Biaya Administrasi Pegadaian

Tergolong sebagai lembaga finansial, Biaya Administrasi Pegadaian menjadi salah satu hal yang tidak luput dari pertanyaan masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan Pegadaian menerapkan besaran biaya yang harus dibayar. Khususnya pada saat nasabah melakukan sistem gadai atau meminjam uang dengan jaminan barang.

Seperti yang kita ketahui, Pegadaian hadir untuk membantu masyarakat dalam kondisi atau keadaan mendesak. Namun hal tersebut tidak serta merta meninggalkan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Dengan kata lain, proses pencairan uang pinjaman (dana) tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan kamu juga akan memperoleh uang pinjaman pada hari yang sama. Khususnya pada saat mengajukan pinjaman.

Kondisi ini tentu juga didukung dengan berbagai syarat yang sudah kamu penuhi sebelumnya. Sehingga pengajuan permohonan pinjaman bisa diproses lebih cepat.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan besaran biaya admin Pegadaian. Berikut kami akan rangkum beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sekaligus tahapan yang harus dilakukan agar permohonan pinjaman bisa disetujui.

Biaya Administrasi Pegadaian

Biaya Administrasi Pegadaian

Meski terdapat banyak barang berharga yang bisa kamu gadai (agunkan). Akan tetapi disini kami lebih berfokus pada cara menggadaikan emas.

Sebab logam mulia yang satu ini sangat mudah digadai. Bahkan besaran pinjaman yang bisa dicairkan pun mencapai nominal tertinggi.

Bagi kamu yang memang berniat utnuk menggadaikan emas, berikut beberapa tahapan yang bisa dilakukan. Apa saja?

  • Nasabah terlebih dahulu mempersiapkan syarat dan ketentuan dalam mengajukan permohonan pinjaman.
  • Calon nasabah menyiapkan barang yang nantinya akan diagunkan (digadai)
  • Nasabah melampirkan bukti tentang barang atau keaslian emas.
  • Kemudian, nasabah mengisi formulir pengajuan kredit yang tersedia pada kantor cabang Pegadaian terdekat.
  • Selanjutnya, petugas akan memverifikasi data dan menaksir kisaran harga emas.
  • Nasabah mendantangani Surat Bukti Kredit (SKB).

Syarat Gadai Emas di Pegadaian

Agar lebih mudah menggadaikan emas yang kamumiliki, maka tentu harus dipahami terlebih dahulu beberapa syarat supaya permohonan pinjaman bisa diterima.

Kondisi ini bertujuan untuk memperlancar semua proses pengajuan permohonana pinjaman. Sekaligus untuk mencegah pengajuan tersebut ditolak oleh pihak Pegadaian.

Berikut beberapa syarat yang harus kamu persiapkan sebelum mengajukan permohonan pinjaman. Beberapa diantaranya mencakup :

  • Kartu identitas berupa KTP, SIM, atau Paspor yang masih aktif (berlaku)
  • Kartu Keluarga (KK) terbaru.
  • Emas yang akan dijadikan jaminan pinjaman tunai.
  • Membayar biaya administrasi seperti yang sudah ditentukan.
  • Syarat lain sesuai dengan model pembiayaan yang dipilih.

Sistem Gadai Emas Untuk Biaya Administrasi Pegadaian

Pada dasarnya, sistem gadai emas sama dengan sistem gadai barang lain. Pinjaman bisa kami terima sesuai dengan nilai taksir emas yang digadaikan.

Sekaligus, pemilihan produk mana yang nantinya kamu gunakan. Pasalnya setiap produk pinjaman yang dipilih, mempunyai besaran plafond yang berbeda.

Sebagai contoh, kamu memilih produk Gadai Bisnis, serta kamu mempunyai emas yang ditaksir dengan harga Rp 100 juta.

Berdasar pada aturan Gadai Bisnis, maka pinjaman uang yang nantinya kamu terima ialah sebesar 86,5% dari Rp 100 juta, yaitu sebesar Rp 86,5 juta.

Untuk mencairkan pinjaman, nantinya melalui produk Gadai Bisnis. Dan kamu akan dibebankan biaya admin sebesar Rp 100 ribu saja.

Produk KCA

Tentu biaya tersebut berbeda dengan produk KCA. Sebagai contoh jika emas yang kami miliki ditaksir dengan harga Rp 10 juta, dengan presentasi nilai taksir 92%, maka uang pinjaman yang kamu peroleh sebesar 92% dari Rp 10 juta, yakni Rp 9,2 juta.

Akan tetapi, biaya admin yang harus kamu bayar berbeda dengan produk Gadai Bisnis. Rincian yang bisa kamu pelajari bisa disimak pada daftar berikut :

  • Pinjaman 50-500 ribu dibebankan biaya admin sebesar Rp 2 ribu.
  • Besaran pinjaman 500- 1 juta, beban biaya admin sebesar Rp 10 ribu.
  • Pinjaman 1-2,5 juta, besaran biaya admin Rp 20 ribu.
  • Besaran pinjaman 2,5 – 5 juta, biaya admin sebesar Rp 35 ribu.
  • Pinjaman 5 – 1 juta, biaya admin sebesar Rp 50 ribu.
  • Besaran pinjaman 10 – 15 juta, beban admin yang harus dibayar sebesar Rp 75 ribu.

