Home » Cara Kerja » Cara Kerja CCTV

Cara Kerja CCTV

Closed Circuit Television atau CCTV merupakan seperangkat sistem keamanan berbasis video kamera digital yang dapat merekam kejadian atau peristiwa di area tertentu yang diawasi. Sebenarnya cara kerja CCTV sendiri dengan cara mengirimkan sinyal pada layar monitor di dalam ruangan yang telah dipasangi oleh kamera CCTV.

Berdasarkan pengertian kamera CCTV di atas, bisa diketahui bahwa perangkat yang satu ini biasanya dipakai sebagai perangkat sistem keamanan dalam ruangan maupun di tempat terbuka.

Adapun sistem yang dipakai pada kamera CCTV saat ini kian berkembang. Mulai dari yang berbasis sistem konvensional, memakai VCR yang memerlukan pengawasan secara langsung, ditambah lagi resolusi gambarnya berkualitas sangat rendah sehingga tidak efektif digunakan sebagai kamera pengawas.

Pengertian Kamera CCTV

Meskipun sudah sering kita jumpai kamera CCTV di tempat-tempat umum atau di kawasan perumahan, mungkin masih banyak orang yang belum paham pengertian kamera CCTV itu sendiri walaupun perangkat yang satu ini mudah sekali ditemukan dalam aktivitas sehari-hari.

Kamera CCTV merupakan perangkat yang memanfaatkan sinyal rahasia atau sinyal tertutup. Berbeda halnya dengan TV yang biasanya memanfaatkan broadcast signal. Biasanya pengiriman sinyal sendiri dilakukan dengan bantuan wireless atau bantuan kabel.

Kamera CCTV ini bekerja dengan kabel coaxial dan biasanya dipakai dalam TV analog. Adapun fungsi dari kabel ini ialah untuk menerima sinyal pada antena TV. Sementara jika bekerja dengan menggunakan wireless sendiri, CCTV beroperasi dengan memakai frekuensi sebesar 2.4GHz.

CCTV sebenarnya tidak dapat bekerja sendiri. Sebab ada sistem yang dikendalikan untuk menjalankannya. Di samping itu, komponen atau peralatan yang dipakainya juga ada banyak. Setiap komponen tersebut kemudian di susun ke dalam sebuah sistem, sampai akhirnya bisa beroperasi.

Seiring perkembangan teknologi sekarang ini, sistem dalam kamera CCTV bisa dikontrol dan dioperasikan secara fleksibel. Ini artinya, kamera CCTV tak hanya dapat dikontrol lewat komputer atau PC saja, tetapi juga lewat berbagai macam gadget yang terkoneksi dalam sistem. Sehingga Kamu bisa mengontrol dan memantau kamera kapan pun dan dimana pun asalkan terkoneksi ke dalam jaringan internet.

Manfaat dan Fungsi Kamera CCTV

Sebelum membahas cara kerja CCTV, alangkah baiknya kita pahami manfaat dan fungsi kamera CCTV itu sendiri terlebih dahulu :

  • Meningkatkan Sistem Keamanan

Faktor utama kenapa harus memasang kamera CCTV ialah dikarenakan ungsinya bisa meningkatkan sistem keamanan.

Melalui perangkat kamera CCTV, diharapkan aksi kejahatan dapat dicegah sebab setiap kejahatan bisa terekam dan tentu saja pelakunya akan terekam.

Saat terekam kamera CCTV,  maka aksi kejahatan yang mungkin saja direncanakan dapat dicegah sebelumnya.

  • Memantau Aktivitas yang Terekam

Dengan kamera CCTV yang telah dipasang di sebuah ruangan, maka akan menampilkan semua aktivitas yang dilakukan pada ruangan tersebut ke layar monitor secara langsung.

Hal tersebut dapat membantu mempermudah pemantauan semua aktivitas yang terjadi pada ruangan itu sendiri.

Adapun fungsi tersebut umumnya dimanfaatkan di pabrik atau perusahaan. Dengan terpantaunya aktivitas di dalam ruangan, maka diharapkan bisa meningkatkan kinerja pegawai/karyawan.

Sama halnya saat dipasang di kelas ketika sedang ujian. Dimana pemantauan tersebut dapat mencegah aksi kecurangan ketika ujian sedang berlangsung.

  • Membantu Proses Penyelidikan

Manfaat adanya kamera CCTV lainnya ialah dalam hal penyelidikan yang dilakukan pihak kepolisian. Melalui kamera CCTV ini, maka sangat membantu proses penyelidikan ketika terjadi aksi kejahatan.

Dengan adana kamera CCTV, dapat membantu melacark pelaku aksi kejahatan yang telah terekam dan dapat mengetahui kapan kejadian tersebut berlangsung.

