Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5

By On Monday, January 6th, 2020 Categories : Asus, Review Kelebihan dan Kekurangan
Bagikan Ke:

Kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 itu apa saja sih? Asus memang cukup agresif untuk urusan memasarkan produk teranyarnya untuk pasar smartphone di Indonesia. Bahkan pada tahun 2017 silam, Asus mengeluarkan generasi ke 4-nya dengan berbagai seri ponsel, akan tetapi dengan gencarnya pemasaran tersebut tidak sebanding dengan pendapatan yang di hasilkannya karena Asus generasi 4 kurang begitu di minati oleh para pecinta gadget di Indonesia.

Pada tahun 2018, Asus kembali mengeluarkan produk smartphone terbaru guna menutupi kerugian yang telah dibukukan pada kuartal 2017 dengan memperkenalkan seri Max yaitu Asus Zenfone Live L1, Asus Zenfone Max Pro M1 dan Asus Zenfone Max M2 walaupun untuk Asus Zenfone Max Plus M1 bisa di bilang hanya sebatas uji coba yang di lakukan oleh Asus.

Bukan seri Max saja di tahun 2018 ini yang di pasarkan oleh Asus, ada juga Asus Zenfone 5 yang bisa di bilang cukup menarik baik dari segi tampilan dan spesifikasi sehingga penjualannya bisa di bilang cukup sukses.

Ada 3 varian dari Asus Zenfone 5 yaitu Asus Zenfone 5 ZE620KL, Asus Zenfone 5Z ZS620KL, dan Asus Zenfone 5Q ZC600KL yang sangat di rekomendasikan karena kamera yang di sematkan dari ke tiga varian ini tergolong sangat baik.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5

Asus Zenfone 5

Untuk lebih mengenal mengenai seri Zenfone 5, berikut akan di jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 berikut ini.

Kelebihan Asus Zenfone 5

Kita mulai dari kelebihannya, Asus Zenfone 5 memiliki beragam kelebihan yang sangat membuatmu kagum. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A70S

1. Performa

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5

Sepertinya teknologi snapdragon 636 tidak perlu di pertanyakan lagi karena performa yang dihasilkannya sudah sangat handal, terlebih bagi kamu yang suka bermain game. Performa ini tentu menjadi salah satu keunggulan Zenfone 5, mengingat ponsel ini termasuk ke dalam ponsel kelas menengah ke atas.

Walaupun kecepatannya tidak secepat snapdragon 660, tentu saja bagi teknologi yang disematkan pada Asus Zenfone 5 bisa di bilang cukup memuaskan.

Dari segi performa secara keseluruhan, Asus Zenfone 5 bisa di sejajarkan dengan Asus Zenfone Max Pro M1 atau dengan Xiaomi Redmi Note 5 sehingga kamu bisa mempunyai gambaran terkait performanya.

Setelah dilakukan pengujian pada AnTuTu, ternyata nilainya cukup baik, bahkan performanya hampir mendekati performa dari teknologi snapdragon 660 dengan nilai sekitar 120 ribuan. Hal ini mengingat Asus Zenfone 5 tak terlepas dari fitur tambahan sekaligus fitur andalannya yaitu Al Boost sebagai teknologi teranyar dari AI yang berfungsi meningkatkan performa ponsel secara keseluruhan.

2. Kamera

Memiliki dua jenis kamera yang ada pada ponsel ini, yaitu dual kamera belakang sebagai kamera utama dengan resolusi masing-masing sebesar 12 Mp dan 8 MP. Sementara itu, pada kamera depannya disematkan resolusi sebesar 8 MP. Untuk kamera belakang sudah di lengkapi  spesifikasi yang cukup menarik yaitu fitur AI yang sangat baik untuk meningkatkan hasil olah gambar yang di inginkan.

