Home » BRI » Cara Membuka Rekening BRI

Cara Membuka Rekening BRI

Sudahkah kamu tau syarat buka rekening BRI tahun ini? Mungkinkah kamu tengah mencari cara membuat rekening BRI untuk pelajar? Bagaimana cara membuka rekening BRI Simpedes dan Britama yang paling mudah?

Membuka rekening bisa kamu lakukan untuk menabung di bank dengan aman. Membuka rekening juga merupakan salah satu solusi untuk kebutuhan bisnsmu. Di Indonesia ada banyak pilihan bank, salah satunya BRI.

BRI merupakan salah satu bank tertua di Indonesia. BRI Didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Purwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden. Inilah lembaga keuangan yang menjadi cikal bakal BRI. Sejak 1 Agustus 1992, status BRI berubah menjadi perseroan terbatas.

Kepemilikan BRI saat itu masih 100 persen milik pemerintah. Tahun 2003, pemerintah menjual 30 persen saham bank ini.

Beberapa keunggulan BRI menjadi pertimbangan mengapa kamu harus membuka rekening BRI. Bank BRI merupakan bank pemerintah terbesar dimana keuntungannya yakni banyak kantor cabang dan ATM yang bisa ditemukan.

Kamu bisa menemukan ATM BRI di minimarket, pusat kota, atau tempat strategis lainnya. ATM BRI juga menjangkau pedesaan, dimana ATM Bank lain susah dijumpai.

Keuntungan bergabung menjadi nasabah selanjutnya yakni BRI menawarkan banyak  jasa yang bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah mulai dari jasa keuangan, jasa kelembagaan, jasa bisnis, jasa e banking dan jasa treasury. Jika kamu tertarik menjadi nasabah, cara membuka rekening BRI ini akan sangat membantu.

Berapa saldo awal buka rekening bri?

Jika kamu berencana membuka rekening BRI, BRI menawarkan beragam jenis tabungan dengan tujuan berbeda sesuai dengan tujuannya yakni Britama, Britama Dollar, Britama Bisnis, Britama Rencana, Britama Valas, tabungan Simpedes, tabungan Simpedes khusus TKI, tabungan haji BRI, TabunganKu BRI, dan Junio. Kamu bisa memilih satu dari berbagai jenis tabungan yang ditawarkan.

Dimana tempat membuat ATM BRI?

Cara membuka rekening BRI pertamakali yakni kamu perlu mengunjungi cabang BRI terdekat di kotamu. Siapkan juga persyaratan untuk membuka rekening seperti KTP atau SIM, NPWP, dan setoran awal.

Bikin rekening BRI bayar berapa?

Cara membuka rekekning BRI untuk setoran awalnya tergantung dari jenis rekening yang kamu dipulih. Ada sekitar 10 jenis tabungan yang bisa digunakan untuk kebutuhan keuanganmu.

Paling rendah yakni rekening Tabunganku, setoran awal minimum Rp. 20.000 dengan gratis biaya administrasi bulanan. Tabungan Simpedes cukup dengan setoran awal sebesar Rp. 100.000. sementara tabungan britama setoran awalnya sebesar Rp. 250.000.

Persyaratan Membuat Rekening BRI

Sebelum kita membuat/membuka rekening BRI, ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan serta dipenuhi. Adapun persyaratan sebelum bikin rekening BRI diantaranya meliputi:

  • Usia minimal 17 tahun.
  • Setoran awal minimal Rp100.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp10.000.
  • Untuk WNI berupa KTP dan NPWP (Jika belum punya NPWP maka harus mengisi form pernyataan)
  • Untuk WNA berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS.

Persyaratan Membuat Rekening Tabungan Simpedes:

  • Usia minimal 17 tahun.
  • Setoran awal minimal Rp 250.000 untuk Kartu Classic, Rp 10.000.000 untuk Kartu Gold.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp 10.000.
  • Untuk WNI berupa KTP dan NPWP (Jika belum punya NPWP maka harus mengisi form pernyataan)
  • Untuk WNA berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS.

Persyaratan Membuat Rekening Tabungan Haji:

  • Usia minimal 17 tahun.
  • Setoran awal minimal Rp 50.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp 25.000.
  • Untuk WNI berupa KTP dan NPWP (Jika belum punya NPWP maka harus mengisi form pernyataan)
  • Untuk WNA berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS.

Persyaratan Membuat Rekening Tabungan Junio:

Usia Nasabah Kurang dari 17 Tahun:

  • Orang tua wajib punya Britama/Simpedes. Jika orang tua yang belum memiliki rekening di BRI bisa melakukan pembukaan rekening tabungan BRI Britama terlebih dahulu.
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Kartu Keluarga atau Akte Kelahiran
  • Setoran awal rekening induk Rp 250.000 dan tabungan BRI Junio sebesar Rp 100.000. Jadi totalnya dalam bentuk bundling sebesar Rp 350.000.

