Cara Menyetir Mobil Manual

Cara Menyetir Mobil Manual
Menyetir Mobil Manual | IMG: Freepik.com

Apakah kamu ingin mengetahui cara menyetir mobil manual dengan baik? Apa aja langkah-langkahnya dalam berkendara?

Jika dibanding dengan mobil bertransmisi matic, mengendarai mobil dengan transmisi manual sangat membutuhkan konsentrasi dan koordinasi visual motorik yang baik.

Read More

Karena yang pertama kamu harus konsentrasi atau fokus dalam memperhatikan lalu lintas sekitar, serta kemudian konsentrasi untuk mengatur kopling dan perseneling yang meski menyesesuaikan dengan kondisi jalanan, dan terakhir adalah konsentrasi saat mengatur kecepatan laju kendaraan.

Cara Menyetir Mobil Manual

Cara Menyetir Mobil Manual
Menyetir Mobil Manual | IMG: Freepik.com

Kali ini kami akan menjelaskan cara menyetir mobil manual, namun sebelumnya ada beberapa hal yang alangkah baiknya kamu ketahui sebelumnya.

Perbedaan Transmisi Manual dibandingkan Matic

Cara menyetir mobil manual tentu berbeda dengan mobil transmisi matic. Seperti pada pembahasan tentang cara menyetir mobil matic sebelumnya, mobil matic memiliki sistem yang memungkinan perpindahan gigi secara otomatis. Sedangkan beda halnya dengan mobil manual yang masih harus melakukan perpindahan gigi sendiri.

Pada mobil manual, diharuskan semua bagian tubuh dari kaki hingga tangan bekerja secara bersama. Yang dimana kaki kanan digunakan untuk pengemudi menginjak pedal gas serta rem, sementara kaki kaki kiri digunakan untuk menginjak pedal kopling.

Selain itu, tangan kiri pun harus banyak gerak karena digunakan untuk mengerakkan tuas transmisi untuk memindahkan giginya.

Hal ini banyak menimbulkan anggapan mengendarai mobil manual adalah sesuatu yang sulit dan ribet. Padahal hal tersebut tak sepenuhnya benar. Dengan latihan yang rutin, setiap orang pasti bisa dan mahir mengendarainya.

Terkait:  Cara Mengisi Freon AC Mobil

Perbedaan pada Segi Bahan Bakar

Mungkin semua setuju mengatakan bahwa mobil transmisi manual lebih irit dibandingkan dengan matic. Tapi sampai kini masih jarang ada penjelasan yang detail dan sederhana mengenai kenapa mobil ini bisa dikatakan lebih irit.

Sejatinya, kamu dapat mengatur putaran mesin ketika berkendara menggunakan mobil manual. Injak pedal gas hingga beberapa RPM, dan lepas kopling pelan-pelan lalu mobilnya pun jalan. Ketika suara mesinnya sudah mulai berat, maka kamu segeralah menaikkan giginya, lalu RPM-nya akan jadi turun lagi.

Dengan putaran mesin yang rendah, maka konsumsi bahan bakar juga tidak akan besar. Apabila kamu setiap 2.500 RPM sudah oper gigi, maka kendaraan bisa makin irit lagi.

Fakta Tentang Mobil Manual

Sebelum mempelajari cara mengemudi mobil manual, sebaiknya ketahui beberapa fakta tentang kelebihan dan kekurangan pada mobil manual sebagai berikut ini:

Kelebihan

  • Mobil manual mampu menawarkan akselerasi yang lebih baik dibanding matic
  • Lebih irit dalam penggunaan bahan bakar.
  • Biaya perawatan kendaraan pun jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil matic.

Kekurangan

  • Untuk para pemula yang sedang belajar mengemudi mobil manual harus benar-benar menghafal pedal rem, kopling dan juga gas.
  • Mengemudi dengan mobil manual juga akan lebih letih.
  • Kurang nyaman ketika digunakan saat berkendara dalam jalanan sedang macet.

Hal-Hal Yang Meski Diperhatikan Saat Mengendarai Mobil Manual

Berlatih Di Tempat Latihan Yang Aman

Hal terpenting sebelum kamu belajar mengendarai mobil manual adalah memilih lokasi belajar yang sekiranya aman. Pilihlah lokasi seperti lapangan besar, jalanan sepi, atau tempat luas yang jauh dari pemukiman dan keramaian.

Lokasi ini bisa membuat konstentrasi dalam belajar mengendarai mobil menjadi lebih fokus. Selain itu juga, hal itu merupakan langkah pencegahan apabila kamu merasa akan mengganggu atau membahayakan pengguna jalan lain. Belajar mengendarai mobil manual di jalan yang sepi nyatanya cukup efektif untuk membantu kamu membiasakan diri menyetir mobil di jalan.

Terkait:  Cara Belajar Mobil Manual

Kenali Fitur Pada Mobil

Sebelum mulai menyalakan mobil, kenali fitur-fitur yang terdapat pada mobil yang akan digunakan untuk berkendara. Fitur penting yang harus dikenali di mobil manual adalah tiga pedal yaitu rem, gas dan kopling.

