Tulung ojo di copy ya lur...

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus

By On Wednesday, October 9th, 2019 Categories : Nokia

Masih tentang produk terbaru dari Nokia Corporation, untuk kali ini akan diulas mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia 6.1 Plus. Setelah sebelumnya kami berhasil mereview kelebihan dan kekurangan nokia 6 yang mana menjadi produk generasi sebelumnya dari Nokia 6.1 Plus ini.

Nokia 6.1 Plus

Nokia 6.1 Plus | https://gizmologi.id

HMD Global sebuah perusahaan Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia tengah sukses merilis sebuah produk ponsel android terbaru yang dinamai dengan Nokia 6.1 Plus. Dimana ponsel ini menjadi andalannya dalam ikut andil bersaing di dunia gadget nusantara.

Diantara kamu semua pasti sudah tidak asing bukan dengan produk ponsel dari Nokia? Suatu produk yang pernah populer dimasanya. Memang, di era kini nama Nokia sudah tak setenar dulu. Hal ini dikarenakan, banyaknya vendor baru yang mulai masuk di dunia pasar gadget. Sehingga, secara otomatis Nokia harus memutar otak mencari dan menemukan inovasi terbaru agar tak kalah dalam bersaing dengan vendor lainnya.

Melalui Nokia 6.1 Plus inilah nantinya Nokia Corp akan kembali bersaing di rancah pasar ponsel dalam maupun luar negeri. Dilansir dari GSMArena, Nokia 6.1 Plus ini tengah berhasil rilis pada bulan Agustus 2018 lalu. Perilisan ini memakan waktu hampir setahun untuk meregenerasi Nokia 6 yang telah rilis di 2017 lalu.

Lalu, apakah kamu menyukai produk Nokia 6.1 Plus ini lur? Apakah tertarik untuk membelinya lur? Nah, sebelum membelinya, ada baiknya kamu tau terlebih dahulu Spesifikasi beserta kelebihan dan kekurangan yang ada pada Nokia 6.1 Plus.

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus

Nokia 6.1 Plus | http://vinhquang.vn

Rilis : Agustus 2018
Ukuran Layar: 5.8 inci
Tipe Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
CPU: Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
GPU: Adreno 509
OS: Android 8.1 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie); Android One
Internal: 32GB 4GB RAM (X6), 64GB 4GB RAM, 64GB 6GB RAM
Eksternal: microSD, up to 400 GB (uses shared SIM slot)
Kamera Utama: Dual Camera

  • 16 MP, f/2.0, 1.0µm, PDAF
  • 5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor
Terkait:  Harga Nokia 6.1 Plus Terbaru

Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm
Baterai: Non-removable Li-Ion 3060 mAh battery

Dilihat sekilas dari spesifikasi yang ada pada Nokia 6.1 Plus, tampak bahwa Nokia 6.1 Plus ini banyak kelebihannya dibandingkan kekurangannya. Namun apakah fitur yang dipunyai juga menarik lur? Coba simak ulasan dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus

Nokia 6.1 Plus banyak memiliki kelebihan dan kekurangan yang menjadikannya unggul dalam fitur dan spek tertentu juga lemah dalam beberapa hal. Berikut kami hadirkan keunggulan dan kelemahan dari Nokia 6.1 Plus yang harus kamu ketahui lur.

Kelebihan Nokia 6.1 Plus

Dimulai dari kelebihannya, Nokia 6.1 Plus memiliki banyak keunggulan dalam beberapa fitur dan spek. Diantaranya:

1. Desain Kelas Premium

Nokia 6.1 Plus

Desain Nokia 6.1 Plus | Kompas.com

Yang menjadi keunggulan Nokia 6.1 Plus pertama kali adalah terletak pada desain bodi miliknya, terdapat balutan kaca yang diapit dengan bahan aluminium yang menjadikannya tampak berkelas. Warna mengkilap yang menjadi pola desainnya pun sudah disesuaikan dengan selera kekinian pengguna. Bahkan, Android Authority menyebutkan bahwa Nokia 6.1 Plus ini menjadi kelas ponsel dengan desain premium.

2. Tampilan Layar Cukup Baik

Kelebihan dari Nokia 6.1 Plus selanjutnya adalah adanya penerapan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. Sehingga menjadikan tampilannya punya nilai lebih. Selain itu, resolusi layar yang dipakainya pun 1080 x 2280 pixels dengan rasio 19:9 dan punya tingkat kerapatan ~432 ppi density memperlihatkan layar yang tajam dan kaya akan warna.

Dengan spek sedemikian rupanya, menjadikan layar dari ponsel ini luar biasa serta tergolong jadi yang terbaik di kelasnya. Satu lagi, layarnya pun berdesain dengan lekukan 2,5D disertai dengan bezel tipis sehingga menjadikannya semakin istimewa.

3. Proteksi Layar Mantab

Menariknya dari layar yang diterapkan pada Nokia 6.1 Plus adalah adanya proteksi layar berjenis Gorilla Glass 3. Sehingga menjadikan layarnya tahan terhadap ancaman goresan yang menimpa layarnya. Kamu pun tak perlu khawatir akan adanya goresan yang secara disengaja atau tak disengaja menimpa layar Nokia 6.1 Plus kepunyaanmu.

Terkait:  Harga Nokia 6 Terbaru

4. Kamera Depan Belakang Oke Banget

Kamera Nokia 6.1 Plus | https://images.ctfassets.net

Kelebihan dari Nokia 6.1 Plus selanjutnya adalah terletak pada bagian kamera yang dibawanya. Terdapat 2 buah kamera di bagian belakang bodi atau istilah kerennya dual camera yang mana masing-masing beresolusi 16 MP dan 5 MP. Jika dipakai memotret, kamu akan melihat banyak fitur diantaranya Dual-LED dual-tone flash, panorama, dan HDR. Sementara jika dipakai untuk rekaman video, bisa diatur hingga ukuran 2160p@30fps dan 1080p@30fps (gyro-EIS).

