Home » Mengatasi » Penyebab Klakson Mobil Mati

Penyebab Klakson Mobil Mati

Apa saja yang jadi penyebab klakson mobil mati sih? Klakson mobil memiliki fungsi untuk memberi peringatan bagi kendaraan lain maupun lingkungan sekitar ketika digunakan berkendara.

Tentu saja, klakson menjadi salah satu komponen sangat penting bagi kendaraan. Sayangnya, seringkali pemilik lupa dalam hal perawatan klakson. Tidak jarang masalah-masalah mulai muncul, bisa saja klakson mendadak terus berbunyi atau bahkan klakson mobil mati total.

Klakson yang berbunyi secara terus menerus di tengah perjalanan memang membuat frustasi dan panik. Namun, saat klakson mobil dalam keadaan mati, kebanyakan orang cenderung mengabaikannya.

Padahal, jika mengingat fungsinya yang jarang dipakai, tetap saja klakson merupakan komponen penting yang tidak seharusnya dibiarkan begitu saja.

Klakson tetap berguna dan pasti dipakai dalam beberapa kesempatan, termasuk memberikan peringatan untuk sesuatu hal yang terjadi di depan mata.

Sayangnya, saat ada klakson, terdapat beberapa pengendara yang tidak menggunakannya dengan bijak. Mereka memakai klakson ini untuk menegur maupun marah-marah di jalan.

Memang, tugas utama dari klakson ini sebenarnya adalah untuk memberi informasi kepada pengendara lain untuk memberi jalan atau semacam peringatan.

Penyebab Klakson Mobil Mendadak Mati

Penyebab Klakson Mobil Mati

Klakson Mobil Mati

Kira-kira, apa yang menyebabkan klakson tidak bisa digunakan? Yuk, ketahui dulu beberapa hal yang mengakibatkan klakson mobil yang Kamu gunakan mati. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Kabel Sekering Pada Klakson Putus

Hal utama yang mungkin menjadi penyebab klakson mobil mati adalah putusnya kabel sekering yang terhubung dengan klakson.

Ketika klakson mati mendadak, yang pertama harus dicurigai adalah sekering ini. Sekering sendiri adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengamankan rangkaian listrik pada mobil, agar tidak terdapat kelebihan muatan.

Jika ada kabel pada sekering putus maupun mengalami kerusakan, maka seluruh sistem kelistrikan dalam mobil, termasuk klakson akan terkena dampaknya. Dengan demikian, suara klakson pun menjadi melemah atau bahkan tidak akan mengeluarkan suara sama sekali.

Umumnya, letak rangkaian sekering ini berada di dalam ruang mesin mobil di bagian sisinya. Bentuk dari sekering sendiri menyerupai garpu yang dilapisi oleh plastik berwarna.

Kalau sekering ini mengalami kerusakan, yang perlu Kamu lakukan hanyalah melakukan penggantian. Belilah sekering yang baru, lalu gantilah. Apabila kesulitan, pergilah ke bengkel terdekat!

2. Switch Pada Klakson Mengalami Masalah

Selain sekering yang putus, masalah yang terjadi pada switch juga bisa menjadi penyebab klakson mobil mati mendadak.

Jika sekering terletak di dalam mesin mobil, maka switch ini terdapat pada tombol klakson yang berhubungan langsung dengan setir mobil.

Apa yang harus dilakukan ketika switch klakson bermasalah? Untuk memperbaiki kerusakannya, Kamu harus membongkar setir mobil dengan hati-hati.

Hal terburuk yang terjadi ketika membongkar setir sendiri adalah tiba-tiba tertinju airbag. Oleh karenanya, apabila mengalami kesulitan, akan lebih baik percayakan hal ini pada ahlinya.

Bawalah ke bengkel profesional dengan montir berkemampuan mumpuni.

3. Kabel Penghubung Pada Klakson Rusak

Untuk menjalankan fungsinya, tentu klakson didukung oleh beberapa komponen lainnya yang membentuk satu kesatuan. Jika ada satu hal yang bermasalah dalam bagiannya, maka akan menimbulkan akibat yang cukup besar. Salah satunya apabila terjadi kerusakan pada komponen kabel penghubung.

Ada banyak hal yang sekiranya menjadi penyebab klakson mobil mati karena masalah yang terjadi di kabel. Beberapa di antaranya seperti timbul jamur, terjadinya korosi, kabel putus, atau bahkan adanya korsleting.

