Home » Biaya » Biaya Cor Dak Manual

Biaya Cor Dak Manual

Kalian yang sedang merencanakan untuk merenovasi atau membangun rumah impian, ada informasi penting nih yang tidak boleh terlewatkan. Informasi tersebut, tidak lain adalah biaya cor dak manual. Berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan?

Sebelum merincikan biaya cor dak manual, mari bahas terlebih dahulu pengertian dari cor manual serta cor beton ready mix. Selain itu, akan dibahas juga keunggulan dari masing-masing cor versi manual dan beton. Penjelasan selengkapnya, simak dibawah ini!

Pengertian cor dak manual dan cor beton ready mix

Istilah cor dak sering digunakan dalam dunia konstruksi, khususnya bila mengarah ke sebuah pembangunan suatu bangunan. Baik cor dak manual ataupun cor beton ready mix, sebenarnya merupakan teknik yang digunakan oleh kontruktor untuk membedakan materialnya.

Pengertian dari kata dak sendiri, adalah sebuah pembatas yang nantinya dapat memisahkan bagian di setiap lantai kala pembangunan dilakukan.Sedangkan dak beton, yaitu pembatas yang tersusun dari material beton cor. Selain itu, beton cor kerap diterapkan dalam ready mix.

Keungulan dari pemilihan teknik cor dak manual, dapat bertahan lebih lama tergantung dari kualitas bahan yang digunakan untuk campuran adonan. Selain itu, bila dikerjakan langsung oleh tenaga ahli, maka hasil beton akan terlihat bagus dengan biayanya yang minim.

Kekurangannya, membutuhkan waktu pengerjaan adonan yang terbilang cukup lama karena serba dilakukan secara manual. Kalau pekerja yang melakukan belum terlalu pandai mengerjakannya, maka butuh pekerja yang lebih banyak dibandingkan pembuatan cor beton.

Kelebihan memilih teknik cor beton ready mix, pertama mampu menghemat waktu sebab pekerjaan dapat selesai lebih cepat. Kedua, tidak membutuhkan pekerja yang banyak. Ketiga, campuran adonan coran beton menggunakan alat beton split sehingga campurannya lebih rata.

Kekurangan coran beton split, tidak dapat diterapkan ke daerah-daerah pedalaman atau jalanan yang terlalu sempit karena mobil pembawa alat kesulitan untuk masuk ke rumah tujuan. Selain itu, biaya materialnya jauh lebih mahal daripada biaya cor dak manual.

Biaya Cor Dak Manual

Biaya cor dak manual

Biaya cor dak manual

Cara menghitung biaya cor dak manual

Kali ini, perumpamaan yang diambil menggunakan ukutan bangunan dengan panjang 5,5 meter persegi, kemudian lebarnya 11 meter persegi dengan ketebalannya mencapai 11 cm. Maka, supaya kubikasi terpenuhi, perhitungannya jadi 5,5 x 11 x 0,11 (satuan m) = 7 m3.

Hasil perhitungan tersebut, mengacu pada angka pembulatan terdekat keatas. Lalu, kira-kira gambaran yang terjadi di lapangan, kurang lebih seperti berikut. Pertama, bahan-bahan mulai disiapkan oleh pekerja sehari sebelum waktunya pelaksanaan untuk menghemat waktu.

Bahan-bahan yang dimaksud, diantaranya ada papan cor dengan lebar 10. Kemudian weremesh sebanyak 4 lembar. Bondex sebanyak 10 lembar, semen 40 sak, pasir beton unruk memperkuat adonan berkisar 2 m3. Lalu, batu split sekitar 3 m3.

Ada perbandingan angka khusus dalam pelaksanannya yakni, 1:2:3. Artinya, angka 1 mewakili bahan semen, berikutnya angka 2 sebagai perumpamaan untuk material pasirnya. Terakhir, angka 3 digunakan dalam material bahan batu split.

Pekerja yang dibutuhkan, umumnya 5 orang pekerja aktif serta 7 orang berperan sebagai pembantu penyalur adonan material coran. Pelaksanaan sebagai contohnya, diambil mulai dari pukul 8 sampai dengan 12 siang atau tengah hari.

Bila ditotalkan secara keseluruhannya, kurang lebih biaya yang dibutuhkannya sebesar Rp 11.840.000,- berlum termasuk biaya upahnya. Sedangkan minimum upahnya, sekitar Rp 2.300.000,- sudah biaya keseluruhan pekerja aktif ataupun pekerja pembantu.

