Cara Mengganti Akun OVO di Grab

  • Whatsapp

Cara mengganti akun OVO di Grab kerap kali menjadi pertanyaan bagi para pengguna jasa transportasi online asal malaysia ini.

Sebenarnya, Grab dan OVO merupakan 2 perusahaan yang berbeda. Namun akhirnya, pihak Grab melakukan kerjasama dengan OVO untuk metode pembayaran pada Grab.

Semenjak kerja sama itulah, OVO kini menjadi salah satu uang elektronik yang tidak saja digunakan untuk bayar layanan grab, seperti grab bike, grab express, atau yang lainnya, namun juga bisa digunakan untuk melakukan pembelian pada merchant tertentu menggunakan OVO.

Meskipun begitu, OVO lebih memprioritaskan pengguna Grab yang rajin melakukan topup OVO, tentunya dengan memberikan diskon untuk menikmati layanan grab yang tersedia. Maka dari itulah penting sekali untuk menyimpan data OVO yang sudah ada.

Namun, bagaimana ketika ada hal buruk terjadi pada kartu SIM yang terdaftar pada OVO? Apakah kita bisa mengganti nomor tersebut dengan yang baru? Atau, apakah ada cara lain untuk mengatasi hal ini?

Tentu saja bisa. Walaupun OVO dan GRAB menggunakan nomor telfon yang sama dan harus singkron antara keduanya, pada faktanya kamu tetap bisa kok menggunakan nomor yang berbeda. Tentunya, dengan mengikuti cara mengganti akun ovo di grab berikut ini.

Cara Mengganti Akun OVO di Grab

Cara Mengganti Akun OVO di Grab
Mengganti Akun OVO di Grab | IMG: Freepik.com

Mengetahui Nomor OVO yang baru

Sebelum mengubah data OVO di GRAB dengan yang baru, kamu harus terlebih dulu tau membuat OVO baru atau milik orang lain, agar bisa terhubung di Grab milikmu.

Misalnya, Nomor telfon OVO lama mu adalah 08124578, namun kamu ingin menggunakan OVO milik temanmu dengan nomor 08134679, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah menginput nomor OVO yang baru.

Menghapus Akun OVO Lama di Grab

Langkah kedua adalah kita bisa menghapus OVO yang sudah ada sebelumnya dengan yang baru, yakni dengan cara

  1. Buka Aplikasi Grab
  2. Klik pada Bagian Profil (wajah) dibagian pojok kiri atas
  3. Kemudian pilih pada HAPUS AKUN
  4. Tunggu hingga prosess penghapusan selesai, maka otomatis akun Grab dan OVO lama akan ikut terhapus.
Terkait:  Cara Top Up Grab Driver

Walaupun mudah, namun cara ini memiliki resiko kecil bagi pengguna Grab. Yakni, ketika kamu akan mengganti akun OVO di Grab, maka otomatis OVO Points dan Rewards akan ikut terhapus. Namun jika kamu sudah yakin, dan memang ingin mengganti dengan akun OVO yang baru, maka tidak masalah.

Nah, setelah menghapus akun GRAB dan OVO tadi, kita langsung masuk ke cara selanjutnya, yakni:

Membuka Aplikasi GRAB

Setelah akun terhapus, kamu tinggal membuka Aplikasi GRAB kembali, dan mendaftarkan dengan Akun OVO yang baru. Ingat, nomor telfon yang sudah terdaftar pada OVO baru adalah 08134679.

Maka, kamu bisa melakukan Login / Daftar dengan nomor 08134679 tadi. Dan jika sudah berhasil, kita tinggal menghubungkan akun OVO tadi ke GRAB. Dengan cara

  1. Klik pada logo OVO yang ada dibagian Pojok kanan atas
  2. Selanjutnya, klik tombol AKTIVASI dan masukkan pin OVO yang terdaftar pada nomor 08134679 tadi.
  3. Jika sudah, GRAB akan otomatis menampilkan saldo dari OVO (jika ada)
  4. Kamu sudah berhasil mengganti akun OVO di Grab.

Nah, cara diatas bisa kamu pakai ketika memang nomor GRAB atau OVO lama mu sudah tidak aktif atau memang ingin kamu nonaktifkan. Tetapi, bagaimana jika ternyata kamu lupa membawa Smartphone untuk mengganti akun OVO? Simak cara berikut:

Menggunakan Perangkat Lain

Untuk menggunakan cara ini, pastikan kamu menggunakan perangkat lain semisal milik saudara, keluarga, ibu, ayah, atau bahkan pasanganmu.

Kemudian, pastikan nomor di perangkat lain tersebut tidak memiliki akun GRAB dan OVO yang terdaftar. Dan jangan lupa untuk melakukan Top Up OVO dengan menggunakan Internet Banking ataupun lewat Alfatmart dan Indomart.

