Home » Biaya » Biaya Daftar MPL

Biaya Daftar MPL

Kecanggihan teknologi, membuat sederet inovasi baru mulai bermunculan ke permukaan. Bahkan, tidak jarang ditemukan bahwa banyak perusahaan yang sangat mengedapankan kemudahan bagi para penggunanya. Seperti pembahasan kali ini mengenai biaya daftar mpl.

Tahukah kalian apa itu MPL? MPL merupakan singkatan dari Mobile Pro League. Dimana kompetisi ini, menyelenggarakan perlombaan yang dapat diikuti oleh para gamers. Nama gamenya tidak lain adalah Mobile Legend.

Kalian yang baru saja tertarik untuk memainkan permainan game online atau memang sudah mulai memainkannya. Tapi, masih merasa asing dengan kehadiran ML atau Mobile Legend tersebut. Simak yuk pembahsannya dibawah ini!

Selayang pandang Mobile Legend atau ML

Mobile Legend dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis permainan yang dikembangkan dan dikeluarkan oleh salah satu developer, dikenal dengan nama Moonton. Game ini, menghadirkan sistem kerjasama tim yang paling sedikitnya dimainkan oleh 20 orang.

Maksudnya, dari 2 tim yang ada masing-masing tim berisikan anggota sebanyak 10 orang, Oleh karena itu, bila digabungkan diantara kedua tim maka secara otomatis permainan membutuhkan 20 orang. Awalnya game ML hanya dapat dimainkan melalui PC saja.

Namun, seiring berjalannya waktu pihak developer mengembangkannya menjadi permainan model mobile atau handphone. Disinilah, letak kemudahan yang ingin diwujudkan oleh developer untuk memenuhi hasrat bermain para gamer dimanapun mereka berada.

Adapun durasi yang dibutuhkan dalam satu rondenya, menghabiskan waktu kurang lebih selama 15 menit. Sehingga, diharapkan para pemain tetap dapat menjalankan kegiatan sehari-harinya tanpa terganggu dengan waktu bermain ML tersebut.

Perilisan game menuju platform mobile support by Android serta iOS ini, muncul ke masyarakat di tahun 2016. Permainan diawali dengan adanya pemilihan hero yang dilakukan oleh setiap pemain dari masing-masing tim. Pemilihan didasarkan dari daftar hero yang ada.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa daftar hero yang dapat dimainkan, merupakan hero yang dibeli oleh pemain serta beberapa ada yang dipinjamkan oleh sistem secara gratis terhadap para pemainnya. Dalam arti lain, tidak semua hero yang terlihat otomatis bisa dimainkan.

Tujuan dari permainan ML ini, yakni menghancurkan base milik lawan. Ada 3 lane utama, diantaranya top, bottom, dan middle lane. Lalu, lane akan dijaga oleh Turret yang bertugas menyerang unit musuh tanpa harus dikendalikan terlebih dahulu. Base hancur, tim menang.

Mulai terasa keseruan permainannya? Moonton yang sebelumnya telah berhasil mengadakan liga kedua dari turnamen MPL, tahun 2020 akan digelar kembali turnamen yang serupa dinamakan dengan MLCC atau Mobile Legends Campus Championship. Ini dia, biaya daftar MPL.

Biaya Daftar MPL

Biaya daftar MPL

Biaya daftar MPL

Biaya Daftar MPL

Sistem yang diterapkan dalam ajang perlombaan MPL adalah franchise league. Aturan permainannya, tim yang boleh bergabung ke dalam turnamen maksimalnya berjumlah 8 tim. Adapun biaya yang wajib dikeluarkan oleh setiap timnya adalah Rp 15.000.000,-.

Nominal yang diungkapkan oleh pihak publisher, spontan menuai pro kontra dikalangan gamers lainnya. Pasalnya, secara tidak langsung tim kecil yang ingin ikut bergabung bertanding di turnamen MPL seketika impian mereka menjadi sirna.

Setidaknya, setiap orang dari pemain yang tergabung menjadi satu tim, harus mengeluarkan biaya sebesar Rp1.500.000,-. Tidak semua orang mampu mengeluarkan uang dengan jumlah angka tersebut. Ada beberapa pemain yang justru masih duduk di bangku sekolah.

Otomatis, pemain yang masih bersekolah tidak memiliki pendapatannya sendiri dan masih bergantung dengan biaya dari keluarganya. Oleh sebab itu, secara halus sama saja publisher hanya memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki kemampuan finansial baik.

