Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP
Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Apakah kamu sedang mencari cara memindahkan foto dari laptop ke hp? Bagaimana sih caranya?

Meski banyak hp yang sekarang dilengkapi memori internal berkapasitas besar, masih banyak orang yang menyimpan file di laptop atau komputer.

Read More

Hal ini karena memori komputer memiliki kapasitas yang besar dibanding smartphone. Banyaknya file pada hp juga akan mengganggu kinerja smartphone seperti menjadi lemot dan ngelag. Dan apabila penyimpanan penuh, ini bisa menyebabkan prosess download tertunda di play store, ketika sedang menginstall aplikasi.

Bagi pengguna smartphone pasti sering memotret menggunakan kamera hp. Apalagi kini banyak smartphone yang dibekali dengan kamera berkwalitas tinggi, yang hasilnya tak kalah bagus dengan DSRL.

Tetapi tak jarang mereka mengalami masalah seperti ruang penyimpanan atau memori habis. Hal ini karena banyaknya koleksi foto yang memakan ruang cukup besar.

Untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, kamu bisa memindahkan koleksi foto di hp ke laptop.

Hal ini penting dilakukan untuk mengosongkan lebih banyak ruang di memori internal smartphone, sehingga aplikasi di hp kamu bisa berjalan dengan optimal. Jika suatu saat kamu membutuhkan foto tersebut, kamu bisa kembali memindahkannya ke hp.

Terdapat beberapa cara memindahkan foto dari laptop ke hp. Pada umumnya, menggunakan bantuan kabel USB. Bagi pengguna hp pasti tak asing lagi dengan kabel USB.

Apalagi hampir semua pengguna android kini sudah menggunakan kabel USB untuk Mengisi Daya agar Baterai lebih tahan lama. Di samping itu, kabel USB bisa digunakan untuk melakukan transfer data dari laptop ke hp atau sebaliknya.

Tetapi, pastikan terlebih dahulu, kabel USB yang digunakan sudah support transfer data, karena ada beberapa kabel yang fungsinya hanya untuk charger saja. Dan perlu diperhatikan lur, walaupun  ada kabel USB yang hanya untuk mengisi daya saja, kamu tidak disarankan untuk mengisi daya lewat port USB Laptop, kenapa? Karena ini akan menyebabkan HP Cepat Panas dan socket charger cepat rusak. Gak mau kan hal ini terjadi?

Caranya yakni dengan sambungkan hp dengan laptop dengan bantuan kabel USB. Jika kabel yang digunakan sudah support transfer maka akan muncul notifikasi setting penyimpanan. Pilihlah opsi transfer file. Silahkan masuk ke folder penyimpanan foto di laptop yang akan dipindahkan.

Jika sudah ketemu silahkan kamu  klik foto yang akan dipindahkan, kemudian pastekan ke salah satu folder yang ada di memory internal hp. Jika foto yang akan dipindahkan sudah kamu klasifikasikan dalam satu folder, kamu hanya perlu copy foldernya saja atau dengan menyeleksi semua file dalam folder dengan cara klik Ctrl+A.

Terkait:  Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android, Praktis!

Cara memindahkan foto dari laptop ke hp yang lainnya bisa kamu simak pada ulasan dibawah ini.

Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP
Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Cara untuk dapat memindahkan foto dari laptop ke HP atau ponsel bisa dilakukan menggunakan beberapa metode pilihan yang sangat mudah untuk dilakukan. Apa yang kita perlukan? Kita hanya memerlukan sebuah kabel data USB dan atau aplikasi tambahan yang apabila dibutuhkan sewaktu-waktu.

Menggunakan Kabel Data

Metode pertama, yang sangat umum dan banyak dipakai pengguna untuk memindahkan file foto dari laptop ke HP adalah dengan memakai kabel data USB. Selain berfungsi untuk mengisi baterai, kabel data USB juga dapat digunakan untuk transfer foto dari laptop ke ponsel, ataupun memindahkan Foto dari HP ke Laptop. Caranya, seperti ini:

  • Siapkan kabel data USB, HP, dan laptop di sampingmu.
  • Hidupkan laptop dan posisikan pada standby agar siap digunakan. Tentu saja, dibarengi dengan hidupkan ponsel/HP pada posisi standby juga.
  • Jika laptop telah dinyalakan dan sudah di posisi standby (memunculkan tampilan desktop), langsung saja ambil kabel data USB.
  • Sambungkan ujung kabel data USB ke laptop, sementara di salah satu ujung sisi kabel data USB lain sambungkan ke HP/ponsel. Pastikan memasukkannya sesuai lubang, dan jangan sampai terbalik.
  • Pada laptop, buka Windows Explore dengan cara klik Start Menu » File Explore. Atau, klik kanan menu Start dilanjutkan pilih My Computer. Pada masing-masing windows, baik windows XP, 7, 8, 8.1, dan 10 memiliki tampilan yang berbeda untuk memunculkan windows explore. Sesuaikan saja dengan windows yang dipakai pada laptop kamu.
  • Setelah masuk ke Windows Explore, kamu bisa langsung klik disk/folder dengan nama ponselmu. Jika belum muncul, rubah settingan di ponsel. Buka panel notifikasi HPmu, pilih Tap for other USB options lanjutkan dengan memilih Transfer files.
  • Setelah disk/folder nama HPmu muncul dilaptop, langsung cari folder laptop tempat foto yang ingin dipindahkan tersimpan.
  • Pilih satu atau beberapa foto di laptop yang ingin dipindahkan. Klik satu atau beberapa foto dengan blok foto tersebut, lalu klik kanan pada foto tersebut. Setelahnya pilih dan klik Copy.
  • Masuklah ke folder HPmu yang muncul dilaptop, tentukan letak folder foto yang diinginkan. Setelah itu kamu bisa langsung klik kanan di tempat kosong, lalu pilih dan klik Paste.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD

