Home » Biaya » Biaya Bikin Kolam Ikan

Biaya Bikin Kolam Ikan

Seiring berjalan waktu kolam ikan tidak lagi dianggap sebagai aksesoris untuk mempercantik rumah, namun juga kebutuhan dalam menyempurnakan tampilan dan aset bagi siapa saja yang gemar membudidayakan ikan hias.

Oleh sebab itu, biaya bikin kolam ikan sangat patut diketahui dan diperhatikan setiap orang yang hendak membangunnya di rumah masing-masing. Hal ini dikarenakan anggaran pembangunan kolam ikan masih menjadi perdebatan banyak orang.

Untuk menciptakan sentuhan berbeda di rumah, maka kamu bisa membangun kolam ikan yang sebenarnya tidak membutuhkan budget terlalu besar. Bagaimana tidak, kolam ikan menjadi objek penting yang serasi dengan beberapa titik seperti taman minimalis di rumah kalian.

Tak hanya itu, kolam ikan juga dianggap bisa memberikan nuansa alam yang nyaman dan tenang bagi lingkungan sekitar, sehingga kamu dapat merasakan ketentraman selama berada di rumah.

Tak sedikit orang bahkan kalian sendiri bakal menghadapi kendala dalam pembuatan kolam ikan, terutama perkiraan budget yang tinggi. Meski begitu, asumsi pembuatan kolam ikan sebenarnya tidak terlalu menguras kantor lantaran segalanya ditentukan lewat desain dan ukurannya.

Oleh karena itu, kalian hanya perlu mengikuti dan menyimak pembahasan ini supaya kamu bisa tahu berapa jumlah anggaran sebenarnya yang harus disiapkan dari sekarang.

Biaya Bikin Kolam Ikan

Biaya Bikin Kolam Ikan

Biaya Bikin Kolam Ikan

Ide membuat kolam ikan biasanya dimiliki beberapa orang yang punya lahan pada halaman belakang atau depan cukup luas. Akan tetapi, sebagian orang cenderung ragu bahkan mengurungkan niat membangun kolam ikan karena perhitungan budget yang tinggi.

Kami pastikan kalian tidak akan menghabiskan uang banyak untuk membangun kolam ikan yang cantik dan menarik. Di sisi lain pembangunan kolam ikan tidak pernah memakan waktu berminggu-minggu. Biasanya pembuatan kolam ikan bisa dilakukan dalam satu atau dua hari sesuai jumlah pekerja yang dilibatkan.

Kami akan selalu setia membantu dan menemani kalian untuk membantu kalian dalam mengupas masalah soal berapa budget asli pembuatan kolam ikan, bahkan sejak awal sampai akhir perancangannya.

Di samping itu pula kalian bisa membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pembangunan kolam ikan secara jelas dan lengkap. Kamu juga bisa tahu berapa harga bahannya dari ukuran terkecil sampai terbesar, serta harga upah tukang bangunan yang dipercaya.

Biaya Bikin Kolam Ikan, Seperti Apa Konsep Terbaiknya?

Seperti kalian tahu kolam ikan adalah objek semi primer yang berguna memperindah dan mempercantik sebuah rumah, sedangkan penempatannya bisa di halaman belakang maupun depan. Di sisi lain pun kalian harus tahu berapa jumlah anggaran yang harus disiapkan untuk perancangan awal sampai akhir.

Hal ini dikarenakan kolam ikan memiliki berbagai macam konsep sesuai minat pemilik rumah masing-masing. Beberapa informasi biaya buat kolam ikan adalah :

Bagaimana Konsep Kolam Ikan Minimalis?

Kalian bisa mencoba membuat kolam ikan minimalis yang diletakkan pada bagian belakang sebagai outdoor aquarium yang ukurannya lebih besar. Pasalnya, bentuk dan desainnya seperti kubus persegi panjang, serta material dindingnya menggunakan pembatas dari kaca transparan.

Tak bisa dipungkiri bahwa desain kolam ikan minimalis terbilang unik dibandingkan kolam ikan lainnya. Konsepnya masih dianggap lebih menarik dibandingkan kolam ikan mana pun.

Walaupun tampilannya berbeda daripada kolam ikan lainnya, namun kalian perlu menyiapkan anggaran pembuatannya dari sekarang. Hal ini dikarenakan penampilannya terkesan mahal rupanya berbanding terbalik dengan anggaran pembangunan kolam ikan minimalis yang justru lebih murah.

Bagaimana tidak, kalian hanya menghabiskan budget sebesar Rp.800,000 (delapan ratus ribu rupiah) untuk mempunyai kolam ikan minimalis di rumah kalian sendiri.

