Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri
Mengambil Uang di ATM Mandiri

Apakah kamu tengah mencari cara mengambil uang di ATM Mandiri saat ini? Ingin melakukan traksaksi tarik tunai di ATM Mandiri tapi belum mengetahui caranya? Simak ulasan berikut sampai akhir.

Seperti pada umumnya, kalian harus terlebih dahulu Membuka Rekening Mandiri seperti yang pernah kita bahas sebelumnya, agar nantinya kalian bisa mendapatkan Kartu ATM yang bisa digunakan untuk bertransaksi, atau bahkan menggunakan Layanan Mandiri Online, SMS Banking, atau bahkan Cek Saldo Mandiri.

Read More

Adapun fungsi kartu ATM ini ialah untuk mempermudah para nasabah saat melakukan transaksi perbankan tanpa harus ke kantor cabang bank Mandiri saat ingin mengambil uang. Bahkan tak jarang ketika kalian ingin melakukan Aktivasi Mandiri Online, kalian akan diminta untuk menunjukkan Buku Rekening dan juga kartu ATM Mandiri.

Jadi, Kalian pun bisa mengikuti cara mengambil uang di ATM Mandiri dengan mudah kapan saja dan dimana saja, karena mesin ATM Bank Mandiri selalu buka selama 24 jam non stop.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri
Mengambil Uang di ATM Mandiri

Bagi pengguna atau nasabah bank Mandiri lama, tentu Kalian sudah sangat lihai mengambil uang atau melakukan transaksi tarik tunai di ATM Mandiri.

Berbeda dengan nasabah baru, apalagi bagi Kalian yang sebelumnya belum pernah membuka tabungan di lembaga keuangan ini. Karena itu, Kami memberikan ulasan tentang cara mengambil uang di ATM Mandiri mudah berikut ini :

Terkait:  Cara Blokir ATM BRI

Mengambil Uang di ATM Mandiri Lewat Mesin ATM Biasa (Bukan Layar Sentuh)

ATM (Anjungan Tunai Mandiri yang ditawarkan bank Mandiri itu sendiri memang masih menyediakan mesin ATM lama, yang artinya layar mesin ATM tersebut bukan layar sentuh alias layar biasa.

Adapun penampakan mesin ATM Mandiri non touchscreen ini biasanya bisa Kalian kenali, karena masih memiliki tombol manual di samping layar mesin ATM. Tombol ini biasanya berjumlah 8 dengan 4 di kiri dan 4 di kanan berbentuk persegi.

Jika Kalian kebetulan menggunakan mesin ATM Mandiri biasa, ada beberapa langkah cara melakukan transaksi penarikan dana tunai di ATM Mandiri, sebagai berikut :

  • Pertama-tama masukkan kartu ATM Kalian di slot mesin ATM yang sudah tersedia. Biasanya ada di samping kanan mesin ATM. Kalian harus perhatikan posisi artu ATM tersebut.
  • Sesudah kartu ATM masuk, di layar mesin ATM secara otomatis akan menampilkan pilihan layanan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kalian bisa pilih sesuai kemampuan berbahasa Kalian. Jika ingin memilih bahasa Indonesia, tekan tombol persegi pada samping layar monitor yang terletak di samping tulisan “Indonesia”.
  • Setelah itu, Kalian akan ditampilkan menu untuk memasukkan PIN ATM Kalian. Pastikan Kalian mengingat nomor PIN ATM Mandiri. Bisa juga dengan membawa catatan PIN ATM supaya lebih aman serta terhindar dari masalah pemblokiran kartu. Sebab jika Kalian salah menginputkan nomor PIN sebanyak 3 kali lebih, maka secara otomatis kartu ATM Kalian akan langsung diblokir. Ini tentu berbahaya, Kalian tidak akan bisa lagi mengambil uang. Jika Kalian sudah menginputkan nomor pin dengan benar pilih tombol bertuliskan “Enter”.
  • Lalu, Kalian pun akan melihat pilihan nominal uang sesuai pecahan yang tersedia di mesin ATM tersebut.
  • Kalian bisa memilihnya sesuai keinginan dan kebutuhan. Jika Kalian menginginkan nominal lain, pilih tombol di samping “Penarikan Jumlah Lain”, dengan demikian Kalian bisa melanjutkannya dengan cara menekan jumlah nominal yang Kalian inginkan.
  • Langkah berikutnya, jika Kalian sudah memilih nominal uang selajutnya tekan kotak di samping “Benar”.
  • Setelah itu, Kalian pun akan ditawarkan pilihan untuk mencetak bukti struk atau tidak. Jika ingin mencetak struk pilih “Ya”, jika tidak pilih saja “Tidak”.
  • Tunggu sampai beberapa saat, maka permintaa Kalian pun akan diproses. Jika sudah, Kalian bisa langsung ambil uangnya di slot pengambilan uang. Jangan lupa ambil resinya jika mau.
  • Terakhir Kalian bisa tekan kotak yang ada tulisan “Keluar”, lalu kartu ATM Kalian pun secara otomatis langsung keluar. Transaksi penarikan tunai Kalian pun sudah berhasil dilakukan.
Terkait:  Cara Transfer SMS Banking Mandiri