Fitur penting lain yang mendukung fungsi mobil adalah tombil lampu sign, klakson, serta tuas persneling mobil. Hal-hal seperti inilah yang meski perhatikan agar kelak kamu tidak bingung di tengah mengendarai mobil manual. Cek juga fungsi klakson, tombol lampu hazard, hingga rem tangan.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah belajar posisi perpindahan persneling atau gigi mobil. Sebagai cara mengendarai mobil manual, kamu juga harus hapal cara memindah gigi dari posisi netral ke angka 1-5. Lalu, ada pula posisi tuas “R (Return)” untuk membuat mobil berjalan mundur.

Mempelajari Cara Menginjak Kopling Yang Baik Dan Benar

Hal penting lainnya dalam belajar menyetir mobil manual adalah mengetahui cara kerja dari kopling. Karena setiap kamu akan melakukan perpindahan gigi kamu lakukan harus didahului dengan menginjak pedal kopling.

Secara sederhananya, pedal kopling berfungsi untuk memutus tenaga yang disalurkan oleh mesin menuju transmisi ketika kamu menginjaknya. Dengan begitu kamu bisa melakukan perpindahan gigi dengan mulus.

Tahapannya antara lain :

  1. Terlebih dahulu hidupkan mesin mobil
  2. Injak pedal kopling hingga mentok dan dibarengi juga pedal rem
  3. Perlahan, lepaskan hand brake atau rem tangan
  4. Pindahkan persneling ke gigi 1
  5. Pastikan kaki kanan pada pedal gas
  6. Lepaskan kopling secara perlahan hingga akhirnya mobil mulai bergerak

Mulai Dari Belajar Melakukan Stop And Go

Istilah stop and go pada dasarnya kamu mengendarai mobil dari posisi diam, lalu berjalan beberapa meter, kemudian berhenti kembali. Hal ini bertujuan untuk memperlancar kemampuan kamu dalam memainkan pedal gas dan kopling dengan benar tanpa membuat mesin mobil mati.

Ulangi latihan terus menerus sampai kamu lancar memainkan pedal gas, kopling, dan rem.

Terkait:  Cara Ngecas Mobil Mainan Aki

Mengetahui Serta Memahami Batas Putaran Mesin

Ketika kamu belajar mengendarai mobil manual, kamu juga meski mengetahui istilah putaran mesin. Putaran mesin mobil bisa dimonitor melalui instrumen tachometer yang biasanya terdapat di sebelah speedometer.

Ketika berkendara dengan mobil bertransmisi manual, idealnya kamu melakukan perpindahan gigi pada putaran mesin antara 3.000 hingga 4.000 rpm.

Bagi kamu yang masih pemula, tentunya mungkin akan sulit untuk mengukurnya. Sebagai alternatif, kamu bisa menjadikan getaran mesin sebagai patokan untuk memindahkan gigi.

Namun cara ini menyebabkan resiko terjadinya telat pindah gigi. Karena bisa saja nantinya mesin mobil jebol jika pengemudi keseringan telat melakukan perpindahan gigi.

Belajar untuk Menguasai Teknik Setengah Kopling

Teknik setengah kopling mungkin akan sulit dilakukan oleh pemula karena memiliki tingkat kesulitan sendiri. Tapi ada baiknya dipelajari sejak dini karena teknik setengah kopling akan sangat berguna disaat kamu harus berhenti di tanjakan selama beberapa saat, dan kemudian jalan lagi.

Pada prakteknya, teknik ini mengharuskan kamu menginjak pedal kopling dan pedal gas secara bersamaan dalam porsi tertentu. Pedal gas dibutuhkan sebagi penahan mobil agar tidak merosot ke belakang. Sementara, pedal kopling dibutuhkan agar menjaga mobil tidak maju tanpa harus menginjak pedal rem.

Dalam melakukan pembelajaran teknik ini, usahakan kalau perlu minta dampingan dari mereka yang sudah lebih dulu menguasai cara menyetir mobil manual.

Berlatih Untuk Memutar Setir Kemudi

Setelah kamu cukup mahir menyeimbangkan kopling dan gas serta menjaga kecepatan, kamu bisa lebih fokus mengontrol kemudi. Kamu mungkin sudah mengetahui cara berbelok, tapi kamu kurang memperhitungkan gerak ban. Alhasil, mobil pun belok tidak sesuai alias terlalu melebar atau justru kurang.

Ketika berbelok, putar setir secara halus. Coba rasakan saat mobil mulai menikung atau berbelok. Lalu, apabila kamu merasa kurang menikung, kamu boleh tambah putaran setirnya. Ketika mobil sudah hampir sejajar dengan garis jalan, Anda bisa menahan putaran setir dan putar kembali setir ke arah berlawanan.

Kesimpulan

Untuk menguasai cara menyetir mobil manual memanglah membutuhkan waktu. Namun dengan latihan yang rutin dan benar maka bukan hal mustahil jika kamu akan lihai mengendarainya.

Serta ketika sudah lancar, jangan lupa untuk selalu melakukan persiapan-persiapan wajib dalam mengemudi. Seperti selalu membawa surat-surat kendaraan, memastikan bahan bakar cukup, hingga sedia uang elektronik saat berkendara ke mana saja. Terima Kasih

Related posts

Leave a Reply