Harga borongan cor dak manual

Angka Rp 14.100.000,- atau bisa juga dianggap menjadi Rp 15.000,000 ini, akan diperoleh oleh pemesan ketika mengambil pilihan borongan cor dak manual. Pasalnya, pekerjaan tidak ditanggung oleh satu atau dua orang saja, sehingga upahnya menjadi semakin rendah.

Mengapa demikian, karena pekerjaan dilakukan secara bersama-sama, otomatis beban lelahnya terbagi ke beberapa orang lainnya. Sehingga, wajar bila upah yang diberikan akan menurun dibandingkan bila memberikan upah untuk pekerja 2 atau 3 orang saja.

Rincian supaya pemesan dapat memperoleh angka tersebut, simak penjelasan berikut. Dimulai dari penelusuran harga satuan material adonan cor yang digunakan terlebih dahulu.

  • Bondex per lembar misal dikenakan biaya sebesar Rp 540.000,-
  • Weremesh dengan anggapan harga per lembarnya Rp 515.000,-
  • Semen merek 3 roda setiap saknya dibandrol dengan harga Rp 55.000,-
  • Pasir beton per colt harganya sebesar Rp 220.000,-
  • Batu split per colt dikenakan biaya sebesar Rp 260.000,-

Harga berikut, sudah dikalikan dengan jumlah banyaknya material yang akan digunakan ketika membuat cor dak manual untuk rumah minimalis.

  1.  Bondex sebanyak 10 lembar menghabiskan biaya sebesar Rp 5.400.000,-
  2. Weremesh dengan total jumlahnya 4 lembar, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 2.060.000,-
  3. Semen 3 roda sebanyak 10 sak, dikenakan biaya Rp 2.200.000,-
  4. Pasir beton berjumlah 4 colt menghabiskan biaya sebesar Rp 880.000,-
  5. Batu split sebanyak 5 colt biaya yang dikeluarkannya mencapai Rp 1.300.000,-

Bila ditotalkan atau dijumlahkan secara keseluruhan, biayanya mencapai nominal Rp 11.840.000,- Sehingga, biaya cor dek manual per meternya sebesar Rp 1.480.000,-. Berikutnya, akan dijelaskan gambaran biaya atau tarif upah untuk para pekerjanya.

Biaya pengeluaran upah atau gaji pekerja bangunan

Pekerja aktif anggaplah sebanyak 5 orang. Kemudian, satu orangnya kalian berikan upah sebesar Rp 200.000,- hingga Rp 300.000,- maka, totalnya menjadi Rp 1.000.000,- sampai dengan Rp 1.500.000,-.

Sedangkan biaya untuk pegawai tambahan ataupun pembantunya, dimisalkan sebanyak 7 orang dengan biaya upahnya sebesar Rp 150.000,- sampai dengan Rp 200.000,- per satu orangnya. Maka, totalnya menjadi Rp 1.050.000,- hingga Rp 1.400.000,-.

Berikutnya uang konsumsi untuk jangka waktu satu hari, terutama jika dimasakkan oleh pemilik rumah. Anggap biaya belanjanya sebesar Rp 250.000,- sampai dengan Rp 300.000,-. Maka, total pengeluaran yang harus dipersiapkan oleh pemesan. sebesar Rp 15.040.000,-.

Hingga saat ini, masyarakat masih banyak yang menerapkan teknik cor dak manual. Bukan karena tanpa alasan, atau memilih harga yang lebih murah. Namun, hasil corannya lebih efektif karena dapat dirubah atau dihancurkan sebagiannya saka disaat dibutuhkan.

Berbeda halnya bila menggunakan teknik cor dak beton ready mix. Dimana, hasil coran akan nampak lebih kuat dan kokoh, sehingga sangat sulit untuk diubah sebagian. Oleh karena itu, perlu dihancurkan terlebih dahulu hasil dari coran beton tersebut.

Selain itu, masyarakat juga tidak perlu meminta ijin kepada warga atau perangkat setempat perihal mobil pembawa alat yang kemungkinan akan mengganggu arus jalan di sekitar rumah tersebut. Apalagi, sulit jika akses jalanannya sangat sempit tidak cukup untuk mobil masuk.

Oleh sebab itulah, para pekerja bangunan ahli lebih menyarankan kepada pemilik rumah untuk menggunakan teknik cor dak manual dibandingkan cor dak beton. Biaya yang dikeluarkan lebih hemat serta hasilnya lebih efektif.

Setelah membahas biaya cor dak manual, cara menghitung biaya cor dak manual, harga borongan cor dak manual, serta biaya cor dak manual per meter, wawasan di bidang konstruksi menjadi semakin luas lagi. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.