Biaya daftar MPL season 6

Tim eSports yang berkeinginan bergabung ke dalam MPL, diwajibkan membaya franchise ke pihak Moonton yang berperan sebagai developer atau pengembang game ML. Sebelumnya, seperti yang telah diketahui sudah ada 8 tim yang berinvestasi dalam ajang MPL ini.

Mulai dari RRQ, EVOS eSports, Alter Ego, Genflix Aerowolf, ONIC eSports, Bigetron eSports, Geek Fam ID, hingga Aura eSports. Itulah tim yang diketahui telah bergabung dalam perlombaan di musim sebelumnya.

Memasuki musim season 6, ada kenaikan tarif yang dikenakan kepada para pemain oleh pihak Moonton. Menurut kepala bagian markatingnya yang bernama Reza Afrian, dirinya menjelaskan kenaikan ada karena inflasi. Tapi, dipastikan masih dalam lonjakan angka wajar.

Perlombaan season 6, diadakan pada bulan Agustus tahun 2020. Selain pembelian franchise ada banyak kriteria, serta review tim yang diperbolehkan menunjukkan kebolehan bermain MLnya di panggung MPL. Dapat dikatakan, mereka yang benar-benar profesional saja.

Kenaikan harga ini juga dipicu dari adanya kebijakan developer untuk menyetarakan tim yang hendak bergabung dengan tim yang telah bergabung terlebih dahulu. Slot ditawarkan dengan harga Rp 15.000.000.0000,- atau 15 miliar rupiah.

Akan tetapi, pihak Moonton memberikan penjelasan terkait mahalnya harga slot tersebut. Nantinya, nominal yang telah masuk ke pihak developer akan dianggap sebagai investasi jangka panjang untuk memberikan terobosan terbaru di game ML.

Hadiah yang diperebutkan oleh tim yang bershasi masuk ke ajang perlombaan MPL, ditawarkan sebesar 300 ribu dollar Amerika Serikat atau bila dikonversikan ke dalam rupiah sekitar 4,5 miliar rupiah. Alur pelaksanaan kegiatannya sebagai berikut.

Mulai dari tanggal 14 Agustus hingga 4 Oktober 2020 babak regular akan berlangsung diikuti oleh 8 tim yang bersaing didalamnya. Kemudian, dilanjut dengan babak berikutnya, yakni play-off  MPL mulai dari tanggal 16-18 Oktober 2020.

Sebanyak 6 tim saja yang diperbolehkan mengikuti tahapan play-off tersebut. Tantang paling besar dipusatkan kepada tim RRQ. RRQ sendiri, masih dianggap sebagai tim teratas dan terkuat yang ada di negara Indonesia. Lemon dan kawan-kawan, mendominasi Asia Tenggara.

Bahkan, upaya yang dilakukan oleh tim lainnya demi menjatuhkan pertahanan dari tim RRQ, mereka mendatangkan pemain baru yang dianggap mampu memberikan harapan kemenangan bagi timnya. Babak regular dilangsungkan secara online.

Play-off, kemungkinan besar akan diadakan secara offline. Industri eSports sendiri, diketahui semakin berkembang dan tumbuh sangat cepat di Indonesia. Melalui ajang turnamen MPL, diharapkan Indonesia dapat semakin terdepan di bagian wilayah Asia Tenggara.

Prestasi yang dicapai oleh MPL, yakni mendapatkan penghargaan sebagai turnamen eSports terpopuler di seluruh dunia denan peraihan total viewers mencapai lebih dari 1,1 juta jiwa pada bulan April silam, tepatnya disaat penyelenggaraan season 5.

Biaya daftar MPL season 7

Perlombaan season 7 ini, diketahui akan berlangsung selama kurang lebih 8 pekan. Tercatat mulai dari tanggal 26 Februari hingga memasuki tanggal 18 April 2021. Sebanyak 8 tim yang ikut perlombaan, nantinya masing-masing tim mendapatkan kesempatan bertemu 2 kali.

Sistem yang diterapkan adalah home and away. Hadiahnya, masih berkisar 4 miliar. Setiap pekannya, dibatasj 7 pertandingan. Setiap harinya akan berlangsung 2-3 kali laga yang berlangsung selama 3 hari secara berturut-turut.

Setiap tim yang telah berhasil masuk di regular season MPL ID S7, akan memiliki roster sebanyak 6-8. Jalannya pertandingan dapat disaksikaan secara live malalui akun sosial media resmi milik MLBB Profesional League Indonesia (MPL ID).

Sekian pembahasan mengenai biaya daftar MPL, biaya daftar MPL season 6 hingga Biaya daftar MPL season 7 yang tidak boleh kalian lewati. Semoga bermanfaat dan semangat terus dalam menjalani hari kalian.