Produk Krasida

Berbeda lagi untuk produk Krasida, bunga atau sewa modal yang ditentukan berdasar pada tenor (durasi) pinjaman. Berikut daftar selengkapnya :

  • Tenor 6 – 12 bulan sebesar 1,25%
  • Durasi 13-24 bulan sebesar 1,30%
  • Tenor 25 – 36 bulan sebesar 1,40%

Sebagai contoh, kamu menerima uang pinjaman sebesar Rp 10 juta dari hasil gadai emas seberat 12 gram. Dengan tenor yang dipilih selama 6 bulan. Maka besaran bunga atau sewa modal yang harus dibayar ialah :

  • 1,25% x Rp 10 juta – Rp 125 ribu.

Dengan demikian, total dana pinjaman yang harus kamu bayar (kembalikan) dengan tenor 6 bulan sebesar Rp 10.750.000,-

Produk Pinjaman Pegadaian Agunan Emas

Jika poin di atas kami hanya menjelaskan tentang Biaya Administrasi Pegadaian. Maka poin selanjutnya ialah mengenal beberapa produk yang disediakan oleh Pagadaian.

Tentu sebelum melakukan penggadaian emas, maka akan lebih baik lagi jika mengenal ragam produk pinjaman Pegadaian untuk menggadai emas.

Setidaknya, Pegadaian mempunyai 4 varian produk yang bisa kamu pilih. Khususnya untuk membantu kamu memperoleh pinjaman uang dengan mudah dan cepat.

Macam dari produk pinjaman Pegadaian tersebut mempunyai perbedaan. Semua tergantung dengan tujuan pinjaman, presentasi bunga, besar plafon, dan juga tenor atau jangka waktu pinjaman yang dipilih.

Kredi Cepat Aman (KCA)

Gadai emas menjadi slaah satu fitur Pegadaian yang tergolong pada kategori Kredit Cepat Aman (KCA). Dengan memanfaatkan produk ini, maka akan lebih mudah dalam memperoleh pinjaman tunai secara mudah, cepat, dan aman.

Terlepas dari itu, kelebihan lain dari KCA ialah besaran bunga kredit yang sangat rendah. Tentu bila kamu bandingkan dengan bunga kredit yang lain.

Melalui sistem gadai yang satu ini, maka kamu bisa memperoleh pinjaman mulai dari Rp 50 ribu hingga 500 ribu. Semua tergantung dengan nilai emas yang diagunkan.

Dalam hal pencairannya, kamu akan dibebankan biaya admin sebesar Rp 2 ribu hingga dengan Rp 125 ribu. Sedangkan untuk pengembalian, kamu akan diberikan jangka waktu maksimal 120 hari (4 bulan).

Namun kamu masih bisa memperpanjang tenggat waktu tersebut dengan syarat tetap membayar sewa modal atau dengan mengangsur sebagian uang pinjaman.

Kredit Cepat Aman Prima (KCA Prima)

Bisa disebut jika KCA Prima menjadi salah satu solusi paling mudah dalam memperoleh pinjaman secara cepat dan mudah. Dalam hal ini, kamu akan memperoleh pinjaman antara Rp 50 ribu hingga Rp 500 ribu.

Tentu KCA Prima tidak mempunyai banyak perbedaan dibanding dengan KCA. Bedanya hanya terletak pada tenor pinjaman, sebab batas waktu yang diberikan maksimal 60 hari saja.

Terlepas dari tenor yang lebih singkat, tentu pinjaman KCA Prima memberikan berbagai keuntungan. Salah satu contohnya ialah bunga yang diterapkan 0%.

Gadai Bisnis

Seperti poin yang sudah kami jelaskan di atas, produk gadai bisnis akan mempermudah nasabah dalam menggadaikan emas untuk tambahan modal usaha.

Keunggulan lain yang bisa diperoleh ialah pjnjaman yang lebih besar, yakni mulai dari Rp 100 juta hingga 1 miliar. Bahkan plafon produk juga tinggi dengan pencapaian hingga 86,5% dari nilai taksir barang.

Krasida

Sedikit berbeda dengan produk pinjaman yang lain, Krasida memberikan pinjaman dengan sistem angsuran untuk pengembaliannya.

Terlepas dari itu, Krasida juga memberikan nilai gadai hingga 95% dari nilai taksir barang yang diagunkan. Bahkan tenor yang diberikan pun lebih lanjang dibanding produk lain, yakni hingga 3 tahun (36 bulan).

Dengan menggunakan produk ini, maka kamu bisa memperoleh pinjaman sebesar Rp 1 juta hingga Rp 250 juta. Keunggulan terletak pada pemberian diskon sewa modal, khususnya saat kamu melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo.

Demikianlah sedikit ulasan terkait Biaya Administrasi Pegadaian. Semoga apa yang kami bahas disini bisa menjadi referensi yang memang dibutuhkan.

Pilihan 10 Artikel yang Direkomendasikan:

Pengertian Biaya Deposit
Biaya Administrasi Mobile Banking BRI
Biaya Deposit Indihome
Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar
Biaya Administrasi Pegadaian
Biaya Dokter Gigi di Puskesmas
Biaya Balik Nama Rumah Di Notaris
Biaya Administrasi Bank BCA
Biaya Dokter Gigi Anak
Biaya di Klinik Lamina