Home » Biaya » Biaya Administrasi BNI Syariah

Biaya Administrasi BNI Syariah

Seiring dengan semakin banyaknya perbankan berbasis syariah, tentu informasi terkait Biaya Administrasi BNI Syariah pun patut dietahui.

Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak jenis tabungan syariah yang bisa kamu buka rekeningnya. Tidak terkecuali milik BNI Syariah.

Dalam hal ini, kami bisa membuka tabungan iB Hasanah dengan syarat yang sangat mudah. Yakni hanya memerlukan pengisian formulir permohonan pembukaan rekening baru di kantor cabang terdekat.

Selanjutnya, kamu bisa menyerahkan syarat wajib berupa kartu identitas yang masih berlaku. Pada poin ini, kamu bisa menggunakan KTP atau SIM. Yang terpenting, kamu harus memastikan alamat wilayah kabupaten, sama dengan kantor BNI Syariah yang kamu tuju.

Bisa disebut jika menabung di bank dengan basis syariah memang sangat menguntungkan. Hal ini bukan karena alasan tertentu, akan tetapi produk syariah memiliki banyak keuntungan finansial lain dibanding dengan tabungan konvensional.

Dalam hal ini, salah satu bank syariah terbaik yang ada di Indonesia serta menawarkan beberapa keuntungan sekaligus ialah BNI Syariah.

Sekedar untuk tambahan informasi, BNI Syariah menawarkan beberapa jenis tabungan yang pengelolaannya sesuai dengan syariah Islam, yakni dengan akad wadiah yad dhamanah, serta mudharabah muthlaqah.

Salah satu keuntungan yang diperoleh saat membuat rekening BNI Syariah ialah terbebas dari biaya dmin. Meski ada pula beberapa yang mengenakan biaya admin, namun nominalnya sangat kecil dan tentunya lebih hemat.

Biaya Administrasi BNI Syariah

Biaya Administrasi BNI Syariah

Yang menjadi poin pertanyaan disini ialah, berapa besar biaya admin BNI Syariah? Bagi kamu yang belum tahu dengan rinciannya, berikut kami rangkum beberapa rinciannya.

Pada setiap produk BNI Syariah, diberlakukan biaya admin dengan besaran yang berbeda. Biaya ini wajib diketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih produk yang akan digunakan. Lebih jelasnya, yuk simak daftar berikut :

1. Tabungan BNI iB Hasanah

Produk tabungan yang satu ini menggunakan akan mudharabah atau wadiah yang mempunyai beragam fasilitas. Biaya admin pun sangat ringan serta lebih mudah dalam bertransaksi mata uang rupiah.

Fasilitas yang diperoleh dari tabungan BNI iB Hasanah ialah : Buku Rekening Tabungan, Hasanah debit GPN atau Hasanah Debit Silver, E-banking seperti ATM, SMS Banking, m-banking, internet banking, dan phone banking.

Sedangkan untuk keunggulannya, tabungan ini berlaku pada semua jaringan ATM, bisa melakukan transaksi di teller BNI dan BNI Syariah, bisa dijadikan agunan pembiayaan, syarat mudah, dan setoran awal hanya sebesar Rp 20 ribu.

Rincian biaya admin :

  • Pengelolaan rekening bulanan : Rp 0,- (wadiah) dan Rp 7.500,- (Mudharabah)
  • Penutupan rekening : Rp 20.000,- (wadiah) dan Rp 10.000,- (Mudharabah)
  • Saldo di bawah batas minimum : Rp 0,- (wadiah) dan Rp 10.000,- (Mudharabah)
  • Pembuatan kartu ATM : Rp 15.000,- (wadiah) dan Rp 15.000,- (Mudharabah)
  • Infaq otomatis pembukaan rekening : Rp 500,- (wadiah) dan Rp 500,- (Mudharabah)

2. BNI TabunganKU iB Hasanah

Produk TabunganKU iB Hasanah merupakan tabungan dana yang pengelolaannya sesuai prinsip syariat. Akan yang diterapkan ialah wadiah dengan tujuan meningkatka kesadaran masyarakat untuk menabung.

Fasilitas yang disediakan pada Tabungan iB Hasanah diantaranya : Buku Tabungan, kartu Debit GPN (Silver), dan juga E-Banking.

Beberapa keunggulan yang bisa diperoleh antara lain : Bisa digunakan di semua jaringan ATM BNI, bebas biaya admin bulanan, bisa dijadikan sebagai agunan pembiayaan, syarat mudah, dan setoran awal hanya sebesar Rp 20 ribu saja.