Sumber: https://images.ctfassets.net

Masih ada yang menarik dibagian kamera, adalah kamera depan yang dapat dipakai untuk selfie dan vlogging. Dimana kamera depan yang dipakainya memiliki resolusi sebesar 16 MP, yang dapat menghasilkan gambar tampak seperti nyata. Untuk keperluan eksis di sosmed, Nokia 6.1 Plus ini sudah sangat mendukung. Terlebih video kamera depannya bisa diatur hingga ukuran 1080p@30fps.

5. Ruang Penyimpanan Besar

Meski tak terlalu besar, Nokia 6.1 Plus berhasil membawa memori internal berkapasitas minimal 32 GB dengan pendukung RAM yang kapasitasnya 4GB. Selain itu, kamu juga diberikan opsi lainnya untuk memilih memori internal dengan kapasitas 64GB. Untuk RAM nya sendiri pun kamu bisa pilih dan sesuaikan mau 4GB atau 6GB.

Tak puas dengan kapasitas memori internal yang terbatas, kamu pun diperbolehkan menambah dengan memori eksternal yang bisa menampung kapasitas hingga 400 GB. Puas-puasin deh untuk menyimpan film-film terbaru. 😀

6. Support USB Type-C port

Masih menjadi salah satu keunggulan dari Nokia 6.1 Plus lain adalah adanya USB Type-C yang terlihat pada bagian bawah bodi. Keuntungan dari USB Type-C ini tak lain adalah penggunaannya dapat dibolak-balik, serta untuk kepentingan transfer juga lebih cepat dibanding dengan port microUSB biasa.

7. Fingerprint Ready!

Fingerprint Nokia 6.1 Plus | Nokia.com

Tak mau kalah dengan ponsel para pesaing yang banyak hadirkan fitur fingerprint, Nokia 6.1 Plus pun tengah membawa fitur sidik jari yang tersemat pada bodi bagian belakang. Memang belum optical, namun fitur satu ini tetap menjadi keunggulan tersendiri karena tingkat keamanan ponsel akan lebih terjamin.

Terkait:  Harga Nokia 6 Terbaru

8. Pengisian Baterai Kecepatan Penuh

Terakhir, yang menjadi kelebihan Nokia 6.1 Plus adalah terletak pada bagian baterai dan fiturnya. Ponsel satu ini membawa baterai Li-Ion berkapasitas 3060 mAh. Meskipun kapasitas baterai yang dipunyainya kecil, jangan salah jikalau untuk kepentingan pengisian lebih cepat penuh. Hal ini dikarenakan sudah didukung adanya fitur fast charging 18W (Quick Charge 3.0) sehingga tak butuh waktu lama untuk menunggu baterai penuh.

Kekurangan Nokia 6.1 Plus

Berbicara soal kelebihan, Nokia 6.1 Plus juga masih membawa beberapa kelemahan yang mendasar. Berikut beberapa kekurangan Nokia 6.1 Plus:

1. Baterai Tanam Kapasitas Kecil

Yang menjadi kelemahan Nokia 6.1 Plus pertama kali adalah adanya baterai tanam yang sulit dilepas. Mungkin akan lebih praktis jika ponsel pintar ini membawa baterai tanam, namun menurut kami akan menjadi kekurangan yang menonjol. Karena, kita akan sedikit kerepotan jika terjadi kerusakan pada lubang charger.

Disisi lain, Baterai yang digunakannya ini pun memiliki ruang kapasitas yang begitu kecil. Hanya 3060 mAh saja, membuat daya tahan kehidupan Nokia 6.1 Plus ini tak kuat begitu lama.

2. Belum Ada NFC

Masih menjadi kekurangan dari Nokia 6.1 Plus, adalah belum adanya fitur NFC. Jika dibanding dengan versi sebelumnya yakni Nokia 6 yang sudah pakai NFC, entah mengapa Nokia 6.1 Plus ini justru malah tidak disertai dengan NFC.

3. Slot Hybrid Dual SIM

Penggunaan slot hybrid menjadi satu kekurangan Nokia 6.1 Plus. Hal ini dikarenakan, slot hybrid lebih beresiko patah dan rusak. Mengingat slot hybrid menjadi satu wadah untuk dua atau tiga kartu sekaligus yang dipakai secara bersamaan.

Berapa Harga Nokia 6.1 Plus?

Dari sekian canggihya fitur dan spesifikasi yang dibawanya, apakah kamu sudah tau berapa harga dari Nokia 6.1 Plus? Semenjak dikeluarkannya, Nokia Corp berikan harga kisaran untuk Nokia 6.1 Plus ini sebagai berikut:

Harga Nokia 6.1 Plus : Rp. 2.599.000

Sungguh harga yang begitu menggiurkan untuk ponsel sekelas Nokia 6.1 Plus. Jadi, bagaimana denganmu lur? Apakah kamu tertarik untuk membeli Nokia 6.1 Plus? 🙂

Kami rasa cukup sekian dulu untuk ulasan kelebihan dan kekurangan Nokia 6.1 Plus yang dapat berguna untuk kamu. Jangan lupa untuk selalu bagikan artikel ini dengan teman-temanmu agar mereka juga dapat acuan dan referensi sebelum membeli handphone terbaru.

Bagikan ke:
Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus | kangreview | 4.5