Home » Melacak » Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Kamu atau orang di sekitarmu pasti pernah mengalami kejadian ponsel hilang, dan biasanya saat kehilangan barang berharga ini tentu akan merasa panik. Bukan hanya karena harganya saja yang mahal, tetapi juga dikarenakan data atau file penting yang masih belum di backup. Kamu pun khawatir jika data penting tersebut dimiliki oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Lalu, adakah cara melacak handphone Samsung yang hilang?

Mencari Lokasi Smartphone Dengan Find My Mobile

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak ponsel Samsung yang hilang ialah dengan menggunakan aplikasi Find My Mobile khusus untuk pengguna Samsung.

Sebenarnya, fitur Find My Mobile ini mirip dengan yang ada di xiaomi lur, kalau di xiaomi namanya Find My Devices yang masih dikelola oleh pihak google. Fungsinya juga sama kok, yakni untuk melacak hp xiaomi yang hilang baik dalam kondisi hidup ataupun hilang dalam kondisi mati sekalipun.

Namun untuk bisa memanfaatkan fitur yang satu ini, kamu wajib melakukan registrasi akun Samsung terlebih dulu. Jika belum memiliki akunnya, silahkan registrasi terlebih dulu.

Cara paling mudah mencari ponsel kamu yang hilang ialah dengan menghubunginya, namun jika tidak memilliki perangkat ponsel lain yang dipakai untuk menubungi, kamu dapat memakai aplikasi bernama Find My Mobile via laptop atau PC kamu.

Untuk  menemukan posisi Hp kamu secara presisi, kamu wajib mengaktifkan layanan Google Location Service. Sehingga saat ponsel kamu hilang atau sulit ditemukan kamu dapat memakai fitur tersebut.

Di samping itu, jika kamu kelupaan meletakkan ponsel dimana, kamu dapat mengaktifkan layanan “Bunyikan Perangkat”, dengan begitu smartphone kamu secara otomatis akan langsung berbunyis. Kamu pun bisa menemukannya dengan mudah.

Menghapus Data-Data Smartphone

Jika kamu kehilangan ponsel dan sulit menemukannya, kamu dapat mengunci smartphone Samsung kamu tersebut, selain itu juga menghapus semua data penting di dalamnya.

Kamu dapat mengunci perangkat ponsel secara remote atau jarak jauh supaya tidak digunakan orang lain. Selain itu juga untuk menekan resiko pencurian data-data pribadi.

Kamu juga bisa membuat pesan yang ditampilkan pada layar perangkat ponsel yang dikunci, kemudian masukkan nomor ponsel yang bisa dihubungi meskipun perangkat dalam keadaan terkunci.

Setelah akhirnya HP Samsung mu ditemukan, kalian bisa mencoba mengembalikan file yang terhapus saat menggunakan Find my mobile tadi.

Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Sekilas penjelasan mengenai aplikasi Find my Mobile di atas, kini saatnya kita akan membahas tutorial cara melacak handphone Samsung yang hilang, di bawah ini!

Lewat Android Device Manager

Metode pertama untuk melacak handphone Samsung yang hilang adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Sama seperti sebelumnya, untuk mengetahui keberadaan ponsel Samsung yang hilang kita diharuskan mengunjungi sebuah website. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pinjamlah smartphone android teman/keluarga kamu. Atau, bisa menggunakan laptop/komputer jika dirumah punya.
  • Untuk memulai langkah, buka browser di perangkat yang kamu pakai saat ini. Disarankan buka Google Chrome ya.
  • Lalu, kunjungi website Android Device Manager dengan link url www.google.com/android/devicemanager
  • Login menggunakan akun Google yang tertanam di HP Samsung yang hilang.
  • Setelahnya, website tersebut akan langsung menampilkan lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang secara detail dengan peta dan titik lokasi.
  • Klik titik lokasi yang ditunjukkan, kemudian kamu akan dialihkan ke Google Maps untuk mengarahkanmu ke lokasi HP kamu.
  • Jika titik lokasinya masih dirumah kamu sendiri, kemungkinan terselip. Nah, kamu bisa klik PUTAR SUARA di website Android Device Manager untuk membunyikan ponselmu. Perangkatmu akan tetap berdering selama 5 menit meski dalam keadaan mati.
  • Jika khawatir, web Android Device Manager juga memberikan fitur kunci ponsel. Klik saja AMANKAN PERANGKAT agar perangkatmu yang hilang terkunci otomatis dan logout dari semua akun Google kamu.

