Home » Bayar » Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret

Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret

Bagi kamu yang tidak mempunyai rekening bank, Transfer Uang Lewat Indomaret bisa menjadi solusi paling mudah. Sehingga kamu pun tetap bisa berkirim uang tanpa harus membuat rekening terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, saat ini ada begitu banyak penyedia jasa transfer uang dengan mudah. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan Indomaret.

Bahkan pembayaran belanja online pun bisa kamu lakukan melalui minimarket tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan, gerai-gerai minimarket ini masih belum menyediakan fitur mengirim uang ke rekening bank tertentu, atau menerima transfer uang dari rekening bank.

Dalam hal ini kamu tidak harus khawatir berlebihan, pasalnya kamu tetap bisa berkirim atau menerima uang tanpa harus mempunyai rekening bank. Yakni dengan cara kirim uang lewat Indomaret yang sudah kami rangkum pada rincian berikut.

Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret

Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret

Yang sering menjadi pertanyaan disini ialah, apa bisa transfer uang lewat Indomaret? Jawaban singkatnya tentu sangat bisa.

Syarat untuk mengirim uang pun sangat mudah, yakni dengan hanya menyiapkan kartu identitas seperti KTP dan SIM, Nomor ponsel penerima dan pengirim, serta nominal uang yang akan dikirimkan.

Untuk selanjutnya, jangan lupa untuk mencatat kode MTCN yang nantinya akan dipergunakan oleh penerima, tepatnya saat mengambil uang sebagai bukti verifikasi.

Apa saja syarat kirim uang lewat Indomaret? Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sebelum melakukan pengiriman uang, kamu harus menyiapkan beberapa syarat yang dibutuhkan.

Beberapa syarat yang dimaksud ialah, Kartu identitas resmi berupa KTP, SIM, ataupun paspor yang masih berlaku. Kemudian, nomor hp dan nomor hp salon penerima yang masih aktif.

Cara Kirim Uang Lewat Indomaret

Setelah daftar persyaratan sudah kamu siapkan, maka selanjutnya bisa datang langsung ke Indomaret terdekat. Yakni dengan tujuan untuk melakukan pengiriman atau transfer uang.

Selanjutnya, sampaikan pada petugas atau kasir bahwa kami ingin melakukan pengiriman uang. Berikan KTP sebagai syarat awal pendataan.

Poin berikutnya kamu juga akan diminta untuk menyebutkan nomro ponsel kami. Sebutkan seperti yang diminta oleh petugas, seperti nama dan nomor telepon calon penerima uang akan akan kamu transfer. Proses ini akan dicatat pada data penerima.

Setelah pencatatan identitas selesai, maka kamu akan diminta untuk menyebutkan besar nominal uang yang akan kamu kirim ke penerima. Selanjutnya, serahkan uang yang akan dikirim pada petugas.

Umumnya, besaran biaya yang harus kamu bayar akan ditambah dengan biaya dmin atau biaya transfer sekitar Rp 5.000,-.

Jika sudah selesai, maka transaksi pun akan diproses. Setelah berhasil, maka kamu akan memperoleh SMS berupa kode dari DOMPETKU yang harus disimpan serta sampaikan kode tersebut pada penerima untuk dicairkan pada gerai Indomaret terdekat.

Poin penting yang perlu kamu perhatikan, yakni berhati-hatilah dalam menyimpan kode MTCN yang diterima tadi. Sebab jika diketahui oleh pihak ketiga, maka uang yang kamu kirim tetap bisa dicairkan meski bukan oleh penerima yang dituju.

Terlepas dari pengirimaan uang, kamu juga bisa mengambil uang yang sudah dikirim oleh orang lain melalui Indomaret.

Tata cara dan prosedurnya juga terbilang sangat mudah. Bahkan waktu untuk pencairan relatif lebih cepat. Kode yang sudah diterima oleh pengirim uang, selanjutnya kamu berikan pada petugas kasir Indomaret.

Sebutkan jika kamu ingin melakukan proses pengambilan uang. Tanpa ada prosedur yang rumit, proses pencairan pun akan dilakukan, serta nominal uang yang dikirim akan segera kamu terima.