Usia Nasabah Lebih dari 17 Tahun:

  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening.
  • Dokumen identitas diri: Kartu Tanda Penduduk untuk WNI, dan Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS untuk WNA.
  • Setoran awal Tabungan BRI Junio sebesar Rp150.000.

Setelah memahami beragam persyaratan wajib untuk membuka rekening BRI, sekarang tiba saatnya kamu harus mengikuti panduan beserta langkah-langkah pembuatan rekening BRI baru berikut ini.

Cara Membuka Rekening BRI

Cara Membuka Rekening BRI

Panduan Membuka Rekening BRI

Lalu, bagaimana cara membuka rekening BRI? Kamu perlu tahu bahwasannya untuk mempunyai sebuah rekening BRI harus dilakukan dengan beberapa tahapan. Diantaranya kita harus mempersiapkan berkas persyaratan wajib untuk membuat rekening, baru setelahnya meminta bantuan Customer Service BRI untuk membuka rekening BRI baru. Untuk lebih detailnya, kamu bisa simak panduan langkah-langkah dan tahapan membuka rekening BRI dibawah ini:

1. Persiapkan Berkas Persyaratan

Tahap awal sebelum membikin rekening BRI beserta kartu ATM BRI adalah persiapkan dulu semua berkas persyaratan yang telah disebutkan diatas. Pastikan tidak ada yang tertinggal saat kita sampai di kantor cabang BRI.

2. Datangi Kantor Cabang BRI

Nah, setelah semua persyaratan dipersiapkan dengan lengkap dan telah dipastikan tidak ada yang tertinggal. Sekarang tiba saatnya kita untuk membikin/membuka rekening BRI baru.

Bawalah semua berkas persyaratan, masukkan wadah stopmap atau tas agar tidak ribet saat membawanya. Lalu, datangilah kantor cabang bank BRI yang terdekat dengan lokasimu saat ini.

3. Datangi Customer Service

Sesampainya di Bank BRI, kemudian kita akan ditanya oleh satpam/petugas mengenai apa keperluan kita. Sampaikan saja bahwa kamu ingin membuat/membikin/membuka rekening BRI baru. Tahap selanjutnya kamu akan langsung diberikan nomor antrian dengan tujuan customer service.

Antrilah dengan sabar sesuai nomor urutmu, hingga nomor antrianmu dipanggil. Sembari menunggu, kamu bisa membaca pamflet yang telah disediakan BRI di stand yang disediakan.

Setelah antrianmu dipanggil, hampiri serta datangilah customer service sesuai nomor yang dipanggil tadi. Kemudian kamu akan langsung disambut ramah oleh customer service yang bertugas di kantor BRI.

Sampaikan saja bahwa kamu ingin membuka rekening BRI baru.

4. Isi Formulir Pembuatan Rekening BRI

Selanjutnya, kamu akan diberikan sebuah formulir pendaftaran yang harus diisikan. Sembari mengisi form pendaftaran, customer service yang bertugas akan meminta, mengecek, dan melakukan validasi berkas persyaratan kamu.

Setelah form pendaftaran terisi dengan lengkap, serahkan form tersebut kepada customer service.

Kamu akan diberikan pilihan ingin membuka rekening BRI jenis apa. Customer Service BRI akan memberikanmu beberapa jenis rekening BRI dan menjelaskannya satu per satu plus minusnya. Jika kurang jelas, bisa tanyakan kembali apa saja manfaatnya kepada customer service.

Setelah kamu memilih jenis rekening BRI, ikuti arahan yang diberikan selanjutnya untuk bikin rekening BRI baru.

5. Rekening BRI Siap Digunakan

Setelah semua prosesnya selesai, maka customer service akan memberikanmu buku tabungan rekening BRI dan kartu ATM BRI yang dapat dipakai bertransaksi. Belum selesai sampai disitu, masih ada tahap akhir yaitu kita diharuskan untuk melakukan perubahan PIN ATM untuk dapat mulai digunakan.

Tenang, saat proses pergantian PIN biasanya kita masih dapat bantuan dan dipandu oleh customer service. Sekalian mengajari cara menggunakan mesin ATM kepadamu.

Proses pembuatan rekening BRI baru telah selesai. Kamu bisa langsung pulang atau mencoba datang ke mesin ATM BRI untuk test drive kartu ATM BRI yang baru kamu miliki. Entah cek saldo, atau coba transfer ke rekening teman/keluarga.

Demikianlah panduan lengkap cara membuka rekening BRI baru beserta tahapan termudah untuk dicoba. Jangan lupa untuk bagikan/share artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs. Kami siap menginspirasimu dengan segudang tips menarik yang kami tau 😉