Lewat Find My Mobile

Metode selanjutnya yang terbilang efektif dilakukan saat handphone Samsung kita tengah hilang adalah dengan memanfaatkan website Samsung Find My Mobile. Web ini didesain khusus untuk melacak handphone Samsung yang hilang.

Cara Penggunaan :

  • Untuk mengawali proses, kamu bisa siapkan smartphone lain entah itu pinjam ataupun milik sendiri. Jika dirumah ada perangkat laptop/komputer juga dapat digunakan.
  • Langsung saja buka website https://findmymobile.samsung.com
  • Login menggunakan akun Samsung di HP mu yang hilang.
  • Biarkan website bekerja sesuai tugasnya untuk melacak keberadaan HP Samsung milikmu.
  • Lalu, setelah beberapa saat web tersebut akan langsung menampilkan titik lokasi HP Samsung mu berada.
  • Tampilannya sendiri berbentuk Maps atau Peta, jadi kamu harus mengerti dalam membaca peta lokasi agar dapat menemukan HP Samsung mu kembali.

Agar lebih cepat menemukan lokasi yang akurat, pastikan sinyal internet kalian sudah stabil. Jika dirasa belum, cobalah untuk memperkuat sinyal dengan cara cara yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Lewat Google Temukan Perangkat Saya

Metode lain yang juga mudah untuk membantu melacak handphone Samsung yang hilang, adalah dengan memakai aplikasi bernama Google Temukan Perangkat Saya.

Satu sisi kelemahan dari metode ini adalah, kita harus memiliki minimal 2 HP android. Karena kita harus download dan instal aplikasinya terlebih dahulu sebelum memakai. Simak panduan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download dan install aplikasi Google Temukan Perangkat Saya di android kamu yang lain (yang digunakan saat ini).
  • Setelah terinstal, kamu bisa langsung buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Login menggunakan akun Google di HP Samsung yang hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berjalan sesuai tugasnya.
  • Setelahnya, aplikasi Google Temukan Perangkat Saya akan langsung menampilkan titik lokasi keberadaan HP Samsung kamu yang hilang.
  • Setelahnya kamu bisa langsung cek dan ketahui lokasi keberadaan HP Samsung milikmu.

Melacak Handphone Samsung yang Hilang Lewat Gmail

Sebelum dapat melacak handphone Samsung yang hilang dengan Gmail, Persyaratan utamanya adalah kamu harus menyiapkan satu buah perangkat baik komputer, laptop, atau smartphone.

Jika tak punya, kamu bisa meminjam teman atau saudara kamu. Setelahnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menemukan HP kamu yang hilang.

  • Buka aplikasi browser, disarankan menggunakan Google Chrome.
  • Lalu, kunjungi gmail.com. Dan login menggunakan akun Google yang terhubung di ponselmu yang hilang.
  • Tap icon titik sembilan di pojok kanan atas, lalu pilih Akun. Atau, klik gambar profil google kamu kemudian pilih Kelola akun Google anda.
  • Cari dan pilih tab menu Keamanan. Scroll kebawah dan perhatikan bagian kolom Perangkat Anda.
  • Pilih dan tekan Cari perangkat yang hilang.
  • Jika ponselmu lebih dari satu, pilih salah satu merk ponsel yang ada pada daftar (yang telah hilang).
  • Tap/tekan dibagian merk dan tipe ponsel maka kamu akan langsung diarahkan ke Google Maps untuk melacak handphone yang hilang tanpa diketahui.
  • Login ke Google Maps menggunakan akun Google kamu.
  • Ketahui lokasi keberadaan handphone kamu yang hilang melalui Maps yang ditampilkan.

Itulah beragam cara melacak handphone Samsung yang hilang menggunakan 4 metode pilihan terlengkap. Kamu bisa mencoba salah satu atau semua panduan diatas, dan jika sudah berhasil jangan lupa bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs.