Cara Cek Nomor Referensi BCA

  • Whatsapp

Apa kamu sedang cari artikel mengenai bagaimana cara cek nomor referensi BCA? Tepst sekali, karena artikel ini akan membahasnya. Simak hingga selesai ya.

Ketika kamu melakukan transaksi dengan menggunakna fitur internet banking atau menggunakan layanan SMS banking dari berbagai bank termauk BCA sendiri, kamu akan mendapatkan nomor referensi yang menyatakan jika transaksi sudah berhasil dilakukan.

Read More

Nomor referensi sendiri biasanya disebut dengan nomor identitas, eperti pada nomor seri sebagai tanda jika transaksi telah berhasil dilakukan. Nomor referensi pun bisa digunakan untuk memudahkan selama melkaukan tracking atau pelacakan sebuat transaksi termasuk transaksi transfer. Selain itu, nomor referensi juga bisa disebut sebagai nomor unik yang digunakan untuk transaksi yang sudah kamu lakukan.

Contohnya saja seperti kamu melakukan pembayaran transaksi via online atau transfer dana ke salah satu rekening milik teman kamu. Kegunaan nomor referensi itu, ketika kamu telah melakuka pembayaran namun kamu lupa untuk menyimpan print out hasil transaksi tersebut, serta hanya ada nomor referensi yang tersimpan di email kamu maka suatu saat ketika bukti transfer itu dibutuhkan kamu dapat mengunjungki kantor cabang bank BCA terdekat untuk meminta data lengkap mengenai transaksi tersebut dengan cara menyerahkan nomor referensi yang kamu miliki. Memang biasanya ketika kamu melakukan pembayaran via internet banking kamu, nomor referensinya akan dikirim via email yang masih aktif.

Selain di dalam sebuah transaksi perbankan, nomor referensi juga biasanya terdapat pada transaksi lainnya, hanya saja berbeda penyebutan. Misalnya transaksi isi pulsa. Jika kamu perhatian, ketika hendak melakukan pengisian pulsa di salah satu konter isi pulsa, nomor HP kamu akan menerima SMS dari operator yang berisi mengenai jika pemberitahuan isi ulang yang kamu lakukan sudah berhasil, lalu di dalam teks tersebut disertai dengan adanya nomor seri. Nah nomor seri itu memiliki fungsi yang sama seperti nomor referensi ketika transaksi di bank. Nomor referensi pun bisa muncul saat kamu melakukan transfer saldo memakai layanan internet banking pada bank lain.

Terkait:  Cara Daftar M Banking BCA

Di bank BCA sendiri, dengan melalui layanan internet banking misalnya KlikBCA nanti pada tampilan laptop atau ponsel kamu akan terdapat informasi yang berisi tentang tanggal transfer, waktu transfer, nomor referensi, nomor tujuan transfer, nama tujuan, jumlah atau nominal transfer, berita, serta jenis transfer. Biasanya nomor referensi terdiri dari rangkaian huruf dan angka setelah kamu selesai dan berhasil melakukan transfer, hal ini baik ke sesama BCA maupun transaksi beda bank. Misalnya BCA ke BRI, BCA ke Mandiri dan sebagainya.

Kamu bisa mencoba layanan pada KlikBCA dengan mengunjungi situs resmi melalui link sebagai berikut https://ibank.klikbca.com/

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Cara Cek Nomor Referensi BCA
Cara Cek Nomor Referensi BCA

Melalui Bank Lain

Selain menggunakan layanan yang disediakan oleh bank, ternyata kamu juga bisa mengetahui nomor referensi BCA melalui bank lain. Misalnya kamu baru saja mentransfer sejumlah dana dari rekening BRCara Cek Nomor Refernsi BCACara I ke BCA, pastikan kamu sudah pada tahap transfer ke bank lain menggunakan internet banking BRI. Saat seluruh kolom telah terisi semua, selain kolom nomor referensi silahkan langsung tekan tombol Kirim.

Nanti pada hasilnya, layar handpshone kamu akan muncul pemeberitahuan tentang pengisian nomor referensi sesuai dengan keterangan tersebut. Kemudian, sudah pasti proses transfer atau pengiriman dana kamu ke rekening lain misla saja BRI telah berhasil.