Berapa Ukuran Kolam Ikan Minimalis?

Kalian pasti penasaran ukuran kolam ikan minimalis, bukan? Secara umum kubangan air ini mempunyai ukuran final sekitar 185 cm (panjang) dan 70 cm (lebar), sedangkan kedalam atau tingginya mencapai 50 cm.

Kendati demikian, acuan ukuran kolam ikan akan selalu disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia maupun desain andalanmu masing-masing. Kamu bisa memanfaatkan sedikit lahan kosong yang tersedia untuk dipakai sebagai kolam ikan minimalis.

Berapa Rincian Anggaran Biaya (RAB) Bikin Kolam Ikan?

  • Semen : Rp.50,000/sak x 2 = Rp.100,000.
  • Batu Bata Merah : Rp.500 x 150 = Rp.75,000.
  • Pipa Keni L : Rp.5,000/pcs x 7 = Rp.35,000.
  • Lem Pipa PVC Isarplas : Rp.8,000.
  • Pipa Keci T : Rp.5,000 x 2 = Rp.10,000.
  • Kuas Cat : Rp.6,000.
  • Pipa ¾ Inci : Rp.8,000 x 4 = Rp.32,000.
  • Keramik Batu (30 x 30 cm) : Rp.65,000 x 2 = Rp.130,000.
  • Kaca 100 mm (100 cm x 40 cm) = Rp.130,000.
  • Damdex Pelapis Anti Bocor : Rp.65,000/btl.
  • Gaji Pekerja : Rp.170,000/hari.

Jumlah Keseluruhan : Rp.761,000.

Apa Hal Penting dalam Pembuatan Kolam Ikan?

Langkah awal yang harus kalian perhatikan adalah desain. Mengapa? Desain punya andil besar terhadap jalur pemipaan. Di samping itu pula desainnya harus dekat dengan lokasi pembuangan alias got yang merupakan saluran airnya.

Jangan lupa desain dinding kolam harus datar dengan permukaan lantai, lantaran berdampak terhadap penggalian tanah maupun pembuangan sampah (kotoran).

Kalian juga perlu memperhatikan tenaga bangunan yang diandalkan. Secara umum pekerja yang diandalkan adalah spesialis kolam ikan atau bukan.

Kami sarankan kamu mengandalkan susunan tenaga yang mengerjakan proyek ini minimal satu kenek dan satu tukang, tetapi bergantung pada desain dan luas kolam. Jangan lupa perhatikan jam kerja pekerjanya dimana kamu harus menentukan target waktu yang diinginkan agar kolam ikan dapat diciptakan sesuai ekspektasi.

Apa Saja Tipe Kolam Ikan Minimalis?

Kamu bisa mengusung konsep outdoor, namun pastikan lokasi sekitar kolam ikan tidak ada pepohonan yang punya akar tunjang. Hal ini dikarenakan kondisinya bakal menimbulkan retak bahkan pecah terhadap dinding kolam. Dampak buruknya adalah mengakibatkan kebocoran yang mengancam ikan mati.

Di samping itu pun kamu bisa menerapkan konsep indoor, tetapi kami sarankan kamu harus menjauhkan lokasi pembuatan kolam ikan minimalis dari septictank.

Hal ini dikarenakan penyerapan kotoran manusia (tinja) tidak akan berjalan akibat keberadaan kolam ikan di dekat sumber pembuangannya. Jangan lupa jalur pemipaan tidak merusakan pemipaan rumah seperti instalasi listrik dan lainnya.

Bagaimana Cara Merawat Kolam Ikan?

Untuk merawat kolam ikan supaya kebersihannya bisa terjaga, kalian perlu membersihkan bagian dalam dan luar secara berkala. Kami sarankan kalian tidak boleh menggunakan bahan kimia seperti kaporit dan sejenisnya untuk menghindari bahan-bahan berbahaya tetap menempel di dinding kolam.

Kamu bisa membersihkannya supaya terlihat mengkilat dan indah dengan menyikatnya selama sebulan sekali menggunakan sabun yang bisa dibilas dengan mudah.

Demikian informasi tentang biaya bikin kolam ikan minimalis beserta rincian anggaran pembuatannya secara jelas dan lengkap. Kami sarankan kamu tidak perlu membuat kolam ikan yang besar dan luas.

Pasalnya, semakin besar kolam ikannya maka budget dan waktu yang dibutuhkan bisa semakin lama. Oleh karena itu, manfaatkan sisa lahan yang tersisa di depan atau belakang rumah untuk meningkatkan nilai estetika bagi tampilan rumahmu saat ini juga.