Biaya Dak per meter

Biaya dak per meter
Biaya dak per meter

Mempelajari istilah-istilah yang terdapat dalam dunia konstruksi bangunan, dapat membantu kalian memperkirakan biaya dak per meter di kemudian hari. Mengapa hal tersebut saling berkaitan? Alasannya tidak lain adalah agar tidak mudah ditipu oleh orang.

Apalagi bila kalian melakukan pembelian secara online. Perhatikan terlebih dahulu review dari para pembeli sebelumnya. Selain itu, cari informasi keberadaan toko secara detail. Pastikan juga untuk membaca deskripsi atau rincian produk sebelum melakukan pemesanan.

Read More

Mari ambil contoh dari pembelian suatu hebel atau panel lantai. Kalian juga bisa membaca informasi lengkap hebel di biaya dak hebel. Hebel atau panel lantai ternyata terbagi menjadi dua macam. Ada yang digunakan pada dinding, serta memang berfungsi dalam ngedak lantai.

Permasalahan dalam kasus ini, terjadi bila pembeli salah membedakan antara dak hebel dinding dengan dak hebel atau panel lantai yang berfungsi sebagai pengganti bekisting saat ngedak rumah. Apalagi, pembeli umumnya hanya terfokus pada harga yang lebih murah.

Biaya dak per meter, akan berbeda tergantung dari ukuran bangunan yang hendak dipasang dak. Penggunaan material ataupun teknik dak, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kontraktor supaya hasil finishing sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Biaya Dak per meter

Biaya dak per meter
Biaya dak per meter

Biaya dak keraton per m2

Model ngedak lantai dengan keraton, kerap dijadikan sebagai bahan alternatif untuk menggantikan penggunaan dari dak beton ready mix. Hal tersebut, dipicu oleh biaya yang dikeluarkan dalam proses pengerjaannya jauh lebih ekonomis dan efektif dibanding dak beton.

Dak keraton, secara umum memiliki ciri khas yang mirip dengan bata merah. Akan tetapi, bentuk dak keraton, memiliki rancangan atau desain khsusus untuk memenuhi penggunaannya sebagai dak. Didalamnya, dilengkapi dengan lubang untuk memasukkan besi beton.

Terkait:  Biaya Daftar Gojek

Cara pemasangannya juga cukup unik, karena harus melalui proses pemanasan terlebih dahulu. Suhu yang digunakannya, yakni lebih dari 1000 οC. Adapun pola pemasangan dilakukan dengan teknik plat satu arah.

Berikutnysa, besi beton yang telah terpasang di plat lantai, dapat kalian hubungkan satu sama lain menggunakan lubang yang tertanam dalam dak keraton. Selain harga yang lebih murah serta efektif, terdapat kelebihan lainnya yang dimiliki oleh dak keraton, diantaranya:

  • Bobot material dak keraton lebih ringan bila dibandingkan dengan material dak beton ready mix
  • Proses pemasangan sampai dengan finishing jauh lebih cepat daripada dak beton
  • Termasuk ke dalam jenis bahan isolator panas serta memiliki daya tahan kekuatan terhadap guncangan yang diakibatkan oleh gempa
  • Biaya penanganannya jauh lebih murah daripada biaya untuk memasang dak beton

Dak keraton atau kerap disebut dengan ceilingbrick ini, harga satuannya ditawarkan dengan sangat murah, yaitu kisaran Rp 5.500,- sampai dengan Rp 7.500,-. Ketentuan minimal pembeliannya tergantung dari toko yang kalian pilih ketika hendak melakukan pemesanan.

Simulasi biaya dak keraton per meter

Produk dak keraton yang sering ditemukan di pasaran, umumnya memiliki ukuran  23 x 20 x 10 cm. Volumenya dapat mencapai 20 pcs per satuan meter persegi. Sedangkan untuk berat aslinya, adalah 4 kg per pcsnya.

Tarif untuk dak keraton per meter dalam kondisi sudah terpasang ditaksir sekitar Rp 580.000,-.  Berikut rincian kebutuhan material yang digunakan selama proses pemasangan dak keraton. Mulai dari harga dak keraton 1 meter persegi, membutuhkan 18 biji.

Bila harga satuan dari dak keraton adalah Rp 9.500,-  dikali dengan 18 biji maka totalnya menjadi Rp 171.000,-.  Lalu, besi dengan ukuran 10 mm sebanyak 1 lonjor dengan harga satuannya Rp 80.000,-. Besi ukuran 8 mm sebanyak 1 lonjor, dikenakan biaya Rp 55.000,-.

Terkait:  Biaya Cor Dak per meter

Material pasir sebanyak 1 sak dengan harga Rp 25.000,-. Kemudian semen sebanyak ½ kg dari harga 1 kgnya Rp 63.000,- menjadi Rp 31.000,-. Berikutnya upah tukang per meter perseginy, misal Rp 170.000,-.  Sehingga, biaya totalnya adalah Rp 537.500,-.