Melalui BCA Mobile

Selanjutnya artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukan cek nomor referensi transfer melalui aplikasi m-banking BCA. Namun perlu diketahui bahwa untuk memakai cara ini hanya dapat digunakan jika kamu telah melakukan aktivasi BCA Mobile melalui kantor cabang. Apabila sudah ada, sekarang kamu tinggal ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cek bukti tansfer melalui BCA Mobile:

Terkait:  Cara Cek No Rekening BCA
  • Langkah pertama buka apliksi BCA mobile ponsel lalu pilih menu m-BCA
  • Kemudian kamu bisa input kode akses pada kolom yang tersedia. Jika sudah tekan login
  • Untuk mengecek bukti transfer BCA silahkan kamu masuk ke dalam menu Inbox yanga ada dibagian bawah
  • Selanjutnya akan muncul semua riwayat yang pernah kamu lakukan dari rekening BCA, dan kamu bisa pilih salah satu untuk melihat detail nomor referensi transfer.

Melalui KlikBCA

Nah selain menggunakan aplikasi BCA Mobile, kamu bisa mengcek nomo referensi transfer melalui layanan KlikBCA. Sama seperti m-Banking, kamu juga harus melakukan aktivasi dahulu jika ingin menggunakan layanan ini. Jika tidak ada kendala dalam penggunaan KlikBCA, sekarang kamu bisa lanjut ke tutorial cek nomor referensi transfer menggunkana fasilitas tersebut:

  • Langkah pertama, silahkan kamu bisa buka Browser di ponsel untuk mengunjungi situs KlikBCA
  • Kemudian kamu bisa masukkan User ID dan juga Password lalu tap Login
  • Pada tampilan berikutnya, kamu bisa pilih menu History Transaksi yanga da di sebelah kiri
  • Jika sudah, sekarang kamu bisa tentukan periode transaksi yang nin kamu ketahui. Pada pilihan jenis transaksi silahkan untuk klik Transfer
  • Nantinya akan muncul beberapa riwayat transfer sesuai dengan periode yang sudah ditentukan. Selanjutnya tap Link di sebelah kiri untuk bisa menampilkan detail transaksinya
  • Terkahir, kamu bisa menemui data lengkap dari transaksi tersebut, tidak terkecuali nomor referensi transfer.

Biaya Admin Cek Nomor Referensi Transfer

Setelah kamu mengetahui cara cek bukti transfer melalui cara diatas pasti dari kalian juga penasaran mengenai biaya admin untuk cek nomor referensi transfer. Tenang aja, karena dalam hal ini bank BCA telah membaskan biaya admin alias GRATIS.

Terkait:  Cara Cek Nomor Referensi BRI

Kegunaan Nomor Refensi Bank BRI

Taukah kamu bahwa nomor referensi atau kode unik bank BCA ini berfungsi sebagai pertanda bahwa kamu telah menyelesaikan transaksi. Selain itu nomor ini juga mempunyai fisik sebagai proteksi tambahan untuk mengamankan transaksi yang sedang kamu lakukan.

Misalnya jika kamu sudah melakukan suatu transaksi, akan tetapi bukti struk transaksi yang kamu dapatkan ternyata hilang atau kamu lupa naruhnya dimana. Nah dengan itu kamu bisa meminta kepada pihak bank untuk melacak transaksimu sebelumnya dengan mengirimkan nomor referensi ke bank.

Berdasarkan nomor referensi tersebut yang telah kamu berikan kepada bank, maka bank BCA akan memeberikan secara detail transaksi yang kamu butuhkan.

Berapa Maksimal Periode Transfer yang tertera di KlikBCA?

Biasanya periode maksimal transfer yang tertera di klik BCA kurang lebih satu bulan atau 30hari sebelumnya.

Demikianlah informasi mengenai cara cek nomor referensi BCA. Kamu bisa menggunakan cara-cara diatas atau jika ingin lebih simple kamu bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat meskpiun proses tersebut bisa dilakuakn melalui BCA Mobile maupun KlikBCA. Jadi terserah kamu mau pilih menggunakan cara yang mana.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Terima kasih sudah membaca hingga selesai. See u!

Related posts