak ada opsi tambahan pada pengisian bagian rekening bank serta rekening giro. Anda dapat memilih salah satunya saja, tapi harus diisi dengan benar dan sesuai.

Nama yang tertera dalam rekening bank ataupun giro yang Anda miliki harus sesuai juga dengan nama yang tercantum dalam KTP. Supaya, nantinya pihak Tamasia dapat memastikan penerima dana dari hasil penjualan emas akun Anda tidak tersalurkan ke orang lain.

Bila suatu hari akun milik Anda ditutup paksa oleh pihak Tamasia,berarti ada kelengkapan data diri yang tidak sesuai saat melakukan pengisian atau verifikasi akun. Pengelola Tamasia, akan melakukan pengecekan kepada pemilik akun apakah data sudah sesuai atau belum.

Kesesuaian tersebut, dilihat dari data yang terdapat di KTP serta buku rekening dari pemilik akun. Bila Anda mengalami permasalahan dimana data diri milik Anda ditemukan dalam akun Tamasia orang lain, sebaiknya segera laporkan masalah tersebut ke pihak Tamasia.

Laporan keluhan dapat ditindaklanjuti dengan cara mengirimkan email ┬áke [email protected]. Tidak perlu lagi repot-repot mendatangi kantor Tamasia. Pembelian emasnya sendiri, dapat dilakukan melalui kantor pos terdekat.

Caranya sangat mudah, setelah memilih menu beli emas dalam aplikasi Tamasia. Kemudian Anda hanya perlu mengklik pilihan nominal yang sudah terlihat di layar sesuai keinginan. Kalau ada nominal lainnnya yang ingin diketik secara manual, pilih bagian lainnya.

Minimal saldo yang dapat dilakukan untuk transaksi mulai dari Rp 10.000,-. Setelah selesai, pembayaran emas Anda dinyatakan berhasil ketika transfer bank juga telah selesai. Aplikasi akan menunjukkan emas yang telah dibeli di bagian menu emas saya.

Terkait:  Biaya Desain Rumah

Nasabah yang ingin melakukan pembayaran melalui kantor pos, tinggal tunjukkan nomor VA POS ke bagian admin. Cara mendapatkan nomor VA ini, secara otomatis akan terlihat setiap kali akun tamasia telah terverifikasi. NOmor VAnya dilihat di bagian menu akun saya.

Setiap kali nasabah melakukan pembelian emas, akan langsung masuk ke bagian emas saya. Jika sudah mencapai angka cetak tertentu, contohnya 0,5 gram, maka emas baru akan dicetak oleh pihak pengelola Tamasia. Selanjutnya, langsung dikirimkan ke alamat pemilik akun.

Adapun nominal maksimal transaksi yang dapat dilakukan oleh setiap pemilik akun Tamasia, yakni kisaran Rp 100.000.000,- untuk hitungan 1 hari atau 24 jam. Lalu, untuk proses jual emasnya sendiri, bagi penjual yang pertama kali melakukan transaksi bisa mulai di 0,05 gram.

Penjualan berikutnya tidak akan diterapkan batasan minimal oleh pihak Tamasia. Jadi, itulah beberapa informasi terkait harga emas tamasi, jawaban dari pertanyaan tamasia amankah untuk bertransaksi serta penjelasan antara tamasia vs pegadaian. Semoga bermanfaat.

Similar Posts