Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Bagaimana cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia yang benar dan mudah? Tentu hal ini menjadi pertanyaan bagi beberapa orang terlebih yang saat ini tengah berkendara di mobil Xenia.

Pada saat ini, sudah banyak sekali produsen mobil kenamaan dunia seperti Toyota, Suzuki, Honda, Daihatshu dan lainnya yang berlomba-lomba untuk membuat fitur yang canggih dan modern demi meningkatkan kenyamanan pengemudi saat mengendarai kendaraannya.

Hadirnya musik pada mobil nyatanya menjadi hiburan yang sangat mengasyikan, apalagi sebagai penangkal stres akibat macet di jalanan.

Tapi, kamu pun tahu bahwa mendengarkan musik akan lebih mantap lagi jika bisa menyetelnya langsung melalui hp, sehingga tidak perlu ribet menggunakan kaset, yang nanti kamu keluarkan dan menggantinya bila bosan.

Nah, dengan adanya bluetooth ini sangat menyederhanakan kamu dalam mendengarkan musik di mobil tanpa perlu menggunakan kabel USB atau AUX yang sepertinya agak rumit lantaran kabel akan mengganggu pergerakan anda, selain itu penggunaan kabel USB atau AUX sudah tidak jamannya.

Apalagi jika kamu menggunakan kabel USB/AUX yang kendor, ini sangat menyebalkan sekali karena kamu meski menjaga posisi smartphone agar kabel tidak mudah lepas pada portnya. Karena jika kabelnya kendor atau lepas, maka musik yang kamu mainkan akan berhenti.

Selain itu, jika nyatanya mobil mu tidak memiliki head unit yang support koneksi bluetooth, kamu bisa menggantinya dengan head unit yang banyak dijual baik online maupun toko-toko perlengkapan audio mobil secara murah dengan kualitas tidak kalah bagus.

Harganya pun beragam, mulai dari Rp.350.000 ( tiga ratus lima puluh ribu rupiah ) hingga Rp.1.000.000 ( satu juta rupiah ) yang bisa kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Sudah banyak mobil-mobil lama yang di inovasikan menggunakan fitur bluetooth pada produksi terbaru.

Salah satunya adalah Daihatsu Xenia, kali ini kita akan menjelaskan cara menyambungkan bluetooth ke mobil xenia atau sejenisnya.

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia
Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Xenia

Periksa Versi Firmware pada Head Unit Mobil

Hal ini berfungsi untuk memastikan sistem di mobil kamu yang sebenarnya masih berfungsi, tetapi karena belum melakukan pembaharuan atau update, fungsi bluetooth pada kendaraan menjadi kehilangan fungsi.

Terkait:  Biaya Ganti Oli Motor

Dengan melakukan pembahuruan firmware, hal itu akan memulihkan fungsi bluetooth pada kendaraan kembali. Pastikan perangkat head unit yang kamu gunakan juga sudah memiliki OS dengan versi terbaru.

Bukalah situs website resmi dari produsen mobil kamu, dan kunjungi halaman support-nya atau halaman lain yang menyimpan informasi tentang mobil kamu.

Cari tau apakah ada pilihan untuk mengunduh perbaruan sistem pada audio mobil Anda. Jika tidak ditemukan, Anda masih bisa menemukannya melalui dealer mobil terdekat.

Pastikan Audio pada Mobil telah Menyala

Cara menyambungkan bluetooth ke mobil Xenia ataupun sejenisnya, langkah pertama adalah dengan menghidupkan audio.

Pastikan terlebih dahulu jika audio mobil telah aktif, dan perlu diketahui bahwa menyambungkan smartphone ke bluetooth head unit yang kalian miliki harus sudah terkoneksi bluetooth.

Pastikan Bluetooth pada Smartphone telah Aktif

Lalu, setelah audio mobil menyala dan kamu telah mengaktifkan bluetoothnya, maka langkah kedua adalah dengan mengaktifkan bluetooth pada smartphone yang kita miliki.

Caranya dengan cara masuk ke menu setting kemudian menu pengaturan dan nyalakan bluetooth, atau juga kamu buka menu pada bar atas yang berisi menu-menu seperti data, Wifi, Hotspot, dan lainnya.

Putar Musik pada Smartphone yang telah Terkoneksi Bluetooth

Jika smartphone kamu telah aktif, langkah selanjutnya adalah memastikan smartphone dan juga audio mobil sudah terkoneksi via bluetooth, cobalah untuk memutar musik di smartphone kalian. Jika kalian memiliki aplikasi pemutar musik seperti Youtube, Spotify, ataupun JOOX dan lain sebagainya, cobalah untuk memutar musik menggunakan aplikasi tersebut.