  • Sebagai Bukti Tindak Kejahatan

Masih berhubungan dengan aksi kejahatan. Dengan menggunakan kamera CCTV yang telah terpasang pada suatu lokasi serta merekam semua kegiatan/peristiwa yang terjadi di lokasi tersebut, dengan demikian rekaman tersebut dapat dijadikan bukti ketika terjadi aksi kejahatan.

Lewat adanya bukti berbentuk video rekaman tersebut, maka saat terjadi aksi kejahatan, para pelaku bisa dihukum setimpal sesuai dengan bukti yang telah terekam.

Cara Kerja CCTV

Cara Kerja CCTV

Cara Kerja CCTV | Img: Freepik.com

Cara kerja CCTV ialah dengan merekam kegiatan atau peristiwa tertentu seperti halnya merekam menggunakan video. Hasil video rekaman nantinya akan disimpan pada media penyimpanan dengan cara otomatis.

Selain itu, proses perekaman tetap akan berlangsung selama kapasitas media penyimpanan masih tersedia.

Adapun perbedaannya, perekaman oleh kamera CCTV dapat dijalankan dengan otomatis, selain itu cara kerjanya bisa diatur terlebih dulu.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, sistem kamera CCTV kian berkembang jenisnya. Selain itu, cara kerjanya juga berbeda tergantung dari jenis kamera CCTV itu sendiri.

1. Cara Kerja CCTV IP

Cara bekerja kamera CCTV yang pertama ialah dengan memanfaatkan IP (Internet Protocol). Prinsip kerja dari kamera CCTV ini mengirimkan sinyal ke dalam jaringan menggunakan Cat 5/6 kepada perekam video jaringan, yang biasa disebut sebagai NVR.

Adapun itur dari NVR ini sama seperti fitur yang terdapat pada DVR, yaitu terdapat HDD untuk sistem perekaman video, keluaran video berbentuk VGA atau HDMI dan pemantauannya  pun terpusat pada jarak jauh. Akan tetapi, sistem tersebut mempunyai fitur lebih canggih dan hasil rekamannya juga sudah berkualitas tinggi.

2. Cara Kerja CCTV Analog

Prinsip kerja kamera CCTV analog dengan cara mengirimkan singal ke dalam perangkat video digital lewat kabel BNC.

Dimana perekam video digital tersebut bisa menginstal dar 1 hard disk atau lebih sebagai media penyimpanan.

Di samping itu, sistem tersebut juga mendukung  keluaran/output VGA atau HDMI. Kedua output tersebut memungkinkan dilakukannya proses pemantauan pada layar monitor dengan cara terpusat.

3. Cara Kerja CCTV IP Nirkabel

Biasanya sistem yang diterapkan pada CCTV IP Nirkabel ini lebih gampang dipasang. Prinsip kerjanya berbeda dari jenis CCTV yang sebelumnya sebab tanpa memakai kabel jaringan.

Dimana kamera dapat bekerja menggunakan router nirkabel. Adapun hasil proses rekaman langsung tersimpan ke memori Micro SD.

Jenis-Jenis Kamera CCTV

Sebenarnya ada banyak jenis kamera CCTV di pasaran dimana tipa jenisnya menawarkan spesifikasi dan fungsi berbeda, diantaranya :

  1. Kamera PTZ, kamera yang dapat bergerak hingga ke berbagai arah serta dapat memperbesar gambar sampai berkali-kali lipat. Kamera jenis ini biasanya dipakai di wilayah yang area pemantauannya cukup luas.
  2. Kamera Dome, berbentuk menyerupai kubah atau dome. Pemasangan pelindung yang berbentuk dome tersebut bertujuan supaya arah pada kamera CCTV tidak terlihat walaupun keberadaannya secara kasat mata.
  3. Kamera bullet, jenis kamera ini dilihat dari lensanya sendiri sama seperti kamera dome. Adapun yang membedakan keduanya ialah terdapat pada bentuknya. Biasanya kamera ini diletakkan pada area outdoor.
  4. Kamera Day/Night, yang berkemampuan untuk mengubah berbagai macam kondisi cahaya yang nantinya disesuaikan dengan cahaya matahari. Kelebihan kamera CCTV ini ialah kemampuannya dapat beradaptasi sesuai dengan kondisi pencahayaan.
  5. Kamera CCTV Infrared, hampir semua CCTV kini telah dilengkapi sinar infrared. Akan tetapi kamera CCTV infrared sendiri sering dinamakan sebagai kamera night vision. Kenapa? karena kamera jenis ini dapat bekerja baik meskipun dalam kondisi minim cahaya atau saat malam hari.

Nah, itulah ulasan tentang cara kerja CCTV dan jenis-jenisnya yang bisa Kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.