Biaya cetak rekening koran BCA

Biaya Cetak Rekening Koran BCA

Bank BCA atau Bank Central Asia yang cukup populer di kalangan para pengusaha ataupun masyarakat umum ini, menawarkan berbagai keuntungan menarik. Mulai dari lengkapnya pelayanan yang diberikan, hingga biaya cetak rekening koran BCA dengan tarif rendah.

Sebelum membahas lebih jauh, kenalan dulu yuk! dengan istilah umum yang sering digunakan dalam dunia perbankan. Salah satu istilah tersebut tidak lain adalah rekening koran. Rekening koran sendiri merupakan rangkuman segala bentuk transaksi keuangan dari sebuah rekening.

Sifat catatan transaksinya menyeluruh. Sedangkan buku rekeningnya, dapat berasal dari perorangan atau milik suatu badan usaha. Munculnya istilah rekening koran sendiri, sebenarnya diambil dari Bahasa Belanda yakni courant.

Adapun data yang dilampirkan didalam rekening koran, yaitu berisi rincian keuangan yang berkaitan dengan pergerakan debit dan kredit, serta dana yang berasal dari hasil arus transfer masuk maupun keluar rekening. Baik ketentuan atau sistemnya berbeda di setiap bank.

Rekening koran, ada yang diberikan secara kontinyu dalam jangka waktu tertentu, dikirimkan ke nasabah yang bersangkutan tanpa harus diminta terlebih dahulu, serta ada juga yang perlu mengajukan surat permintakan cetak rekening koran untuk mendapatkannya.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, nasabah tidak perlu bersusah payah mendapatkan catatan transaksi. Seluruhnya, dapat diproses secara online melalui smartphone. Mulai dari daftar transaksi sampai mutasi rekening tesedia dalam hitungan detik.

Akses untuk mendapatkan informasi transaksi ataupun mutasi, dapat digunakan oleh nasabah, melalui mobile application, mesin ATM atau website bank resmi. Walaupun sudah jarang masyarakat yang meminta rekening koran, pihak bank masih akan memprosesnya dan memberikan biaya cetak rekening koran BCA.

Biaya Cetak Rekening Koran BCA

Biaya cetak rekening koran BCA
Biaya cetak rekening koran BCA

Biaya cetak rekening koran BCA

Umumnya, setiap bank akan memberikan biaya admin tersendiri sesuai dengan kebijakan dari pihak bank yang Anda gunakan, contoh disini misalnya adalah bank BCA. Bank BCA menerapkan tarif sebesar Rp 2.500 setiap lembarannya.

Terkait:  Biaya Jahit Baju

Biaya cetak rekening Koran BNI, dibandrol dengan harga kisaran Rp 2.500 hingga Rp 3.000,- setiap lembarnya. Berikutnya ada bank Permata yang dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- di setiap lembar cetakannya.

Selanjutnya, bank Mandiri dikenakan biaya Rp 2.500,- setiap kali cetakan transaksi per 3 bulan terakhir di setiap lembarnya, lalu jika ingin mengetahui hasil transaksi per 6 bulan terakhir, akan dibebankan biaya cetak sebesar Rp 5.000,-.

Bank BRI sendiri, menetapkan biaya yang cukup mahal yaitu sebesar Rp 25.000,- di setiap lembar cetak rekening korannya untuk catatan 12 bulan terakhir. Lalu, tahukah Anda keunggulan yang dapat diperoleh dari mencetak rekening koran?

Keunggulan mencetak rekening koran BCA

1. Pengajuan pembuatan visa

Pembuatan visa kerap dilakukan oleh masyarakat, ketika dirinya ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Baik itu untuk urusan dinas kerjaan maupun urusan pribadi. Kebutuhan akan visa ini, cukup penting karena sebagian besar negara-negara maju mengharuskan adanya visa.

Alasannya sebenarnya cukup sederhana. Saat seseorang telah menunjukkan rekening koran miliknya, secara otomatis pihak pengelola visa merasa yakin dan percaya bahwa pelaku pengajuan visa mampu bertahan hidup di negara lain selama kurun waktu tertentu.

Karena hal itulah, cetakan rekening koran dari suatu bank menjadi salah satu persyaratan ang harus disertakan saat menyerahkan dokumen-dokumen pengajuan pembuatan visa. Adapun dokumen lainnya seperti, PPh atau pajak penghasilan, SPT (Surat Pemberitahuan), slip gaji.