Lebih murah bukan?selanjutnya mari bahas biaya dak bondek per meter yang katanya tidak jauh berbeda memberikan biaya yang ekonomis dan ramah di kantong ini. Kira-kira manakah yang lebih murah? Simak penjelasannya berikut ini!

Biaya dak bondek per meter

Dak bondek yang memiliki tampilan lembaran ini, berperan sebagai pengganti dari penggunaan papan ataupun triplek selama proses pembuatan dak lantai rumah kalian. produk yang beredar di pasaran, ditawarkan dengan harga mencapai ratusan ribu rupiah.

Bahan penyusun dak bondek, diketahui terbuat dari bahan galvalum serta galvanis. Oleh sebab itu, dak bondek juga kerap digunakan sebagai tulangan positif pada beton. Meskipun lembaran, bentuknya tidak lurus layaknya sebuah kertas, melainkan bergelombang.

Ada juga bagian yang sedikit menonjol ke permukaan pada dak bondek, berfungsi untuk meminimalisir pergeseran serta keretakan rambut yang disebabkan oleh beton. Sistem galvanis yang diaplikasikan ke dalam bondek, memiliki daya kekuatan tinggi.

Sehingga, sangat pas digunakan ketika ngedak lantai rumah karena mampu menahan bobot dari sturktur plat lantai. Sama halnya seperti dak keraton, pemasangan dak bondek ternyata cukup praktis dan tidak terlalu membutuhkan banyak tenaga pekerja bangunan.

Keseluruhan harga yang ditaksir untuk menyelesaikan pemasangan dak bondek, mencapai angka belasa juta atau kurang lebih sebesar Rp 11. 840.000,-. Informasi selengkapnya, dapat kalian lihat pada artikel biaya dak bondek per meter.

Biaya dak hebel per meter

Berikut informasi rincian produk hebel produksi Citicon yang sudah terkenal dengan kualitas produknya. Memiliki varian panjang dalam satuan mm, mulai dari 1470; 1720; 1970; 2220; 2470; 2720; 2970; 3220; 3270; 3720; 3970. Sedangkan untuk ukuran lebarnya, adalah 600 mm.

Terkait:  Biaya Transfer Dana ke BCA

Selain itu, produk juga diketahui tersedia dalam beberapa ukuran tingi, diantaranya 125; 150; dan 175. Berikut penjelasan mengenai beberapa kode panel yang perlu kalian perhatikan ketika hendak membeli PLC di toko-toko bangunan terdekat. Simak penjelasannya dibawah ini!

Kode panel PLC 1500 R 125 dengan panjangnya 1470 mm, berat panel sebesar 86 kg per satuannya, Kemudian jumlah per meter kubinya sendiri yaitu 9,07 pcs. Dilanjut kode PLC 1750 R 125 untuk panjang 1720 mm dengan beratnya mencapai 11,62 kg per panel.

Jumlah dalam satuan per meter kubiknya sendiri, sebesar 7,75 pcs. Selanjutnya kode PLC 2000 R 125, dengan panjang 1970 mm serta berat 115,25 kg per panelnya, dijual dalam satuan meter kubiknya dalam jumlah 6,77 pcs.

PLC 2250 R 125 diketahui panjangnya sebesar 2220 mm dengan beratnya adalah 129, 87 serta dijual dalam jumlah 6,01 pcs. Berikutnya ada kode PLC 2500 R 125 untuk panjang 2470 mm serta beratnya 144, 50 kg. Jumlah pcs yang ditawarkan sebanyak 5,04.

Kode berikutnya, yakni PLC 2750 R 125, dengan ukuran panjang sebesar 2720 mm. Lalu untuk ukuran lebar dan tinggi dari seluruh kode yang telah disebutkan sebelumnya sama, 600 mm dan 125 mm. Kemudian, berat per panel dalam satuan meter kubik adalah 159,12 kg, jumlahnya sebanyak 4,90 pcs.

Ada 2 kode terakhir yang tidak boleh terlewatkan oleh kalian! kode PLC 3000 R 125 untuk ukuran panjang 2970 mm dengan berat 173,75 kg dan jumlah per meter kubiknya adalah 4,49 pcs. Lalu, PLC 3250 R 125, panjang 3220 mm, berat 188, 37 kg, dan jumlahnya 4, 14 pcs.

Harga citicon untuk kota Madiun, diketahui mulai dai Rp 499.000,-. Harga dapat berubah tergantung dari jumlah pesanan ataupun kode panel lantai yang kalian pilih. Sekian pembahasan biaya dak per meter, biaya dak keraton per m2,  serta biaya dak hebel per meter . Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Related posts

Leave a Reply