Mengambil Uang di ATM Mandiri Berjenis Layar Sentuh

Sebelum Kalian mengetahui cara penarikan uang tunai di mesin ATM berjenis touchscreen atau layar sentuh, alangkah baiknya Kalian mengetahui perbedaan ATM Mandiri biasa dengan layar sentuh.

Jika pada ATM layar sentuh tidak ada tombol di sisi kanan dan kirinya, sedangkan pada mesin ATM layar biasa akan terlihat tombol tersebut.

Untuk melakukan transaksi pengambilan uang di mesin ATM Mandiri layar sentuh sendiri sebenarnya tidak ada bedanya dari layar biasa.

Adapun yang membedakannya ialah ketika Kalian memillih, maka Kalian bisa langsung menekan tombol sesuai pilihan yang diinginkan.

Dengan kata lain, Kalian tidak perlu harus menekan tombol berbentuk persegi di samping layar mesin ATM. Kalian bisa langsung menekan pilihan sesuai keinginan.

Contohnya saja, saat Kalian harus memilih layanan bahasa, maka Kalian bisa langsung menekan tulisan bahasan “Indonesia”, ini artinya Kalian pun memilih layanan transaksi berbahasa Indonesia.

Mengambil Uang di ATM Bank Lainnya

Jika Kalian terpaksa harus mengambil atau melakukan tarik tunai pada waktu itu juga, tapi sulit menemukan ATM Bank Mandiri, solusi lainnya Kalian bisa mengambil uang di ATM Bank Lain menggunakan kartu ATM Mandiri.

Namun pastikan Kalian memakai mesin ATM Bank lain yang sudah masuk dalam sistem jaringan ATM Bersama. Selanjutnya, jika Kalian sudah ada di depan mesin ATM bank lain, tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pilih ATM Bank yang termasuk dalam Bank Peserta ATM Bersama berdasarkan jumlah pecahan yang Kalian inginkan. Dan biasanya tertulis di bagian atas ATM tersebut.
  • Selanjutnya masukkan kartu ATM Kalian dengan benar.
  • Lalu pilih layanan bahasa yang diinginkan sesuai kebutuhan.
  • Kemudian, inputkan PIN ATM Mandiri Kalian berjumlah enam digit angka.
  • Berikutnya pilih jumlah uang yang ingin Kalian ambil. Tapi jika tidak tertera, Kalian bisa menentukan pilihan Kalian sendiri sesuai dengan kelipatan dalam opsi “Penarikan Jumlah Lain” maupun “Penarikan Lainnya”.
    Sesudah nominalnya sesuai, Kalian bisa melanjutkan dengan pilih tombol bertuliskan “Benar” lalu pilih opsi “Rekening Tabungan” jika diminta.
  • Jika transaksi Kalian berhasil, uang yang Kalian minta pun segera keluar di bagian bawah slot mesin ATM. Pastikan langsung ambil uangnya.
  • Kemudian lanjutkan dengan pilih “Ya” jika Kalian ingin mencetak struk atau pilih “Tidak” jika Kalian tak ingin mencetak struk.
Terkait:  Cara Cabut Indihome

Itulah langkah cara mengambil uang di ATM Mandiri dengan mudah, cepat dan praktis bagi para pemula. Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu di semua sosmed kamu ya bangs.

Related posts

Leave a Reply