Masih dokumen yang diperlukan, ada surat pajak bumi,dan bangunan yang dikenal dengan istilah PBB, daftar riwayat transaksi selama 3 hingga 6 bulan kebelakang yang nantinya tertera di dalam lembaran hasil cetak rekening koran.

 2. Menganalisa ringkasan transaksi

Kegunaan lainnnya dalam mencetak rekening koran ini, yaitu mengetahui tampilan catatan transaksi dalam periode atau selang waktu tertentu. Informasi didalamnya, akan ditampilkan berbagai macam catatan keuangan mulai dari saldo hingga biaya administrasi.

Terkait:  Biaya Ganti Meteran Listrik

Selain itu, tidak hanya ada tanggal serta waktu transaksi yang terlihat layaknya saat Anda mencetak buku tabungan. Rekening koran menampilkan hal-hal yang sifatnya detail sampai dengan pesan yang ditampilkan saat melakukan sebuah transaksi.

3. Sebagai bukti hukum yang kuat

Bila suatu saat ada nasabah yang mengalami permasalahan dengan pihak bank atau dituding melakukan kasus pencucian uang, rekening koran dapat dijadikan sebagai alat banding hukum karena memiliki kekuatan hukum didalamnya. Karena, tercantum catatan mutasi juga.

Jadi, isinya valid dan tidak dapat dirubah-ubah oleh pihak bank maupun pemilik buku rekening itu sendiri. Oleh sebab itu, bagi yang bertanya bolehkah print  rekening koran BCA diwakilkan? Jawabannya adalah tidak boleh dan tidak diperkenankan untuk diwakili.

Alhasil, proses pembelian tidak dapat diproses karena uangnya belum masuk ke rekening penerima. Nah… catatan rekening koran disini, juga dapat menjadi bukti yang kuat untuk mengajukan keluhan kepada pihak bank dan meminta pertanggung jawaban dari banknya.

4. Pengajuan pinjaman

Seseorang yang hendak melakukan pinjaman dana ke suatu bank atau pegadaian, biasanya akan diminta untuk menunjukkan hasil cetak rekening koran miliknya. Hal tersebut untuk menghindari pihak yang meminjamkannya dirugikan karena peminjam tidak mampu bayar.

Berkas satu ini, diserahkan sebagai penunjang dalam proses peminjaman. Sehingga, pihak pemberi dana dapat melakukan verifikasi data serta mencocokkan berkas tersebut dengan bukti fisik dari benda atau berkas berharga yang dijadikan sebagai jaminan.

5. Peserta lelang

Prosesi lelang, memang momen yang paling banyak ditunggu oleh masyarakat. Terutama, ketika suatu bank tertentu melangsukan lelang rumah ataupun benda berharga lainnya seperti emas maupun mobil. Umumnya, barang lelangan akan dibandrol dengan setengah harganya.

Terkait:  Biaya Admin BRI

Atau dapat juga dikatakan dikenakan potongan diskon hingga 50% dari harga umumnya. Tentu, hal ini menjadi sangat langka dan siapa cepat maka ialah yang akan mendapatkan barang tersebut. Peserta lelang yang terpilih, nantinya akan dimintai rekening koran.

Hal ini, untuk memastikan bahwa dirinya memiliki dana sehat dengan jumlah saldo nyata yang terlihat didalam rekening pribadinya. Sehingga, kedua belah pihak saling transparan serta tidak ada kendala di masa mendatang setelah proses pelelangan berakhir.

6. Pengecekan atau audit laporan keuangan

Audit merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau pihak tertentu untuk mengontrol dan memastikan aliran dana tidak mengalir dalam kegiatan yang bersifat ilegal. Sedangkan orang yang melangsungkan audit, disebut sebagai auditor.

Auditor memiliki kuasa untuk melihat bukti lampiran cetak rekening koran disebuah perusahaan yang umumnya tidak akan diperlihatkan kesiapapun karena sifatnya yang rahasia. Tujuan dari adanya rekening koran ini, dapat dijadikan sebagai rekapan dari daftar keuangan.

Sehingga, bila terjadi cacat transaksi atau adanya aliran dana yang mencurigakan akan dapat diketahui dengan menganalisa secara baik-baik perihal transaksi masuk ataupun keluar. Oleh karena itu jugalah tidak sembarang orang dapat mengetahui rekening koran perusahaan.

Sekian pembahasan mengenai biaya cetak rekening koran BCA, jawaban dari bolehkan print rekening koran BCA diwakilkan, serta rekening koran BCA 3 bulan terakhir yang bisa Anda dapatkan dengan mengajukan permohonan cetak ke bank BCA terdekat. Semoga bermanfaat.

Similar Posts