Rincian Biaya Administrasi :

  • Pengeloaan rekening bulanan : Gratis
  • Pembuatan chip kartu ATM : Rp 15.000,-
  • Infaq pembukaan rekening : Rp 5.000,-

3. Tabungan BNI Dollar iB Hasanah

Tidak berbeda dengan tabungan konvensional, BNI Dollar iB Hasanah merupakan simpanan dalam bentuk mata uang dollar, yakni dengan akad wadiah dan mudharabah. Penggunaan bisa berupa perorangan ataupun non perorangan yang mempunyai beragam fasilitas serta keunggulan.

Fasilitas yang diperoleh dari produk ini ialah bukua tabungan dan e-banking yang meliputi : SMS banking, m-banking, internet banking, dan phone banking.

Keunggulan dari produk BNI Dollar iB Hasanah ialah : Bisa dibuka untuk perorangan ataupun lembaga, syarat mudah, serta biaya admin sangat ringan.

Rincian biaya admin :

  • Pengelolaan rekening bulanan : Wadiah (USD 0) dan Mudharabah (USD 1)
  • Saldo dibawah minimum : Wadiah (USD 0) dan Mudharabah (USD 2)
  • Penutupan rekening : Wadiah (USD 5) dan Mudharabah (USD 5)
  • Penggantian buku rekening : Wadiah (Rp 1.500) dan Mudharabah (Rp 1.500)

4. Tabungan BNI SimPel Hasanah

Produk BNI Simpanan Pelajar (SimPel) iB Hasanah merupakan tabungan yang menerapkan akad wadiah dan diperuntukkan bagi siswa di bawah 17 tahun.

Tujuan dari dibentukan produk tabungan ini ialah untuk mendorong budaya menabung sejak dini, yakni dengan syarat mudah dan biaya admin yang sangat terjangkau.

Fasilitas yang bisa dinikmati dari SimPel iB Hasanah ialah : Buku tabungan, kartu ATM, bisa menerima dana otomatis dari rekening tabungan BNI Syariah, dan E-banking.

Keunggulan dari BNI SimPel iB Hasanah mencakup : Kartu ATM yang bisa digunakan pada semua jaringan ATM BNI, ATM Bersama, dan ATM Link, serta belanja online pada merchant dengan EDC logo GPN, transaksi pada teller bank BNI dan BNI Syariah, serta SMS notifikasi masuk ke ponsel orang tua, sehingga bisa memantau transaksi yang dilakukan anak.

Rincian biaya administrasi :

  • Pengelolaan buku rekening : Gratis
  • Biaya tutup rekening : Rp 1.000,-
  • Konversi ke tabungan iB Hasanah : Bebas biaya
  • Pembuatan kartu ATM : Gratis
  • Biaya admin ATM Bulanan : Bebas biaya

5. Tabungan BNI Prima iB Hasanah

Bisa disebut jika BNI Prima iB Hasanah merupakan tabungan dengan mata uang rupiah yang pembagian hasilnya sangat kompetitif. Bahkan produk ini menyediakan beragam fasilitas yang pengelolaannya sesua akad mudharabah dan wadiah.

Fasiltas yang tersedia pada BNI Prima iB Hasanah mencakup : buku tabungan, kartu debit GPN (Zamrud Card), dan e-banking.

Keunggulan yang bisa kamu nikmati dari produk tabungan ini ialah : Bisa digunakan pada jaringan ATM BNI, ATM Bersama, STM Link, ATM Prima, ATM Cirrus, dan kartu belanja di merchant dengan logo matercard.

Selain itu, ada fasilitas executive lounge di bandara yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah, perlindungan asuransi jiwa, mutasi buku tabungan, bisa dijadikan agunan pembiayaan, serta mempunyai limit transaksi hingga Rp 100 juta per hari.

Rincian Biaya Admin :

  • Pengelolaan Tabungan Per bulan : Rp 11.000 per bulan
  • Saldo Dibawah Batas Minimum : Rp 200.000,-
  • Penutupan Rekening : Rp 100.000,-
  • Pembuatan kartu : Rp 20.000,-

Biaya Administrasi BNI Syariah Lainnya :

Selain beberapa produk yang sudah kami sebutkan diatas, pada dasarnya masih ada produk lain seperti : BNI Tunas iB Hasanah, Tabungan Bisnis iB Hasanah, dan BNI Tapenas iB Hasanah.

Akan tetapi, semua besaran biaya yang dikenakan tidak terpaut jauh. Bahkan identik lebih murah dibanding dengan produk yang sudah kami sebutkan.

Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan akad Wadiah dan Mudharabah?

Merangkum dari beberapa sumber, akad Wadiah ialah nasabah bertindak sebagai penitip yang memberikan amanah kepada pihak bank guna mengelola dana yang dititipkan.

Sedangkan untuk akad mudharabah, ialah perjanjian kerja sama antara nasabah dengan pihak bank. Poinnya ialah nasabah sebagai penyedia dana dan bank sebagai pengelola dana.

Demikianlah ulasan yang bisa kami rangkum, semoga bisa membantu!