Nikmati Musik yang Diputar

Apabila bluetooth dan audio pada head unit mobil sudah terkoneksi dan berjalan lancar, kalian dapat mendengarkan musik pada playlist kalian.

Terkait:  Cara Cabut Berkas Mobil

Namun, alangkah baiknya dalam menyetel musik menggunakan bluetooth, smartphone kamu memiliki daya baterai yang cukup jika kalian melakukan perjalanan jarak jauh agar musik tidak terhenti.

Solusinya, adalah siapkan powerbank dengan kapasitas yang cukup untuk berjaga-jaga apabila daya smartphone hampir habis.

Kegunaan Lain Bluetooth Yang Akan Sangat Membantu saat Berkendara

Taukah kamu, saat kamu mengemudikan kendaraan, melakukan atau menerima panggilan telepon masuk dalam kategori kegiatan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi atau fokus dalam mengemudi, bahkan berujung pada kecelakaan fatal.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut?

Fitur Bluetooth pada head unit mobil sangat membantu agar kamu dapat melakukan panggilan telepon tanpa harus mengalihkan perhatian ke depan.

Pada audio mobil saat ini, seperti contohnya Toyota Calya dan lainnya, terdapat tombol untuk menjawab panggilan telepon dengan lambang gagang telepon diangkat yang berwarna hijau.

Tekan tombol itu sekali, saat kamu ingin menjawab panggilan telepon.

Sedangkan untuk mengakhiri atau menutup pembicaraan telepon, tekan tombol dengan gambar gagang telepon ditutup yang berwarna merah.

Selain itu, kamu juga bisa mengaktifkan mode auto answer melalui head unit mobil.

Terdapat beberapa pilihan waktu sebelum telepon secara otomatis tersambung, biasanya waktunya antara satu hingga tiga puluh detik.

Mengapa Gagal Menyambungkan Bluetooth Audio Mobil ke Smartphone?

Nyatanya tidak sedikit orang yang gagal ketika mencoba mengkoneksikan bluetooth pada audio mobil dan smartphone.

Hal yang membuat kegagalan untuk menyambungkan smartphone lewat bluetooth ke head unit mobil adalah karena saat ada notifikasi untuk minta password/PIN dan ternyata kesalahannya adalah tidak mencetang opsi visible atau terlihat oleh semua perangkat.

Selain itu, pastikan jika kamu pertama kali menghubungkan maka aktifkan dulu bluetooth di hp lalu centang opsi visible, baru langkah berikutnya adalah kamu aktifkan bluetooth di tape mobil dan tunggu sampai tersambung sendiri tanpa meminta memasukan PIN.

Terkait:  Cara Belajar Mobil Matic

Namun, bisa juga kamu mengisi password/PIN yang terdiri dari 4 digit pada saat diminta dengan mengisi angka 0000 ataupun 1234 pada kolom notifikasi sebagai passkey.

Cara Lain Apabila Audio Mobil Tidak Support Koneksi Bluetooth

Pada mobil-mobil keluaran lama, head unit untuk audio pun sangat terbatas fitur-fiturnya, tentu sangat menyebalkan bila ternyata mobil yang digunakan tidak memiliki fitur bluetooth sehingga meski menggunakan kabel.

Namun, ada cara lainnya sebagai alternatif agar smartphone kamu bisa terkoneksi dengan audio mobil tanpa harus menggunakan kabel.

Caranya, yaitu dengan menggunakan adapter bluetooth transmitter FM.

Ini mungkin akan terlihat sedikit kuno, yang mana meski memasang  socket aksesoris 12 V di mobil. Tapi, cara ini bisa mengatasi masalah pada sistem audio di mobil.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengatur frekuensi FM tertentu yang belum digunakan berbagai stasiun radio lokal.

Kemudian setelah itu, hubungkan ke ponsel kamu melalui bluetooth dan atur stereo mobil kamu ke opsi frekuensi FM. Semua fungsi sudah bisa digunakan di sistem audio mobil.

Selain itu, transmitter FM ini ternyata juga banyak mendukung berbagai sambungan bluetooth dari berbagai macam handphone.

Kesimpulan

Nyatanya fitur bluetooth pada audio kendaraan sangatlah membantu sekali, selain akan menambah kenyamanan dalam menyetel musik pada mobil, kamu juga bisa merespon panggilan masuk tanpa harus membagi fokus ke ponsel.

Berikut informasi mengenail cara menghubungkan bluetooth ke mobil Xenia ataupun sejenisnya dengan beberapa langkah-langkah. Semoga bermanfaat. Terima Kasih.

Baru Diulas:

Similar Posts