Untuk langkahnya yaitu:

  1. Buka Aplikasi OVO terlebih dahulu
  2. Lakukan Pendaftaran dengan nomor yang ada di perangkat lain
  3. Lengkapi semua data pendaftaran yang dibutuhkan
  4. Tunggu hingga prosess pendaftaran selesai.
  5. Selamat, kamu sudah memiliki akun OVO.
Terkait:  Cara Mengganti Foto Profil Akun Google

Nah, jika step diatas sudah berhasil kamu buat, sisanya kamu tinggal melakukan top up ke OVO baru tadi dengan menggunakan internet banking, mobile banking, ataupun merchant untuk top up saldo OVO.

Setelah selesai melakukan Top up, kita tinggal langsung masuk ke Aplikasi Grab dan mendaftarkan OVO yang barusan kita buat tadi. Dengan cara:

  1. Buka Aplikasi Grab
  2. Klik pada Daftar / Login dengan menggunakan nomor yang terdaftar pada perangkat lain
  3. Ikuti semua Instruksi dan isi semua data yang dibutuhkan, seperti Email, Nomor Telpon, dan Nama.
  4. Terakhir, kamu tinggal menghubungkan akun Grab dengan OVO, dengan cara mengklik pada Icon OVO pada pojok kanan atas Aplikasi Grab
  5. Pilih Aktivasi OVO
  6. Tunggu hingga muncul redirect ke Aplikasi OVO nya dan kembali ke aplikasi Grab
  7. Masukkan PIN yang sudah didaftarkan di Aplikasi OVO tadi
  8. Tunggu hingga prosessnya selesai.

Jika sudah berhasil, maka kamu bisa melihat jumlah saldo yang sudah kamu top up tadi, misalnya 50.000, 100.000, atau nominal lain.

Selamat! Kamu sudah berhasil untuk mengubah akun OVO di Grab.

Melalui Grab Center

Cara berikutnya adalah dengan menghubungi Grab Center, atau Grab Help center. Biasanya, cara ini digunakan ketika Nomor yang terdaftar pada Grab sudah tidak aktif, dan tidak bisa melakukan Login ke Aplikasi Grab, namun masih bisa login ke aplikasi OVO.

Jika masalahnya adalah itu, maka kamu tinggal menghubungi Help Center Grab lewat

Ada 2 metode yang bisa kamu gunakan, yakni dengan menggunakan Email, ataupun melakukan telfon. Setelah berhasil terhubung dengan Help center, silahkan ceritakan masalah yang kamu alami.

Terkait:  Cara Bayar Grab Pakai OVO

Bisa dengan mengatakan bahwa “nomor ponsel sudah tidak aktif, sehingga ketika melakukan login ulang saya tidak mendapat kode OTP / Kode Verifikasi”.

Setelah itu, biasanya pihak grab akan melakukan pencocokan Data dengan nomor Ponsel mu. Baik itu dengan menanyakan nama, email, atau bahkan nomor KTP (opsional).

Jika pihak Help Center Grab bisa membantu, maka kamu bisa meminta untuk mengganti nomor telfon Grab lama dengan yang baru, namun tidak menghapus history, grab points, ataupun grab rewards.

Jadi, kamu tak perlu lagi khawatir kehilanggan history perjalananmu. Mudah banget kan?

Melalui OVO Center

Langkah terakhir sebenarnya sama seperti sebelumnya. Hanya saja, masalah ini kerap digunakan ketika kamu ingin menggunakan akun OVO yang lain tanpa menghapus akun.

Maka dari itu, kamu bisa menghubungi Help Care OVO pada daftar kontak berikut.

Silahkan pilih salah satu dari 2 opsi diatas. Dan pastikan kamu menceritakan masalah dengan detail, misal nya seperti ini “saya mengalami kendala, jadi nomor OVO lama saya 08123456 sudah lama tidak aktif, saya ingin menggantinya dengan nomor 08134679 milik adik saya, apakah bisa?”

Dari sinilah pihak OVO akan mensinkronkan data yang digunakan, dan melakukan validasi ulang. Kuncinya adalah, selama alasan yang kalian berikan masih valid dan relate, maka pihak grab atau OVO akan mempermudah hal tersebut.

Nah, tinggal tunggu deh pihak OVO mengganti Akun OVO di Grab kalian. Gampang banget kan?

Dengan cara mengganti akun ovo di Grab, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah ketika ponsel milikmu tak lagi bisa digunakan untuk menghubungkan OVO ke Grab, atau sebaliknya. Dengan menerapkan cara diatas, tentunya kalian bisa makin mudah dalam mengganti akun OVO di Grab. Semoga bermanfaat.

Related posts