Cara yang paling umum dilakukan untuk mencegah kabel pada klakson mobil bermasalah yaitu melakukan pengecekan pada bagian ini secara berkala. Jika perlu, lakukanlah pembersihan pada bagian di sekitar kabel. Lalu, pasangkan kembali ke posisi semula.

Dan, apabila terlanjur terjadi masalah, lakukanlah pengetesan terminal menggunakan alat test lamp. Hubungkan alat tersebut dengan kabel klakson, lalu pencetlah sakelar klakson. Sudah?

Perhatikanlah lampu di bagian ujung alat test lamp. Lampu yang menyala menunjukkan adanya aliran listrik yang terjadi pada kabel tersebut.

Sebaliknya, lampu yang tidak menyala menandakan tidak adanya aliran listrik pada kabel. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa terjadi kerusakan pada kabel klakson.

4. Relay Pada Klakson Bermasalah

Tidak semua mobil dilengkapi dengan komponen relay. Akan tetapi, kalau mendadak klakson mobil mengalami masalah dan mobil memiliki perangkat relay ini. Maka, bisa jadi penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.

Relay sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan sekering, yaitu berperan aktif dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsi utama dari relay adalah sebagai jembatan penghubung antara baterai aki dengan arus listrik pada mobil.

Masalah yang seringkali terjadi pada relay ini adalah fisiknya yang kotor maupun terkena air. Pertama yang harus dilakukan, cobalah mengecek dan membersihkan komponen relay.

Kalau dirasa mengalami kerusakan, segeralah mengganti relay dengan membeli yang baru. Untuk penggantian relay, biasanya Kamu tidak akan mengeluarkan banyak biaya. Jadi, tidak usah khawatir ya!

5. Klakson Mobil Mengalami Kerusakan

Apabila setelah dicek ternyata tidak terjadi masalah atau kerusakan pada relay dan sekring, kemungkinan besar yang terjadi memang klakson mobilnya yang rusak.

Untuk mengetahui apakah benar kerusakannya adalah penyebab klakson mobil mati sendiri, cobalah untuk melakukan pengetesan dengan memberi arus listrik.

Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan dalam mengetes klakson mobil mati karena kondisinya jelek yaitu menghubungkan alat probe pengukur eletrik ke bagian kabel klakson.

Jika sudah, pasangkan kabel jumper untuk menghubungkan salah satu ujungnya dengan komponen positif pada baterai aki, dan ujung lainnya pada klakson.

Ketika Kamu menyentuh klakson menggunakan ujung kawat jumper, pastikan untuk melakukannya secepat mungkin.

Segera lepaskan kawat jumper dari klakson, ketika sudah menimbulkan bunyi. Tidak adanya bunyi menunjukkan klakson mobil tersebut mengalami kerusakan.

Dengan begitu, Kamu harus segera membawa mobil tersebut ke bengkel untuk mengganti atau memperbaiki klakson.

6. Adanya Masalah Pada Airbag di Bagian Setir

Tombol pada klakson mobil terletak di bagian setir mobil. Seluruh jaringan sistem yang terdapat pada setir ini bisa menjadi penyebab klakson mobil mati, termasuk airbag yang diletakkan di dalam setir.

Ketika airbag terbuka, secara otomatis kinerja klakson mobil menjadi terhambat. Begitu juga ketika bagian ini mengalami masalah atau bahkan rusak.

Untungnya, airbag yang mengalami kerusakan akan memberikan tanda lampu menyala di bagian dashboard mobil. Kamu tidak usah khawatir, jika mendadak mengalami hal ini. Dengan begitu, Kamu bisa langsung mengetahui penyebab klakson mobil mati dan bisa langsung mengatasinya.

Hal penting yang harus dilakukan agar mobil tetap dalam kondisi prima adalah melakukan pengecekan dan pembersihan secara rutin berkala.

Banyak hal yang akan terjadi kedepannya, ketika pemilik kendaraan tidak melakukan hal tersebut.

Oleh karenanya, sebisa mungkin rajinlah dalam merawat mobil ya. Semua permasalahan yang sering terjadi tentu dapat dicegah dengan baik, apabila pengendara rajin memeriksa mobilnya. Stay safe all!