Kamera belakang ini sudah dilengkapi juga dengan sensor Sony IMX363 untuk menangkap gambar dengan kualitas jauh lebih baik. Pada salah satu situs pengujian pihak ke tiga yaitu DxOMark memberikan niai untuk kamera besutan Asus Zenfone 5 dengan skor yang tinggi yaitu memberikan nilai 90.

Nilai tersebut adalah nilai yang memuaskan mengingat ponsel ini termasuk ke dalam ponsel kelas menengah ke atas dengan harga yang di banderol 4 jutaan rupiah saja (pada tahun lalu). Dan pada tahun 2020 ini ponsel Zenfone 5 telah mengalami penurunan harga menjadi 2 jutaan saja.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z1 Pro

Selain fitur AI, ada juga fitur lainnya, diantaranya fitur yang mampu menghasilkan efek bokeh(background blur), panorama, beauty, slow motion dan lain sebagainya sehingga keunggulan fitur kamera yang ada pada Asus Zenfone 5 sudah tak perlu di ragukan lagi.

Pada kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP tentu saja sudah cukup memuaskan jika kamu memanfaatkannya untuk foto selfie dan melakukan video call dengan hasil yang tak mengecewakan.

3. Layar

Hadir dengan bentangan layar sebesar 6.2 inci dibekali resolusi full HD+ sebesar 1080 x 2246 piksel dengan teknologi panel IPS dan hadir dengan notch di depan yang bisa di tampilkan atau di sembunyikan. Inilah yang menjadikan Asus Zenfone 5 sangat layak untuk di perhitungkan dari segi penampilan.

4. Bodi

Ternyata Asus Zenfone 5 memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan kompetitior lainnya karena Asus telah membalut bingkai metal pada Zenfone 5 dengan lapisan kaca di belakangnya. Ini jugalah yang membuat tampilannya terlihat lebih segar dan cerah. Selain itu bodi nya yang kokoh menjadikan ponsel ini lebih tahan dari segala goncangan.

Kekurangan Asus Zenfone 5

 

Selain mempunyai beragam kelebihan, tentu saja Asus Zenfone 5 ini membawa beberapa kekurangan juga yang diantaranya meliputi:

1. Slot

Hal yang cukup disayangkan dari Asus Zenfone 5 ini ialah dilihat dari slot SIM-nya yang masih menggunakan jenis hybrid. Artinya hanya memiliki dua slot SIM saja yang dapat dipakai, bisa untuk 1 slot SIM dan 1 slot lagi untuk microSD atau bisa juga 2 slot SIM tersebut untuk SIM Card tanpa menggunakan slot microSD.

Jika kamu hanya memerlukan 1 slot SIM saja untuk kartu yang digunakan untuk  berkomunikasi saja tentu tak masalah, namun bagi kamu yang memerlukan 2 SIM Card untuk multitasking tentu akan sangat merepotkan. Hal inilah yang mungkin saja membuat Asus Zenfone  5 ditinggalkan begitu saja oleh calon pembeli, karena mereka lebih memilih smartphone dengan 3 slot sekaligus.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Huawei Cun L22

2. Baterai

Kapasitasnya daya baterai yang disematkan oleh Asus Zenfone 5 memang cukup besar yaitu 3300 mAh, sayangnya setelah diuji coba oleh pihak ketiga ternyata tidak begitu optimal karena baterai tersebut hanya bisa bekerja dan tahan dalam jangka waktu 12 jam lebih 9 menit saja.

Sementara itu, untuk pengujian menonton video loop test hanya mampu bertahan 12 jam saja. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Asus memberikan tambahan fitur berupa fitur PowerMaster untuk optimalisasi baterai dan fitur smart charging pada ponsel ini, namun lagi-lagi tidak sebagus fiturnya karena pengisian tetap saja berjalan lambat.

Itu saja mengenai kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 yang dapat kami ulas untuk kamu semua lur. Jangan lupa untuk senantiasa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya. 😉

Topik Terkait:

  • meizu c9 vs asus live l1
Bagikan Ke:
Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 | Mita Mellinda | 4.5
Tulung ojo di copy ya lur...