Menggunakan Kabel OTG + FlashDisk

Memindahkan foto dari laptop ke hp memakai Kabel OTG merupakan cara baru dengan teknologi terkini. Sudah kenal dengan kabel OTG kan? Yang kamu butuhkan adalah sebuah kabel OTG dengan flashdisk. Cara Penerapan:

  • Sambungkan FlashDisk ke laptop, masuklah ke Windows Explore untuk mencari letak folder foto yang ingin dipindahkan.
  • Pilih satu atau beberapa foto yang ingin dipindahkan, blok foto atau klik kanan pada foto yang ingin dipindahkan lalu pilih dan klik Copy.
  • Pilih dan masuklah ke folder Flashdisk, tentukan folder manapun yang ingin digunakan untuk tempat file foto. Klik kanan sembarang tempat, klik Paste.
  • Cabutlah flashdisk dari laptop.
  • Sambungkan kabel OTG ke HP, sementara diujung lain sambungkan kabel OTG dengan flashdisk.
  • Masuklah ke File Manager HP kamu. Pilih folder foto yang ada di Flashdisk.
  • Cari satu atau beberapa foto yang ingin dipindahkan. Tekan dan tahan pada foto yang ingin dipindahkan. Pilih Copy.
  • Lalu, masuk ke folder internal atau external HP. Pilih folder manapun untuk meletakkan foto. Tekan Paste atau Tempel.

Perlu diperhatikan lur, terkadang ada OTG + Flashdisk dengan kualitas yang kurang bagus, sehingga kerap kali terjadi masalah Flashdisk Tidak Terbaca saat dihubungkan ke laptop / komputer. Maka dari itu, pastikan kalian menggunakan OTG + Flashdisk dengan kualitas yang bagus.

Menggunakan CardReader

Sudah pernah melihat CardReader kan? Cara memindahkan foto dari laptop ke HP selanjutnya bisa menggunakan bantuan card reader. Perlu diketahui, bahwa metode satu ini cukup ribet karena harus mencopot/melepaskan kartu memori dari ponsel. Jika ingin melakukannya, kamu bisa simak panduan berikut.

  • Lepaskan external SD Card (memori eksternal) ponselmu.
  • Pasangkan kartu memori tersebut ke Card Reader. Perlu diketahui bahwa, didalam Card Reader terdapat beberapa tempat untuk meletakkan kartu memori. Pilih saja yang cocok dengan ukuran kartu memorimu.
  • Tancapkan Card Reader ke laptop.
  • Pilih satu atau beberapa foto yang ingin dipindahkan.
  • Copy foto tersebut, kemudian Paste-kan ke folder memori yang ada di Card Reader.
  • Jika sudah, lepaskan Card Reader dari laptop. Jangan lupa lepaskan juga kartu memori dari CardReader.
  • Pasang kembali kartu memori ke ponselmu.
  • Selesai.
Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Menggunakan Secure Digital Card (SDCard)

Apa itu Secure Digital Card? Secure Digital Card (SDCard) merupakan sebuah format kartu memori flash. Kartu Secure Digital digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. SD Card juga sangat berfungsi untuk dapat memindahkan foto dari laptop ke HP.

Cara menggunakannya hampir sama dengan Card Reader. Hanya saja bedanya terletak pada tempat peletakan kartu memori. Jika Card Reader terdapat beberapa ruang untuk kartu memori, SD Card hanya memiliki satu ruang untuk kartu memori microSD saja.

Menggunakan Bluetooth

Caranya:

  • Pasangkan bluetooth external ke laptop untuk mulai menggunakan.
  • Hidupkan fitur bluetooth bawaah di HP kamu, hubungkan ke laptop.
  • Pilih satu atau beberapa foto untuk dipindahkan dari laptop ke HP. Copy beberapa foto yang ada di laptop.
  • Masuk ke folder HP, Paste-kan beberapa foto yang sudah di Copy tadi.
  • Selesai.

Menggunakan ShareIt

Untuk Cara Menggunakan ShareIt pun tidak terlalu sulit. Sehingga untuk kamu yang baru menggunakan ShareIt pun akan bisa menggunakannya. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis melalui Play Store Android, ataupun App Store di iOS.

Caranya:

  • Download aplikasi ShareIt melalui link berikut:
    ShareIt untuk Laptop: Disini.
    ShareIt untuk HP: Disana.
  • Download dan instal ShareIt di laptop dan HP.
  • Pilih satu atau beberapa foto yang ada di laptop untuk dipindahkan ke HP.
  • Kirim foto tersebut ke HP menggunakan aplikasi ShareIt.
  • Selesai.

Menggunakan Penyimpanan Cloud

Metode terakhir yang bisa dipakai untuk memindahkan foto dari laptop ke HP bisa memanfaatkan penyimpanan online dengan istilah keren cloud storage.

Beberapa rekomendasi Cloud Storage dari kami yang bisa dipakai diantaranya:

  • Google Drive
  • DropBox
  • One Drive
  • Mega

Cara penggunaannya begitu mudah, kamu hanya perlu menyimpan atau memindahkan foto yang ada di laptop ke salah satu penyimpanan online diatas. Kemudian, buka salah satu cloud storage diatas di HP maka secara otomatis foto dapat dipindahkan ke folder sesuka hati.

Itu saja pembahasan mengenai cara memindahkan foto dari laptop ke hp dengan beragam metode pilihan yang mudah untuk dicoba. Jika berhasil, kamu bisa share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs. 😉

Rekomendasi Editor:

Related posts

Leave a Reply