Kelebihan Mengirim Uang Lewat Indomaret

Dengan proses yang mudah, tidak memerlukan banyak waktu, serta prosedur yang tida ribet, tentu pengiriman uang lewat Indomaret bisa menjadi alternatif yang mungkin kamu butuhkan di lain waktu.

Kamu bisa mengirim uang kapan saja dan dimana saja, asal tempat kamu dekat dengan minimarket tersebut. Secara umum, Indomaret buka hingga 24 jam, sehingga kamu bisa berkirim uang tanpa harus menyisihkan waktu hingga satu hari penuh.

Nah, seiring dengan rutinitas seperti bekerja atau kuliah, pengiriman uang melalui Indomaret tidak akan menyita waktu yang seharusnya menjadi kesibukan kamu sehari-hari.

Bahkan, kamu bisa kirim uang lewat Indomaret setelah jam kerja atau kuliah. Yang menjadi poin pentingnya, kamu tidak harus menggunakan nomor antrean untuk transfer uang di Indomaret.

Selain itu, proses administrasi sangatlah mudah. Pasalnya kamu tidak diharuskan mengisi formulir seperti saat mengirim uang melalui rekening bank.

Petugas kasir Indomaret yang nantinya akan membantu kamu mengisi formulir, sehingga kamu cukup menunggu hingga prosesnya selesai.

Yang terpenting disini, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa persyaratan yang sudah kami sebutkan diatas. Uniknya, biaya transfer juga terbilang sangat mudah.

Bisa disebut jika mengirim uang lewat apa saja pastinya akan dikenakan biaya transfer atau yang sering juga disebut dengan biaya admin.

Secara umum, untuk transfer uang menggunakan rekening antar bank, maka akan dikenakan biaya sekitar Rp 6.500,-. Sedangkan untuk kirim uang lewat Indomaret tanpa rekening, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 5.000,-.

Kekurangan Kirim Uang Lewat Indomaret

Terlepas dari beberapa poin kelebihan yang sudah kami sebutkan diatas, nyatanya ada pula beberapa kekurangan saat kamu melakukan pengiriman uang lewat Indomaret. Apa saja kekurangan tersebut?

  • Jika nominal yang dikirim masih dalam jumlah sedikit, mungkin biaya admin sangatlah kecil. namun jika uang yang dikirim dalam jumlah besar, maka biaya administrasi lebih mahal dibanding dengan pengiriman lewat bank atau ATM.
  • Uang kas pada masing-masing cabang Indomaret berbeda, sehingga kamu perlu memastikan terlebih dahulu kas tersedia dalam jumlah uang yang akan dikirim.

Tips Transfer Uang Lewat Indomaret

Bisa disebut jika metode kirim uang lewat Indomaret sangatlah cocok bagi kamu yang tidak mempunyai rekening bank. Apalagi kamu tinggal di daerah pedesaan yang belum ada akses internet.

Perlu diketahui, Indomaret mempunyai beberapa cabang yang tersebar luas di Indonesia. Kesemuanya siap melayani pengiriman uang antar cabang.

Poin lain yang sekaligus menjadi kelebihan pengiriman uang di Indomaret ialah, proses pengiriman yang mudah, bahkan lebih cepat dibanding dengan pengiriman uang lewat bank.

Untuk nominal pengiriman uang, minimal Rp 10.000,- dan maksimal sebesar Rp 5 juta untuk satu kali pengiriman.

Kode MTCN yang kamu terima berupa 10 digit angka (nomor) yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengambil uang oleh penerima. Akan tetapi, sebelumnya pengirim harus memberikan kode ini kepada penerima melalui sms ataupun sambungan telepon.

Penting pula diketahui, Kode MTCN hanya mempunyai masa berlaku selama 30 hari. Apabila kode MTCN hilang, maka bisa meminta bantuan pada nomor customer service TrueMoney di 08041000100. Kamu harus memberikan informasi identitas pengirim lengkap.

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana saja bukan? Kami rasa cukup sekian untuk pembahasan Biaya Admin Transfer Uang Lewat Indomaret. Semoga bisa membantu.